Proton Saga 1.3, Hardworking sedan but must have to Work Hard!

Ini adalah dialog isenk2 doank antar gw dengan montir yg betulin mobil gw. Sebenarnya gw tiba-tiba menemukan mobil unik menggelitik di suatu majalah terus gak sengaja pengen tau aja komentar si mas montir ini…

Me : Bang, pernah lihat city car pake buntut gak?

Abank : Ha, maksud mas yang kayak gini? (sambil nunjuk ke KIA Picanto yg lg markir sebelah mobil gw)

Me : Ya, gitulah. Tapi coba abank bayangin kalo Picanto pake buntut…

Abank : HAAAAHH???

Picanto aja bentuknya dah imud begitu pake bokong segala, itu mah jadi-jadian namanya.

Me : Hahahah, gitu ya, di majalah ada yang kayak gitu.

Abank : Mobil apa mas?

Me : Proton

Abank : Aduuuh, Proton mah mobil culun mas, klien saya pernah bawa mobil namanya sapy (savvy maksudnya) katanya bantingannya keras mas. Mobilnya juga ora banter-banter amat, padahal yang namanya city car kan harus tetep irit, lincah, dan bandel. Masih mending Ceria, dia punya 3 unsur itu, orang-orang aja maunya gaul di tampang makanya ceria gak laris. Sekarang Sapy, gaul di tampang, kemampuannya cemen.

Me : ……………………. Oh gitu ya…………………….. (Hening)

Tolong maafkan kalo kata-kata abank ini berlebihan, sebenarnya gw rada-rada gak percaya Savvy se”cemen” yang dikatakan sama abank ini. ┬áTapi yah, perusahaan Proton masih dalam keadaan anak-anak untuk kancah perekonomian kelas dunia, wajar dong kalo ada kelemahannya. Namun gw akui Savvy itu cukup sporty lho, dan fitur yang ditawarkan memang bukan main untuk city car seharga 100 jutaan.

new_proton_saga_1

Bentuknya chubby juga ya...

Oke, kembali ke topik, kenapa gw nanyain hal itu ke si Abank kita yang satu ini? karena di majalah yang gw baca lagi ngulas tentang keberadaan Proton Saga. Proton Saga mengambil platform dari Proton Savvy, sama seperti mini saloon lain seperti Toyota Vios ngambil dari platform Toyota Yaris, dsb. Tapi berhubung platformnya city car dan mesinnya 200cc lebih kecil daripada mini saloon pada umumnya jadi bisa gw katakan ini City Sedan. Yah, karena platformnya dari Savvy juga gw memberi kesimpulan, “ooh, city car kalo pake bagasi kayak gitu toh…”. ┬áPantesan taglinenya aja Hardworking sedan (sedan pekerja keras, cahyoooo!!!!).

proton_saga_red_1

Bisa jadi refrensi kalo mau modif Saga

Sesuai dengan tema Hardworking inilah Saga pantas dipegang oleh para kerah putih rookie di Jakarta ini, pantas juga dipegang oleh anak gaul masa kini. Ini terbukti dari keandalan slalom Proton Saga di Sentul lalu. Hal ini adalah sebagai bayangan kemacetan padat di Jakarta yang mengharuskan kita berslalom ria. Desainnya cukup memikat apalagi lampu belakang yang mirip dengan Mercedes C-class W203. Lagipula kemarin di tanah kelahirannya juga diperkenalkan Proton Saga RED Concept yang sebagai preview akan Proton Saga GTi. Ini sebagai bayangan bahwa Saga kental sebagai mobilnya anak muda. Harga yang dipatok juga tidak berat di kocek, sekitaran Rp.115 juta-lah, mmm jadi penasaran pajaknya berapaan yach???

proton_saga_rear

Belakangnya kayak C-class, not bad....

Untuk manual mobil ini mempunyai 4 perpindahan gigi ditambah gigi mundur sedangkan untuk matic mobil ini mempunyai 3 perpindahan gigi dengan gigi mundur. Mesin mobil ini menggunakan Campro Double Overhead Camshaft Multipoint Injection Engine buatan Proton berkapasitas 1.5 liter dengan mengeluarkan tenaga 93hp dan torsi 120nm. Mm, not bad kalo disandingkan Daihatsu Xenia Xi dengan VVTi-nya. Tetapi saat dibawa pada kecepatan 100kpj terjadi suara keras yang masuk ke kabin, mmm perlu dibenahi soal peredaman. Yah mungkin untuk yang satu ini harus dimaklumi demi menurunkan harga, bagi yang mau membeli harus siap-siap beli peredam aftermarket.

Mmm, ada yg menarik dari mobil murah ini, Saga dilengkapi airbag dan rem berventilasi. Suatu hal yang tidak bisa ditemukan di Hyundai Avega, kompetitornya. Airbagnya hanya untuk pengemudi, yah lumayanlah. Toh sepertinya mobil ini lebih cocok dipakai sendiri. Masalahnya untuk mesin sekecil ini apakah mampu menembus pasar sedan Indonesia, memang sih jaman sekarang tenaga tidak jadi soal. Yahh, gimana gak gimana lihat saja kenekatannya bertanding di segmen “cheap sedan” ini. Benar-benar harus “Hardworking” ya… gimana? berminat???

iklan Proton Saga di Malaysia :

This entry was posted in Saloon, Uncategorized and tagged , , , . Bookmark the permalink.

0 Responses to Proton Saga 1.3, Hardworking sedan but must have to Work Hard!

  1. prodas says:

    layari http://prodas.wordpress.com/
    byk info tentang automotif proton

  2. antimali says:

    ibeli kok produk malaysia

  3. FamilySearch says:

    Simply wanted to notify you that I found your blog on and though I really liked checking out your post,
    it appears your blog acts up in some browsers.
    If I view it in Firefox, it loads okay, but if I use Chrome, it comes
    up appearing overlapped and off-kilter. Just wanted to inform you.

  4. 86357 says:

    Right on. Anytime I go on %source_url&%, I happen upon a website that is insightful and thought-provoking.
    . It’s generally helpful to read through content from fellow authors and use something from other blogs.

Leave a Reply