Tentang iklan-iklan ini

Daihatsu Ceria L200 – Sleeperz Sejati Indonesia Street Killerz -

Sebelumnya kalau anda merasa agak aneh dengan judul artikel ini berarti anda masih normal. Kalau gak heran berarti anda terkena radang sleeperz :mrgreen:

data dan faktanya memang menipu, kalau sudah lihat di jalanan bisa sirna imej negatifnya :eek:

Daihatsu Ceria adalah sebuah produk yang diluncurkan Daihatsu guna menyerang rival abadi Daihatsu di Indonesia yaitu Suzuki. Suzuki yang “panen besar” menjual karimun saat itu memang bikin gerah seluruh ATPM. “Amunisi” Daihatsu yang satu ini memang menggemaskan, cute, dan favorit para ladies, namun justru ia berada di zaman yang salah (zaman ini orang2 belum sepenuhnya melek K-Car) sehingga penjualannya pun loyo, koplo. Banyak orang menyangsikan mobil satu ini (termasuk saya waktu itu) “Mobil model bajaj kayak gini dimana menariknya??” Namun sebenarnya mobil ini justru terlalu freak buat para ladies kemayu dan jangan harap ada ladies gak kemayu karena mereka pasti gak milih ini. Mobil ini ternyata tarikannya kejam saudara-saudara, lincah di sudut kota layaknya bajaj, namun tenaganya jangan disetarakan dengan taksi roda tiga itu. Di tol, saya pernah memergoki ceria yang ngebut dengan kecepatan 130 kpj dengan santainya…. Disinilah kehebatan Daihatsu, mereka memang spesialis sleeper car sebab walau temanya mobil keluarga tetapi mereka merancangnya sebegitu kompak, sebegitu ringan dan juga sebegitu kencang. Mobil yang paling sukses menerapkan hal itu adalah Mira atau Ceria. Yaah itu sekelumit kejengkelan saya (atau malah pujian?) terhadap kepik yang satu ini, so mari ke topik utama…

kokpit minimalis, yaah apa bedanya dengan sportscar, sama2 minimalis kan? :mrgreen:

versi barunya tapi kelihatannya sami mawon basicnya, L200. :roll:

Daihatsu Ceria masuk indonesia pada tahun 1999 berseri L200, saat itu bentuk mungil dan mengotak memang mengingatkan kepada saudara jauhnya Perodua Kelisa dan Daihatsu Mira. Mobil ini dijual dengan harga 57 juta – 69 juta <CMIIW> dan dilengkapi beberapa seri, KL, KX, dan KX-R. Yang dominan berbeda adalah KX-R yang diimbuhi dengan bodykit layaknya Mira TR-XX sayang tenaganya belum ada yang diubah. Mesin yang digunakan Ceria adalah tipe 3 Silinder, 850 cc, bertenaga 36 hp, masihkah ada yang underestimate lagi? baik kalo gitu kartu as kita buka > 3 silinder bertorsi besar, so responsif di tanjakan > naik ini serasa jadi mr.bean, gesit bener di kota > jujur memang, dia masih karbu, tapi itu justru keuntungan karena tarikannya kuat plus beban ringan > kata temen topspeed bisa 150kpj tanpa goyang ndangdut (avanza mah ndangdut) dan akselerasi 0-100 bisa 10-11 detik > Suspensi independen full, memang edan buat diterapkan di city car kayak dia >Basic Ceria sama dengan Mira Turbo TR-XX bertenaga 64 hp yang akselerasinya 0-100 bisa 6 detik, tertarik engine swap?

mesin ini memang ga jelek, tapi saya lebih suka kalau engine swap TR-XX kalau punya. Sesuatu banget gitu yah :oops:

kalau ceria bentuknya seperti ini kayaknya konsumen indonesia fine-fine aja yah… :D

Mobil ini meskipun tanpa Power Steering tetap ringan dikendalikan, ini dikarenakan pemakaian ban R12 dan beban superleggeranya (red. superlight). Hm kunokah ga pake PS? yah coba aja pasang PS di Ceria yang ban kecil dan bodi ringan, mawut mawut deh di jalan…. Beban yang superleggera ini lantas membuat dia gampang burnout dengan sengaja dan gampangnya. Mau ngerjain orang? ini pilihan tepat. Oh ya, bagaimana dengan konsumsi bbmnya? cukup 1 L : 17 km, kalah memang dengan “estimasi” nissan tentang Marchnya yang 1 L : 21 km, tapi ini “data dan fakta” bung! so ga bakal ragu deh. Ringkih kah? kan Independen bro, jadi gak ringkih asal jangan main ke luar kota aja, namanya juga city car. Oh iya masalah harga dia main di angka 45 juta -50 juta. Untuk keluarga baru dan commuter ini mobil tepat, untuk speedlovers ini mobil yang asik untuk dijadikan kelinci percobaan. Sleeperz sejati pasti demen Ceria Super Veloce (Engine swap Mira Avanzato TR-XX Turbo, pasang bodykit simpel, jejali VR R13)  atau Ceria Superleggera (permak dikit, buang yang tidak perlu). Soal Mira Avanzato TR-XX ini pasti saya bahas di artikel berikutnya. Pokoknya komengnya aja dulu sedulur….

gampang parkirnya, bandingkan saja dengan dimensi mobil2 sampingnya yang sama2 “mobil kota”. kalo muka tembok sama dimensi dan mesin sih ga masalah. :lol:

ga jauh beda kan sama mira TR-XX ini, umumnya modifikasi para owner kancil di malaysia berkiblat ke TR-XX. bisa dicoba… :roll:

LOVE IT :

  • Suspensi full independen silahkan bandingkan dengan mobil sekelas yg masih pake rigid suspension di belakang.
  • Biaya ganti oli lebih irit max 3 liter aja..
  • Biaya ganti busi juga lebih irit kan cuma 3 busi
  • Torsinya lebih baik di putaran bawah
  • Silahkan test drive turun gunung tangkuban perahu..stay di 60-80 km/jam pas belok mana yg lebih stabil ceria atau yg lain..hehehehe
  • Diem2 ceria bisa lari sampe 150 km jam. Nggak goyang kok di toll.
  • Cari parkir gampang, muter balik gampang, masuk gang gampang

LEAVE IT :

  • Opini masyarakat yg bilang kalo mesin di bawah 1000cc itu kurang bagus.
  • Brand image daihatsu .. yaaa gitu deh kata orang2.
  • Mesinnya suka panasan, memang sudah sifatnya Daihatsu :lol:
  • Jatuh Gengsi kali yaa? soalnya yaaa begitulah org indonesia memandang mobil kecil.
  • Spare part belum banyak tersebar dibengkel selain bengkel resmi. Di bengkel resmipun untuk parts tertentu harus indent dulu.
  • Harga jual bekasnya yg terjun bebas.

sumber : kaskus.us, situsotomotif.com

Tentang iklan-iklan ini

54 Tanggapan

  1. iya oom, menurutku memang (keliatan) ringkih :razz:

  2. Di toko bagus ko masih mahal ya…
    Klo bener cuma 25 – 35jt, Pingin nih…

  3. diharga segitu orang2 tetep milih starlet ataupun charade…meski sama2 kompak…..body quiltynya beda jauh mas bro….meski mesin kenceng….desain tetep jadi pegangan bagi sebagian orang yang mau meminang

  4. kalau ngomong soal kualitas, sy rasa sama saja. Ceria versi luar yang namanya Daihatsu Mira banyak yang suka pakai karena dia bisa sebandel morris mini cooper. Ini keunggulan K-Car.

    Kalau Charade dan Starlet kan sudah bukan kategori K-Car. Mereka hatchback yang mementingkan kenyamanan. Seperti Suzuki Karimun Estilo dan Hyundai Grand Avega, dengan dana 150 juta kurang mobil ini bisa didapatkan. Tapi walau bermain di kelas harga yang sama, mereka kan gak saling makan satu sama lainnya. Jadi K-Car dan Hatchback punya penggemarnya masing-masing. ;)

    • Salam Pak Yuda,memang dari dulu pertama launching nih mobil pengin aku beli tapi income waktu itu masih di bawah 1 jeti/bulan makanya cuman mimpi sampe discontinued nih mobil belum kebeli….sayang juga kok sampe discontinued,padahal income gue sanggup untuk beli new-nya sekarang…hehehehe…tapi second-nya susah amat ya Pak…yg muluuuzzz apalagi…kalo hanya puter2 kota,orang indonesia gengsi banget yah milih nih mobil…yg ada mobil sliweran segede tank2 jaman babe gue perang timor timor…hehehe…btw nih mobil bisa di pasarin lagi gak ya? apalagi bbm mo naik setinggi banjir di thailand…hehehe…setidaknya inden lah untuk fans2 fanatik sekelas kita2 yo Pak…hehehe….ATPM daihatsu ceria mohon dong,ada hotlinesnya untuk inden, apalagi deket dari malaysia ke sini khan?…mohon sangat…Thank’s deh Pak Yuda untuk wadah sharingnya…kapan2 nyambung lagi yo Pak…

  5. oke om, saya rasa jaman daihatsu ceria bakal segera tiba. Andaikata pemerintah sudah menggodok kriteria low cost car saya rasa K-Car akan segera menyerbu. Dengan spec. Indonesia tentunya… :D

  6. Pernah baca di majalah (lupa namanya) Ceria dicangkokin turbo :D edannn…

  7. tks y infonya, + sy jd tau panjang bodi ceria lampu kotak 3,365… lbh pendek dr yg lampu bulat 3,395 :D
    vote lampu kotak hehe…

  8. oqelah kalo begitu….pengin bgt…kapan yah aku punya…

  9. bung yuda lumayan menyemangati juga nih infonya. sy sedang berpikir2 untuk membeli ceria utk keperluan mobilitas istri dan anak2 di bogor. boleh bertanya opini bung yuda kah? gimana dengan goncangannya? saat ini kami dipinjami katana tahun 97, dan kami punya bayi usia 2 bulan, lumayan harus ekstra pelan dan hati2 karna goncangannya kuat sekali…

    • trims bro gamma
      untuk mobilitas di dalam kota, mobil ini memang mendukung keluarga kecil. Namun berbicara soal goncangan perlu perhatian khusus. Memang ceria telah dilengkapi suspensi independent namun karena suspensinya memang dirancang rigid agar lincah, konsekuensinya jelas apabila menemui jalan tidak rata bakal terkena goncangan.

      Walau telah dibekali suspensi independent, ada baiknya memantau kondisi kaki-kaki karena city car memang agak tabu dibawa ke jalanan rusak. Setidaknya ia lebih kuat daripada city car lain di zaman itu. Jujur saya sudah lama tidak main di bogor, dulu setahu saya jalanan bogor banyak yang rusak. Kalau sekarang sudah banyak perbaikan maka sah-sah saja mzbro meminang ceria. :D

  10. Pak Yuda, mohon izin, boleh tanya pendapatnya? Sy punya Ceria 2002 KX (lampu kotak), beli second utk keperluan di rumah. Secara umum kondisinya masih ok, tp ada sedikit masalah kalau dibawa jalan, di daerah kiri atau tengah (masih suka bingung), suka ada bunyi klek klek. Sudah diganti part bagian2 kaki2 kiri, engine mounting, ujung as penggerak roda kiri, dan reparasi komponen di gardan. Walaupun bunyinya sudah lebih kecil, tapi masih tetap ada bunyinya. Mungkin ada saran nya pak? Terima kasih

  11. Saya pemakai ceria sejak 3 tahun lalu, mantap tuh.. Jakarta sampai kampung saya di bandung perlu 10 liter aja tuh,…… (+ 180 km)

  12. ulasannya keren om…saya termasuk pemilik ceria dan sampai sekarang ga pernah menyesal punya kutu yang satu ini

  13. permisi mas mas
    saya juga pengguna daihatsu ceria KX 2002,
    punya saya di mesinnya ada bunyi klek klek gitu tapi kalau d tekan klosnya,ilang bunyinya
    itu knp ya?

    trus apa ada community ceria d medan?

  14. saya barusan meminang ceria KX 2001,mohon pencrahannya.kl di solo ada club ceria gak ya?trimakasih.

  15. Wah boljug nih…

  16. salam kenal keluarga daihatsu ceria… ane baru az ambil ceria 2003 kx januari 2012 kmarin… sejauh ini masih masih nyaman… tp kata orang bengkel ada sedikit masalah di radiator… ada yg punya reverensi radiator daihatsu ceria daerah surabaya… ^_^ makasih… salam hangat keluarga ceria…

  17. Pengen ceria tp gak pnya dana, jad cemberut nich, ‎​.☺hë•⌣•hë•⌣•hë•⌣•hë☺

  18. bungkus!! daihatsu ceria… watawww!!!

  19. saya mau angkat daihatsu ceria kx 2003 (160000km) dengan estimasi harga 45 jt , namun di mesin ada bunyi klek klek , kata pemiliknya setelan klep ceria memang sengaja di buat seperti itu . apa memang benar ya pak ? central lock berbunyi noise waktu mau di kunci katanya pistolnya , dan saat nyalakan ac terdengar bunyi yang sangat bising namun ac nya dingin , menurut pemiliknya laher ac nya yang kena , saya ambil saja atau gmn ya pak ? estimasi perbaikan smua yang saya sebut tadi berapa ya pak ?

  20. ternyata pikiran saya salah.saya selalu under estimate mobil bermesin kurang dari 4silinder.
    btw ini salah satu monil idaman gw.selain espass

  21. saya pemula, babe ane punya esspas teryata enak juga,saya minat mobil ini yang jadi pertanyaan saya ini mobil takut air ga,spt esspas babe gue………..

  22. gmn kalo spare part di kanibal ama karimun estillo bisa gak?

  23. untuk kondisi jalan seperti jalan dipuncak, kira-kira seri yg mana ya yg cocok.mohon masukannya…
    thanks b 4

  24. kalo yang kx lampu bulat untuk harga terendah nyampe berapa duit ya ohm,,,wo mao beli yng schond ….kamsiah..

  25. salam semua, sy sedang pelajari kekurangan dan kelebihan ceria. Saya tertarik krn irit. Rencana akan sebagai pengganti motor buat kekantor. Mohon masukannya krn ini akan jadi mobil pertama saya. Tks

  26. Saya baru punya mobil dhaihatsu ceria KX 2003, yang ingin kami tanyakan oli mesin apa yang cocok dengan mobil ini, terimakasih.

  27. Salam kenal…
    Sangat bagus ulasannya om Yuda. Sebagai pengguna ceria baru 2 tahun KX 2003. Mobil ini memang cocok buat yg mau ngebuuut, tapi manis jg jika di dandani para cewek… hehehe

    Ayo silahkan gabung di Ceria Club Indonesia….!

  28. Salam kenal

    Mau nanya no mesin daihatsu ceria ada di sebelah mana ya?

  29. untuk orang gembrot cukup nggak om ?

  30. Bikin keren sedikit dong tampilanya…. biar kita yang muda muda bisa ikutan pake…

  31. klo bodynya seperti smart MB pasti langsung laris manis

  32. kl mo dipk mudik 240km nyaman gk om..

  33. mo kasi share ya gan…ane pake ni ceria uda dapet 3,5 tahunan ceria KX2005…pertama ane beli ane kepincut ma konsum bbmnya gan…maklum kan nyesuaiin budget yah…hehehe…info aja yah…ane pake kota2 surabaya dapet 1:15 gan…nah yang ini ane demen klo pake lukot pp kerjaan ane kediri-pasuruan bisa dapet 1:20…sueer gan ini faktaaa…..

    trus masalah durability:
    ane dapat ni ceria awalnya di KM 35ribuan n sekarang udah dapet 110rb an gan..heheehe…again this is fact…sebelum nya ane juga ngerangkep sales juga gan..pake mobil ini ane pake kirim barang dari kediri-bandung, kediri-jogja, pake jalur tengah yang naik turun…lancarrrr jayaaaa….n tau gak berapa beban yang ane pake…450kg ==> caranya copot bangku belakang…jadi dech flat dek…bisa angkut 12jirigen minyak gede…hehehe….so sapa bilang mobil kecil ringkih…hehehe…

    trus akselerasi :
    hehe…ada yang bilang cc 850 paling juga 90kpj ngos–ngosan…hahahaha…mohon maaf gan…klo cuma 120kpj…entengg..dilibas..bas..bas..tuch rivalnya…ane paling banter pas kosongan plus jok belakang dilepas….hmmm…kasi tau gak yaa…hehehe…100kpj bisa cuma 10-11 detik…iseng2 stop n go..di lampu merah ma..ja**….jauh tuch..hahaha…once more this is fact gan…

    Sparepart :
    nahhh..yang ini baru…kelemahannya gan…selama ane pake ni ceria…ane udah ganti kampas rem, kampas kopling, fanbelt, timing belt, KUDU INDEN GAN…TP tenang aja..agan bisa share di forum CCI / ceria club indonesia…disana banyak gan yang jugal spare part… :)
    oli…cuma 2,2 liter gan..pake idemitsu eco extreme gan….awet n tarikan mak nyuss….

    ok gan sekian share dari ane user ceria AG 317 AJ, hehehe….

    • pak tolong tanya, d mana ya biasa beli part ceria d surabaya, sebab untuk kasus ceria saya th 2004 mesinnya sering mati, kata mekaniknya kena switch bosh

      • Di gunungsari bu…pak… depan spbu… komplit disitu.. langganan saya juga tuh…

    • Saya gak ada masalah dgn ketersediaan spare pary ceria. Di ginungsari pak… lengkap… emang nih ceria mobil nipu ya gak sesuai dgn kenyataan. Dulu sebelum bli nih mobil saya sering sumpah sumpah mobil kk aneh kayak gak bisa lari. But semuanya berubah ketika desember 2013 lalu iseng iseng saya main ke dealer mobil mau cari city car jazz atau picanto gitu… la kok mataku ngeliat ceria merah sembunyi di jajaran mobil segede gaban… mojok gak kliatan. Penasaran dalamannya gimana kucoba aja masuk. La kok lega ya? Enak posisi setirnya. Kayak duduk di sofa kakinya bisa selonjor. Trus kucoba test drive… yaelahhhhhhhh kayak naik boom boom car! Enteng bgttttt…. yo weslah. Saat itu juga kubli caria merah 2002 itu :) dan kurawat baik baik sampai sekarang.. alhamdulillah saya punya partner setia yg bisa bikin mobil saya nyaman… bengkel dan tokobsparepart sama variasi komplit… pake ceria ceria terus wessss gak mengurangi kebiasaanku shopping dan ngafe bareng temen ataubsuami…kan ceria mur mer… jgn sampe ya gara gara ngongkosin bbm mobil dan perawatan kita jadi a sosial… he…he….

  34. harga masih stabil juga ya….

  35. ane lagi ngumpulin buat ni mobil buat jadi first love ane, tp masih bingung sih antara chevy sama ceria , mungkin ada yang ada pengalaman sama chevy bisa di bagi disini

  36. I was very pleased to find this site. I need to to thank you for your time due to this fantastic read!! I definitely appreciated every part of it and i also have you saved to fav to look at new things in your web site.

  37. Alhmdulillah mobil ini memang relatif enak,ya bisa kenceng,cepet nyampe 100km/jam nya,cuman jarang jarang kalo merhatiin safetynya.untuk dalem kota sip,jkt bdgn jkt juga sip.irit juga.btw kompresor ac saya ganti baru pake punya katana.lebih dingin.dan saya tambahkan fan tambahan supaya kalo macet ndak panas.salam

  38. […] jagoan lho di jalan, sleeper car (yang arti gampangnya itu penampilan menipu performa), kalo kata Yudakusuma mobil ini Street Killerz. Bisa meraih kecepatan 150 km per jam tanpa goyang, gesit dan galak di jalan perkotaan, suspensinya […]

  39. Hadeuh….baca komen2 di atas jadi ngiler juga pingin minang Ceria, kayaknya mendingan ini deh buat istri daripada beliin motor…..

  40. Siapa aja yg mau Juql ceria ma4oon 2004 atau 2006 please hub. Saya. Mau lepas ceria saya dgn ceria maroon 2004 atau 2006 maroon. Asal harga pantas ya… btw ceriaku ini kurawat bener… spare part dan bengkel saya punya langganan yg komplitttttttt dan bengkel yg ngerti bgt gimana bikin ceriaku nyaman dipakai… saya pakai tiap hari berbek -intiland 20 ribu cukup deh bensinnya!

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 795 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: