About these ads

Desain Next Honda CS1 Versi Para Owner CS1, Akankah AHM Mengabulkannya?

dari segi desain, hanya soal waktu saja sampai terlihat nyaman di mata :)

Baru kali ini di blog ini memberitakan sepeda motor. Yah sebenarnya penulis juga hobi mengutak-atik motor kok, cuma kalau soal kuli ketik soal motor ya serahkan saja pada ahlinya. Saya cuma melototin aja hehehe… Sejatinya penulis mengangkat tema Honda CS1. Jujur penulis juga owner CS1, penulis mengangkat tema ini karena sangat menyayangkan katanya Honda CS1 di Jogja penjualannya sudah didiscontinue, yang aneh di Jakarta penjualannya masih berlangsung. Padahal sekarang CS1 di Jogja juga sudah menjamur lo. Memang keterpurukan CS1 berasal dari tampangnya yang kurang bersahabat saat launching pertamanya, namun seiring waktu motor ini mulai terlihat manusiawi. Maksudnya manusiawi disini adalah desainnya sudah mulai bisa dicerna masyarakat, namun ternyata “dicerna” bukan berarti “dipilih”. Masih banyak masyarakat yang meng”under estimate” makhluk yang satu ini. Masalah perkaranyanya cuma tampangnya kurang sedap dan mesinnya yang cuma 125cc SOHC.

Kalo menurut segi pandang penulis, sebenarnya motor ini adalah alternatif yang bosan akan ayam jago (ayago) atau bebek. Model yang diambil dari CS1 adalah model motor dakar seperti Ducati Multistrada dan Yamaha Super Tenere. Tak ayal riding positionnya mirip supermoto. Masalah performa menurut saya tidak seperti yang ada di data & faktanya, percaya gak percaya banyak owner CS1 yang bawaannya kenceng melulu di kota manapun. Masuk akal karena sejatinya mesin CS1 ini sedulur dengan Honda Sonic dan Honda CBR125 dari Eropa, dimana mesin ini adalah spec down Honda CBR 150. Ada yang bilang dia mesin Supra yang ditegakkan, saya sih senyam-senyum aja. Masalahnya mesin tidur bebek lebih kompleks. Membuat “bangun” mesin tidur tentu saja membutuhkan riset dan isi kepala yang sangat banyak dan belum tentu hasilnya seperti yang dimau. So akan lebih baik jika kita mendowngrade mesin High Performance Engine (HPE) seperti CBR150, ambil satu noken as dan ruang piston diakali. Biaya bisa ditekan lebih murah, tenaga tetap joss walaupun hp turun.¬†Apalagi dia easy ride, nah lalu apa yang kurang mas bro? Sebenarnya apa sih yang gak disukai konsumen terhadap CS1? mari kita tilik. :?

Terlihat berbeda dengan desain ala dakar seperti ducati multistrada :roll:

Banyak orang menyalahkan CS1 karena desain, karena salah maka harusnya penggantinya ayago, bebek atau sport saja. Lalu apakah dengan menjadi ayago dia akan sukses? belum tentu bro, soalnya tetap saja dari segi value kurang menguntungkan. Kalo orang memilih ayago berperforma tinggi pasti pilih satria yang 150cc DOHC. Kalo ayago murah, sudah ada Kawak Athlete kan? So, CS1 tidak ada tempat di ayago. Sekarang kalau desainnya bebek? saya tidak meragukan Honda kalo meracik bebek tetapi CS1 jadi turun kelas, hal ini tentu akan mengecewakan. Jadi hemat saya, berkonsentrasilah pada segmen motor ala dakar saja, lagipula desainnya sudah dicerna masyarakat saat ini. ;)

Untuk memperbaiki tampang cukup memakai ban yang besar saja :roll:

Naah pembenahan apa saja agar CS1 ini makin manusiawi? Pertama yang disinggung adalah soal headlamp, headlamp yang serba tajam hanya segelintir orang yang suka. Bagi orang awam, motor ini terlihat melotot dan matanya ketarik ke atas dimana model ini bukan selera semua orang. Berikutnya adalah Pemakaian ban yang terlalu kecil, bodinya sudah besar namun kaki-kakinya kecil, jelas ini tidak sedap dipandang. Dengan pemakaian ban depan 90/80 dan belakang 110/80 barulah motor ini terlihat proporsional. Berikutnya adalah suspensi depan. Sebenarnya hal ini tidak ada masalah bagi saya namun akan lebih baik apabila suspensi depan mencomot model sport ala ayago. Peleknya akan lebih baik juga seperti model seperti New Megapro yang serba padat. Masalah mesin, tadinya saya pikir mencomot punya CBR150rR juga tidak masalah, namun saat CBR150R sudah dijual disini, justru jadi masalah. Bila memakai mesin CBR150R, nanti pasar CBR jelas kena imbasnya, karena konsumen lebih memilih CS1. Nah opsi masuk akal mungkin lebih baik bila memakai mesin 150cc namun tetap SOHC, melihat tenaganya sekarang yang 12,8 hp saya rasa gak sulit menyentuh angka 14-15 hp dengan di-bore up dikit.

Saya mulai mencoba mendesain dengan mengambil masukan-masukan dari teman-teman sesama owner CS1. Dengan mendapat masukan tersebut saya mulai mengambarnya di dalam kuliah tanpa menghiraukan dosennya (anak baik jangan tiru ya) :lol: . Dengan sentuhan sedikit maka seperti inilah masukan untuk desain CS1 berikutnya.

ngayal next CS1, model mirip CBR yaah walau agak pudar sih nuansa multisradanya. :mrgreen:

Modelnya memang bernuansa CBR agar mengeluarkan sisi sportynya. Headlamp dibuat seminimalis mungkin. Buntut luar juga dibuat meruncing dengan lampu belakang LED. Bagasi depan yang menurut saya gak penting diganti tangki untuk BBM seperti punya Athlete. Ban juga memakai ukuran besar. Yah ini bukan desain resmi dari AHM untuk next CS1 tapi sekedar saran saja dari para owner untuk desain berikutnya kepada AHM. Semoga CS1 berikutnya tetap menampilkan model yang terlihat tampil beda seperti generasi pertamanya. :D

Yang lebih penting sih komengnya dulu dong para sedulur :mrgreen:

About these ads

31 Tanggapan

  1. bagus juga kalo gitu..

  2. mending dipasangi body blade lawas,tapi tetep monosyok..sohk..shok…sohok…shock *halah

  3. mongtor oper press…. :P

  4. Sbg pemilik cs1 jg,penginnya sih punuknya berisi bbm(jadi tangki gitu) trus dibawah jok jadi bagasinya.xixixi

  5. Cs 1 kan mesin mirip sonic ya , spertinya body sonic lbh mengena tuh

  6. kalau head lamp nya model begitu #mending punuk nya di ilangin mas bro! :mrgreen:

  7. saya tetap suka cs1, yang lama pun suka….performa mantap bro…

  8. Mantep jg desain ente masbro.
    Apalagi desain headlampnya terlihat menyatu dengan lampu sein (sepintas memang mirip new CBR 150), ngga sperti model skrg yg mirip kuping (lampu sein nya). hehehehehe.
    Mungkin cs1 tdk perlu disuntik mati ataupun dirombak jd model ayago, cukup merubah bagian headlamp depan sperti gambar ente, saya yakin cs1 bs diterima masyarakat qta..

    Gmn tuh AHM???

    Salam
    Colt red
    B 6792 PRP

  9. mau aq model gt..pemilik cs1 merah jg..

  10. waaahhhh
    klo bsa bagasi.n ntu helm in kyak ns700
    muantab

  11. boleh jg om…. Tambah sok depannyz di tinggiin kaya motor laki…ma setang japit dah..tungginngin dikit lagi…dh pasti laku lah… Mesin cukup pe’go…DOHC…
    Hihihi……cbr street fighter…xexexe…

  12. Cewe gua lebih suka cs1 daripada satria, katanya kalo gua tuker ama satria mending naek angkot ajaa
    Buahahahaaa

  13. setuju…

  14. taekin aja cc nya, yg skrg ngos2an bro hembatan awalnya payah…

  15. Mending CS1 di rubah aja mesinnya menjadi 130cc, 6 speed dan d naikkan komprensinya jadi 11,6 bodi ga masalah! Pasti laku

  16. kalo aku mending Bodi cuma ubah bag Punuk,di ganti model Sport yg bs diisi BBM,juga CC nya di buat 150. So pasti ga ada lg yg ngejek Motor Banci (motor Laki bukan,motor Bebek jg Bukan).

  17. rasanya dengan model sekarang saja sdh mendahului jamannya.

  18. jangan bicara masalaah mesin mas broo. mesin udah oke. bodi yang perlu di robak.
    toh kalaw mesin diganti/dinaikin cc nya..itu bukan cs 1.
    ganti nama aja. artnya produk baru. kan jlas….
    gaman mass bro>

  19. model kayak yang masbero gambar itu bener2 bagus :mrgreen:

    mungkin kalo desainnya gitu, penjualannya bakal lain cerita :lol:

    sedikit saran, mungkin sebaiknya tangki bensin pindah ke depan, terus setang pake setang jepit aja tanpa cover plastik.

    Sebetulnya sih saya mengharapkan joknya diubah ala motorsport, jadi kayak Multistrada beneran, tapi memang ciri bebeknya jadi hilang…..

    tapi bagus juga untuk naik segmen jadi leichtsport…..alternatif yang sangat baik selain dijadikan Ayago, yaitu improve desain lamanya :grin:

    • bener juga, kalo joknya dibuat lauaknya multistrada jadi bener2 bebek revolusioner kan? main aman saja seperti cara suzuki biasanya, buat kategori baru di bebek sport, strategi seperti itu juga bagus….. :D

      • make a blue ocean product….emm…….

        bisa gagal bisa berhasil, kalo gagal gagal total, kalo berhasil bisa jadi tulang punggung…….

        Di Suzuki contoh yg berhasil FU150, yang gagal EN125…….

        tapi saya yakin, desain seperti itu pasti berhasil, karena modelnya gak setengah2 lagi, tapi udah bener2 sport (tangki depan, jok motor sport, stang jepit)…………..

        bebek revolusioner, sebetulnya pihak desainer Honda udah bikin satu produk yang revolusioner dan desainnya breakthru (ngga ayago lagi ayago lagi), tapi mungkin belum mateng aja, mudah2an aja ide masbro didenger :mrgreen:

  20. nganu lampu depannya blas gak padang.
    nganti bingung aku ngakaline

  21. hey bro…klo butuh konsep bwt new CS1 gw bsa bkin yg lbh keren…coz gw pling suka bkn konsep2 motor baru…

    • gapapa bro, bikin aja yang lebih bagus biar menginspirasi honda. lagipula ini cuma sketsa asal2an di dalem kelas jadi jelas aja ada kekurangannya heheh…. :mrgreen:

  22. mending langsung ke honda pusat liat aja web honda worldnya bukan welovehonda .jgn ke ahm klo ahm kan cman importitr doang ..klo ga salah!!
    kirim deh desainnya
    mantep betul pas mantab

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 626 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: