Suzuki Ertiga Menang Dari Avanza Xenia Versi Auto Bild? Faktornya Apa Aja??

Suzuki Ertiga memang fenomena baru di pasar Indonesia, bagaimana tidak? Sebagai mesin uang Suzuki tentu Suzuki musti mempersiapkan value for money terbaik untuk menghantam Avanza Xenia sebagai people carrier terlaris di Indonesia ini. Orang Indonesia sudah kadung cinta dengan Avanza Xenia karena dapat mengakomodir seluruh tradisi keluarga Indonesia. Bawa barang bisa, stylish, muat banyak, andal di segala medan dan jaringan 3s-nya yang super juoozz…. Tidak berlebihan kalau Avanza Xenia menjadi penolong dan penyokong keuangan Toyota Motor Corporation di Jepang sana. Indonesia termasuk menjadi pasar terbesar Toyota di dunia selain India dan China. Namun tentu berbahaya kalo Avanza Xenia tidak melakukan inovasi mendalam untuk produk andalannya ini sebab musuh2 besarnya sudah siap dengan segudang amunisi untuk bertempur di Indonesia. Bila lengah, alhasil Suzuki Ertga contohnya, ditakdirkan sebagai pemenang dalam komparasi bersama Avanza Xenia di majalah Auto Bild Indonesia. JEGEERRRR!!! ambrol dong pertahanan Avanza Xenia dalam serangan pertama, padahal serangan berikutnya masih ada seperti Nissan Evalia dan Chevrolet Spin (nama resmi PM7) yang baru2 ini kena spyshotnya. Nah sebenarnya produk rakitan India ini seberapa menjual sih sampai-sampai duet kembar ini harus K.O? mari kita lihat perbandingannya…

Akselerasi

walau bukan yang bertorsi besar tapi lebih gampang nariknya…..

Walaupun bukan poin penting dalam pemilihan sebuah mobil keluarga namun Akselerasinya patut dikhawatirkan. Karena mobil yang berpenggerak roda depan sepertinya memang lihai dalam meraih “pertamax”. Bagaimana bisa? ya umpama matic dalam motor, tenaga yang telah dikeluarkan mesin langsung tersalurkan dalam roda. Sehingga lebih josss sertal lebih efisien karena tidak ada tenaga yang terbuang. Ini terbukti dari perolehan kecepatan 0-100kpj Ertiga yang mengukuhkan 10,26 detik sajah. Jauh dari Toyota Avanza Veloz yang berkapasitas 1500cc namun hanya bisa meraih 13 detik dan Daihatsu Xenia Attivo berkapasitas 1300cc yang meraih 15 detik. Mesinnya hanya 1400cc? sekali lagi poin plus dari penggerak roda depan yang membuatnya meraih akselerasi tertinggi.

Konsumsi BBM

mesinnya merupakan hasil modifikasi dari mesin seri K macam Splash dan Karimun Estilo, dibengkakan menjadi 1400cc dan dilengkapi VVT dan Multi Point Injection

Figur Suzuki Ertiga kali ini terbilang baik, seliter sudah dapat menjangkau 14,5 km dalam rute kombinasi dan seliter dapat menjangkau 18 km saat digeber 90-100kpj konstan. Menurut Auto Bild, susah sekali membuat konsumsi BBMnya boros, harus diperlukan macet sedemikian parah agar konsumsinya 1 liter = 12km. Bagus, berarti kalau mudik lebaran nanti nggak perlu takut makan kocek banyak ya xixixi….  Untuk kompetitornya, Avanza mendapat figur 1 liter = 14 km dalam rute kombinasi dan rute dalam kotanya 1 liter = 10 km sedangkan Xenia tertolong dengan figur 1 liter =14 km dalam rute kombinasi dan rute dalam kotanya 1 liter = 12 km. Yak sekali lagi yang menjamin kehematan BBM adalah penggerak rodanya , modifikasi mesin seri K yang dipakai City Car Suzuki serta teknologi katup bernama VVT yang setara dengan VVT-i-nya Toyota dan Daihatsu. Oh ya, menurut penuliz berat yang hanya 1.180kg juga turut ambil bagian dalam hal ini. Wow superleggera sekali ya untuk sebuah people carrier…..

Akomodasi Ruang

lapang kok, lihat aja mas2 indian ini duduk dengan santainya…..

Kali ini akomodasi ruang sebenarnya nyaris sama dengan Avanza Xenia, namun yang memberi nilai plus dalam Suzuki Ertiga adalah ruang kepala. Ya, Suzuki Ertiga menawarkan kenyamanan lebih dalam ruang kepala pada baris pertama sampai ketiga. Desain atap dan posisi tempat duduk yang diatur sedemikian rupa nampaknya memberi nilai plus sehingga dengan ruang kepala lebih tinggi otomatis akses masuk kabin juga lebih gampang. Kenyamanan dan lainnya selebihnya sama dengan Avanza Xenia.

Fitur

desainnya rapi dan mewah membuat kabinnya makin adeeeemmm…..

Fitur juga menjadi kunci berikut yang membuat Ertiga merebut poin dari Avanza Xenia. Ia dilengkapi tilt steering dan pengatur ketinggian jok, audio bisa diatur di setir, MID, Audio Double-DIN yang menyatu dengan dashboard, immobilizer, dual airbag, ABS dan EBD. Fitur melimpah ini hanya dihargai dengan Rp 165 juta sajah. Ini membuat Ertiga begitu value for money dibanding Toyota Avanza Veloz yang harganya sudah kadung melejit diantara Rp 182 juta dan Daihatsu Xenia Attivo yang berharga Rp 179 juta. Lucunya Xenia Attivo ini belum melengkapi fitur keamanan seperti ABS dan EBD dan airbag, sedangkan saudaranya yang kastanya tinggi sudah melengkapinya. Immobilizer menjadi fitur yang satu2nya diusung Ertiga dan tidak dimiliki Avanza Xenia. Fitur ini memasangkan kunci dengan smart card, apabila memakai kunci palsu atau tidak disatukan smart card pada kunci maka mobil dijamin tidak bakal nyala.

4 faktor ini memang menjadi pukulan telak Avanza Xenia dalam berkompetisi melawan serangan Suzuki Ertiga, Namun Ertiga juga punya kendala melawan mereka yaitu masalah daftar inden yang pasti lebih panjang daripada Avanza Xenia, agak limbung (mungkin karena suspensi yang disetting lembut), tempat penyimpanan yang masih kalah dengan Avanza Xenia, serta kelemahan roda depan yang tidak begitu andal di  medan semi-offroad. Namun kalo masalah jaringan 3s penuliz yakin Ertiga mampu bersaing melawan Avanza Xenia.

kalau takut nggak bisa semi off road ya dibikin kayak gini aja kali ya, Ertiga X-over!

Melihat berhasilnya Suzy Ertiga dapat poin dan tentu gempuran ini belum berakhir. Akan ada serangan Nissan Evalia dan Chevrolet Spin…. belum lagi ada desas-desus Honda Brio versi people carrier (bukan berupa city car lagi loh) bakal diproduksi di Indonesia…. Nah lo Toyota Daihatsu, harus siap2 waspada dan memberikan serangan balik cepat lohh…. kalau tidak “kuemu” termakan tetangga sebelah!

Jangan sampai penjualanmu didahului anak baru ini!! Run baby, RUN!

360 thoughts on “Suzuki Ertiga Menang Dari Avanza Xenia Versi Auto Bild? Faktornya Apa Aja??

    • beda karakteristik konsumen… ane rasa resepnya R2 dan R4 sama saja, kualitas dengan value for money (v4m).

      Masalahnya kalo v4m diterapkan di R2 kurang mempan karena selisih harga produk suzuki dibandingkan yamaha dan honda walau termurah kan cuma ratusan ribu, maksimal sejuta. jadi orang yang beli motor walau honda atau yamaha lebih mahal ya tetap bisa kejangkau. :mrgreen:

  1. sangat tertarik dengan ertiga.

    duo kaleng:
    – pakai chasis (mobil niaga)
    – gerak roda belakang (traksi lebih bagus)
    – fitur seadanya
    – ada versi matic
    – irit
    – mahal (nyampe 180jt-an)

    ertiga:
    – monocoque (sedan)
    – gerak roda depan (lebih efisien)
    – abs, airbag
    – manual saja
    – lebih irit
    – worthed

    chasis dan gerak roda belakang satu2nya nilai plus duo kaleng, kaki2 dijamin lebih awet dibanding monocoque dan gerak roda depan.

      • mo tnya bro,,,klo bli yg matik tuh appa klemahanya?klo ke untunganya mgkn ya lbih nyaman ga cpek2 oper ggi,,,,

      • avanza xenia itu ada chasisnya hanya menempel dan tidak bisa dilepas dari body (mirip taruna) beda dengan sedan yang chasisnya hanya ada di bagian depan saja untuk menopang mesin bagian tengah ke belakang murni mengandalkan plat body

      • avanza jelek kopling kurang tenaga. koplingnya dalam, toyota avanza motivasi kopling cptt auss karna ingin laku onderdilnya. jd NO avanza jelek broo… lebihbaik ertiga . sukses ertiga .!!

    • Menurut Insinyur2 di Autibild Indonesia, teknologi Ertiga lebih unggul dari Avanza Xenia.
      Menurut pasar Indonesia, Avanza paling digemari.
      Seandainya Xenia dibekali teknologi yang lebih canggih dari avanza juga, masyarakat Indonesia pasti akan memilih Avanza. Kenapa ya?

      • TOYOTA AVANZA /YARIS, jelek bgtt.!! pasang AC mesin agak beratt., kompling kurang baik ,hrzz dalam dalam menginjaknya JG BERATT,. platt kopling d buatt cptt auss, supaya laku onderdilnya drpd unitt kendaraannya. toyota kurang inovatif untuk knyamanan… apalagi d jalanan macett.!! capee dec.!! jd pilihlah ERTIGA LEBIHBAIK, LEBIH NYAMAN dr aVANZA. :p

    • pengennya sih gitu…. kalo test drive di atpm mobilnya ga bisa disiksa sih jadi tunggu mobil rentalan ada yang menawarkan ertiga xixixi…. :lol:

    • chasis monoque ga bikin nyaman, stabil iya, lader frame lebih nyaman dalam arti getaran lebih bisa diredam karena ada body mounting karet antara chasis dengan body. tapi kalau avanza ya percuma, chasis sama body dilas jadi satu :D

  2. Kalo ane tetep pilih penggerak belakang bro,lebih tangguh daripada penggerak depan dan diyakini lebih nyaman,contohnya mobil2 mewah (bmw n mercy) penggerak belakang semua kan????

    • kalo tangguh mungkin lebih ke masalah kaki2, tapi bener bro, memang kaki2 avanza yang memakai multilink lebih baik daripada ertiga yang torsion beam.

      bila masalah penggerak, untuk pemakaian yang lebih banyak on road (main di aspal) dan konturnya datar, penggerak depan ertiga bisa dipercaya. Namun bila sering menjumpai jalanan semi off-road (jalan sgt rusak atau tdk beraspal) dan kontur naik turun, avanza xenia lebih unjuk gigi :D

      • kalau orang kota pilih rrr, jln halus bensin irit karena jln sering macet… kalau orang dusun katro pilih duo kaleng, onderdil sudah banyak smp ke pelosok, kaki2 lebih kuat bensin gak masalah karena gak pernah macet jadi tetap irit…cuma kalau kenyamanan rrr lebih nyaman dan itu sudah terbukti…

      • avanza jelek kopling kurang tenaga. koplingnya dalam dan keras, toyota avanza motivasi kopling cptt auss karna ingin laku onderdilnya. jd NO avanza jelek broo… lebihbaik nyaman ertiga dr kaki2 kopling tenaga mantab . sukses ertiga .!!

    • avanza jelek kopling kurang tenaga. koplingnya dalam, toyota avanza motivasi kopling cptt auss karna ingin laku onderdilnya. jd NO avanza jelek broo… lebihbaik nyaman ertiga kopling lembutt bertenanga. sukses ertiga .!! jgn coment sbelum nyoba :p

  3. kursi baris belakang sempit kyk Grand Livina/ terios. yg berbadan rada tinggi mesti duduk menyamping n itu menyiksa sekali untuk perjalanan jauh. jadi baris 3 cocoknya untuk yg berbadan lebih pendek atau anak2

      • rada mendingan lah om. Di Grand Livina/Terios/Ertiga ane mesti duduk agak menyamping kayak ibu2 di angkot. tapi di avanza xenia masih bisa lurus ke depan :D

      • ertiga itu jok tengah nya bisa atur maju mundur..jd kl mau jok ke 3 lega,,jok tengah bisa rada dimajukan,,soalnya td baru sy tes,,kl jok tengah rada dimajukan posisi msh tetap enak,,dan jok baris ke 3 pun dpt ruang longgar..
        kali aja lu cuman numpang di ertiga org,,jd gk tau kl tuh jok baris tengah bisa di ajust maju mundur :D
        trus dipake juga stabil di jalan keriting..ane baru tes drive yg gx..besok senin brg udah ditangan…
        veloz gw batalkan krna lbh cocok ma ertilu…

      • gw kmrin liat rush yg dipasang jok baris ke 3…sisa ruang buat kaki di jok ke 3 bener2 gk manusiawi…cuman bisa masuk pas kaki aja gk bisa gerak…

  4. Sy udah punya xenia attivo… Hematnya sama, besarnya/luasnya… Lebih luas attivo, ada gpsnya juga, ada parking sensor… Kalo mau ngebut dijalan semi offroad mantap… Ga goyang… Sy udah lihat ertiga… Sempat duduk juga sih…

  5. Menurut versi otomotif kok berbeda jauh performanya ya, salah satunya menurut otomotif akselerasi 0-100km/jam butuh waktu 14,1 detik.

  6. apa yang menyebabkan perbedan akselerasi yang begitu jauh,10,62 dgn 14,1? Saya punya Ertiga GL,dan saya lebih setuju yg 10,62detik.

    • mungkin mr.testonya kagok dengan transmisi manual om wkwkwk…. tapi lebih masuk akal kalo FF lebih cepat daripada FR :)

  7. kalo gw tetep setia ma toyota AV Maz Bro…sdh terbukti handal dan harga jual kembalinya bikin hati adem…hehehe…bukan begitu Maz Bro…

    • untuk pengguna avanza/xenia kalo ingin immobilizer tidak usah kuatir karena juga ada di toko bagus, plug n play lagi… jadi tidak ribet2 pasang kabel tambahan

      • avanza jelek kopling kurang tenaga. koplingnya dalam dan keras, toyota avanza motivasi kopling cptt auss karna ingin laku onderdilnya. jd NO avanza jelek broo… lebihbaik nyaman ertiga kopling lembutt bertenanga. sukses ertiga .!! jgn coment sbelum nyoba :p

    • avanza jelek kopling kurang tenaga. koplingnya dalam, toyota avanza motivasi kopling cptt auss karna ingin laku onderdilnya. jd NO avanza jelek broo… lebihbaik ertiga . sukses ertiga .!!

    • avanza jelek kopling kurang tenaga apalgi pasang AC. koplingnya dalam dan keras dbawa jalanan macett capee dech..!!, toyota avanza motivasi kopling cptt auss karna ingin laku onderdilnya. jd NO avanza jelek broo…!! lebihbaik nyaman ertiga kopling lembutt bertenanga AC dingin. sukses ertiga .!! jgn coment sbelum nyoba , :D

      • masalah bagasi saya rasa sami mawon kok sama avanzaxenia. hanya masalahnya mobilitas masnya lebih sering di tempat yang beraspal atau tidak :D

    • iya saya punya R3 GL the best i ever had ketimbang avanza sebelumnya.interior minim,g macho,pintu supir sering bermasalah,kita harus pandai
      memilih mpv jgn terhipnotis mobil jelek.R3 is perfect… :)

    • pantauan mekanik yang netral avanza punya kelebihan dikaki-kaki depan awet. beda dengan R3 kaki-kaki depan banyak makan biaya alias sering kami tangani dibengkel kami. kalau untuk luar kota cendrung memilih avanza biar tidak kuras kantong. masalah BBM 11/12.

    • pertanyaan yang bagus… sempet ane tanya2 ke montir favorit ane soal tersebut, harganya nyaris-nyaris sama. setidaknya ane percaya jaminan kualitas, suku cadang dan jaringan 3s mereka sama-sama kuat :D

  8. Salam kenal semua….,
    Teman-teman yang butuh immobilizer avanza/xenia bisa liat di toko bagus, secara umum cara kerja sama dengan immobilizer

  9. Masbro yg keren,sy punya budget pas2n buat bli mbl,ni bnr2 sya minta sikap yg objektif dlm pilihan,antra r3 dn avanza,sya prnh punya avnz 2009 tarikan pda tanjakn tajm payah bangt,pa lg klo ac hdup dn muatan penuh,,pd tanjkn pnjng cma gi2 satu ja,,skrng bingung dg bnyknya pilihn,sy tkt nyesel,tu artinya buang duit donk

    • andaikata jalanan menanjak umumnya publik menjagokan penggerak roda belakang [dalam hal ini avanza], namun sebenarnya kelemahan penggerak roda belakang kurang efisien bahan bakar dibanding penggerak depan. walaupun untuk hal offroad avanza dan r3 kurang handal karena ane sendiri melihat kaki2nya seperti punya sedan, bahkan lebih kecil dari mobil non bonnet seperti APV dan luxio

      tapi kalo boleh saran apabila butuh mobil yang bisa menanjak lebih dari 30″ dan bujet pas-pasan sebenarnya panther second bisa menjadi solusi. ;)

    • avanza jelek kopling kurang tenaga apalgi pasang AC. koplingnya dalam, toyota avanza motivasi kopling cptt auss karna ingin laku onderdilnya. jd NO avanza jelek broo… lebihbaik nyaman ertiga tenaga kopling lembutt.. sukses ertiga .!! jgn coment sebelum nyoba. :p

  10. jangan sekali2 pakai penggerak roda depan untuk mobil yang suka dipake keluar kota, karena bisa tekor ganti komponen kaki2. dalam kota aja banyak jalan rusak apalagi luar kota.gak masuk perhitungan gue dah R3….. :(

  11. Avansa xenia jadi pilihan untuk angkut barang berat, karena penggerak roda belakang, handal di jalan rusak/becek dan tanjakan karena avanza xenia punya radius putar 4.7m jadi bisa nyaman dijalan sempit dan tikungan tajam.

    Suzuki R3 paling yahut fasilitas oke sepertinya lebih dekat dengan LIVINA cuma beda CC dan duit, R3 ini enak untuk keluarga jalan kota2 maupun luar kota, kurang leluasa bawa barang yang berat dan besar karena ditaruh diatas jok belakang yg tidak bisa dilipat habis, tidak seperti Avaza Xenia jok dilipat habis barang bisa di lantai. Suzuki R3 ini secara fisik termasuk sedan.

    Jadi tentukan pilihan mana mobil yang anda anggap serba guna untuk memenuhi kebutuhan

    • Mau yang banyak bawakin barang beli fuso aja gan..
      ——————————————————————–
      Wah!!! Udah ga sabar nunggu pesenan sampe didepan rumah..
      Begitu sampe ban dan velg asli disimpen aja ah, langsung jadiin sport keren pastinya ertiga ( ื▿ ืʃƪ)

      • iya lah betul itu..!!
        beli fuso azaa kwkwkwkw,R3 i love it..
        percayalah R3 harganya bakal melambung,avnia mobil murah 85 jt saat lauching 2004 kini naik..krn blm ada saingannya,skg R3 era modern dan dinamis, smart money, more quality broo than avnia… kwkwkwk

    • avanza jelek kopling kurang tenaga. koplingnya dalam dan keras, toyota avanza motivasi kopling cptt auss karna ingin laku onderdilnya. jd NO avanza jelek broo… lebihbaik nyaman ertiga kopling lembutt bertenanga. sukses ertiga .!! jgn coment sbelum nyoba :p

  12. Blog yang informatif banget gan…… Salut deh…
    btw, belum ada yg ngomongin soal body R3 niy… tebel mana ama avanza/xenia ?
    bener ga kalo R3 katanya cenderung understeer ?

    • Bobot
      Bicara tentang performa dan irit-iritan bahan bakar tidak selalu identik dengan mesin, Bobot mobil juga turut mempengaruhi kedua hal tersebut. Suzuki Ertiga dengan desain baru memiliki plat bodi lebih tebal dibandingkan dengan Avanza. Untuk tipe GA yang paling standar Suzuki Ertiga memiliki bobot 1.160 kilogram dan untuk tipe yang paling mutakhir yaitu GX memiliki bobot 20 kilogram lebih berat. Berbeda dengan Avanza yang memiliki bodi tipis hanya 1.45 kilogram atau 100 kilogram lebih ringan dibanding Ertiga.

      • avanza jelek kopling kurang tenaga. koplingnya dalam dan keras, toyota avanza motivasi kopling cptt auss karna ingin laku onderdilnya. jd NO avanza jelek broo… lebihbaik nyaman ertiga kopling lembutt bertenanga. sukses ertiga .!! jgn coment sbelum nyoba :p

  13. testdrive aja dulu gan… buktikan sendiri kelebihan suzuki ertiga
    tuk testdrive, hubungi:
    Bakti B.S. 0812 8923 1183
    021.91086236, 313EFECC
    terimakasih

  14. toyota yang enak semuanya tuh mesinnya asli toyota
    A/X buatan daihatsu…… cuman numpang nama aje ….
    coba gann cobain mesin ASLI toyota …..pasti lebih makyusssss

  15. apapun merk mobil,namanya kalo dijual gak ada yang untung,duo kaleng mobil pasaran dan harganya tinggi,duduk blakang sangat sempit…saya sdh nyobain ertiga teryata MARKOTOP,ini baru mobil keluarga hehehe

  16. sy dah punya ertiga sejak mei lalu.secara kenyamanan jelas unggul ertiga palagi konsumsi bbm 17/ltr walaupun diisi full to full masih lebih irit dr duo a/x bisa 15.5/ltr.bahkan skrg er3 sy buat rentalan.skrg aja lagi ke jakrta.karna user gag mau make a/x disebabkan kurang nyaman dalam berkendara yg anjrut2an.jujur j kalo dah ngerasain er3 akan milih er3 drpad a/x walaupun buat rentalan.tanjakan yg curam dah dilalui dgn lancar make ertiga.seperti di ketep pass,purbalngga-pemalang,dieng.fwd tetap lancar.
    masalh ac siang cuma make di range1 karna dah dingin banget,cuma kalo pengen dingin di baris k3 make yang 2 dah terasa dngin,bahkan mau ambil r3 lagi buat rentalan lagi.

    • Ane pake r3 dr bln juli, unt konsumsi bbm nya kok ngak spt yg agan bilang, luar kota hanya tembus 1:13 0r 14, dlm kota semi macet 1:8,5-9…kok bs ya gan, ape ada mslh dg r3 gw…?

      • cr mengemudi, rute dan kondisi lalin jg berpengaruh, tp mnrt sy sangat jarang konsumsi r3 kok 1:13/1:14 atawa 1:8,5-9, biasanya lebih dr itu, cb cek ke bengkel resmi bila anda memang punya r3.

      • Bkn punya gw gan r3nya..punya org…ngapain gw nanyain mobil org bro…:)…uda gan gw tanyain, malah dijawab ma kepala mekanik langsung suzuki bhw emang boros kalo r3…nah itu tuh jwban yg bkin enek gw sm mekanik suzuki…

  17. salam kenal bro..

    sayang r3 belakangnya kurang manis!
    new avanza-xenia belakangnya aneh spt penyok2.
    saya pernah coba avanza s m/t 1.5 l vvti, avanza g 1.3 l vvti, xenia xi 1.3 l vvti dan xenia li 1.0 l vvti.
    mesin n kaki2 awet cuma bantingan kek gerobak.
    khusus xenia li 1.0 l buat lari agak berat!

  18. Januari ambil veloz manual, lalu ertiga muncul dgn hrg top spec hanya 165 jt, nyesel abis… !

    dari meter cluster aja bumi langit, ertiga bisa atur cahaya meter cluster dan auto dimm saat lampu senja nyala, meter cluster si veloz masih model jadoel,

    ac cluster juga jauh lebih lengkap dr veloz yg kelewat sederhana, audio ? std ertiga jauh suaranya dibanding audio veloz, itu suara audio std si veloz digedein sakit kuping, dikecilin ga kedengeran – parah……

    rem depan veloz masih solid disc (hari gini masih pakai solid disc) , ertiga sudah ventilated abs-ebd, side impact, double airbag..+ Immobilizer. mau apa lagi ? material interior kualitas nya jg bumi langit….. sempet test drive di suzuki PIK yg jalanannya paving block ga rata, yang ada makin nyesel…. untuk ac single blower ga masalah, test aja, blower nya kenceng dan hembusan nya lebih dingin dari ac veloz… maap bukan promosi hehehe cuman makin nyesel aja krn si ertiga GX cuman 165 jt… si veloz “kosong” 170 jt lebih ! kebayang untungnya toyota ?

  19. Minggu kemarin test R3,dari dari Maumere ( P.Flores ) ke Malang ( Jalan darat ) 3 malam 2 hari, konsumsi BBM Rp 390rb,speed 90 – 130kpj.

  20. kalau gak mementingkan BBM, 160 juta beli saja mitsubishi grandis second 2007 :) cek dah interior nya, cek dah penempatan AC blowernya kayak pesawat :) cek dah exteriornya, macho

  21. Satu hal yang mungkin jarang diketahui bagi sebagian besar pemilik awam Avanza/Xenia, yaitu as roda belakang pakai sambungan las/friction welded yang “katanya” sudah standar astra bukan patent internasional. Sudah banyak kasus kejadian as roda belakang patah.

  22. kalo ane ma cinta ertiga bro ( nyaman & elegant ) serasa naek sedan.. avanza xenia cenderung mobil rental am taxi.. di indonesia blm ada tuh, ertiga jdi mbil rental am di jadiin taxi.. xixixi.. R3 best of the best..

    • R3 didesain buat mobil keluarga, walaupun buat direntalkan, tapi image mobil rental masi melekat di av/xe. Jadi R3 masih juara deh. masih eksklusip. Modelnya lebih sportif dan gaul. Coba tengok body av/xe yg baru, belakang av/xe itu kayak kaleng penyok & kurang inovatif. cuma ganti desain lampu doang. Overall R3 bakal menghajar av/ex sama spt dulu Carry menggebuk Zebra.

  23. R3 GX black : kebon jeruk – depok – puri indah, 5 liter saja
    fitur kaca film perfection 98% 1,7jt, jok kulit black-krem + karpet 1,7jt, AC jadi dingin banget, senyap, kursi jadi gampang dirawat, kursi belakang bs lipat total jadi 4 seater aja, belakang taruh barang lega, sdh coba kebon jeruk – sentul 1 jam saja, tarikan mantap, akselasi halus. puasnya maksimal ;)

  24. Q dah bisa ambil pelajaran dari ocehan loe smua, tinggal atu lg nyang Q tungguin “FULLUS” besok dapt sertifikasi sekali lagi gua jamin R telu dah di garasi Q! Matur nuwun ocehan loe smua manfaat buat Q n orang laen!!

  25. dr info yg sy terima (pabrikan) sy dah tertarik r3, dan di tambah diskusi ini sy makin tertarik dgn r3. semoga bs sgrvterwujud. Thanks bro.

    • Ati2 Brooo… Guwa cuma curiga aje…takut terkecoh tulisan menghasut. Jangan2 yg saling komen itu sales semua.. ;-d

    • sah-sah saja sih berpendapat,…semua tergantung sdt pandang. Tp kita2 konsumen sdh mesti lbh realistis/hargai duit sndiri/jgn pd fanatik berlebihan/buat agar pr produsen menyajikan produk yg terbaik bg kita, jgn terlalu bangga dg simbol krn itu slhsatu pintu keluar duit kita…selamat memilah dan memilih sesuai kebutuhan kita bkn krn keinginan kita…

    • sapa bilang bodi all new a/x lebih keren? ga juga. kami bilang lebih ga inovatif. secara model desain, streaming R3 lebih gaul dan sportif. a/x body belakang mirip desain “kaleng penyok”. coba deh diliat lebih detal & faktual.

      • Jelekinnya jangan terlalu galak. Ayo jualan sonoh! Pada maen internet mulu ntar ga capai target lu pada…

  26. Ping-balik: Adu Irit Ertiga Melawan Grand Livina | Penghemat Bahan Bakar Mobil | Penghemat Motor Matic Post

  27. Ping-balik: Kelemahan Xenia Non Vvti | Alat Penghemat BBM Merk XPower

  28. ttp aja mobil rental gan….ga ada gengsinya, udah beli mahal2 pas ditanya orang, “mas…rental dimana?” wkkwwkkwkkwkwkwkwkwkw

  29. gara2 sy minta pendapat teman kantor yg punya Velox untuk beli mobil baru, eh die malah nyaranin beli R3, ktny die ngerasain R3 punya kakaknya beda jauh nyamannya sama punye die, Ktny ” Kabin kedap,…irit,…ngak limbung di bawa lari 130km” katanya. Jumat besok mobil R3 di anter ke rumah. wahh ngak sabar mo pegang setirnya….

    • di kota2 besar, R3 memang sedang jadi buah bibir. di Cirebon kota aja stocknya udah mulai abis (laris). Emak gw bulan ini sedang pesan R3, buat gaul ibu2 arisan katanya. lebih trendy cing. Duo kaleng mah kelaut aja buat mobil rentalan. hehehe R-3 manteb deh…

  30. Minggu kmrn test drive R3 di bogor, sengaja pas panas-panasnya jam 1 siang. Mbl ada di parkiran terbuka. Jadi begitu masuk,ampun panasnya. Istri saya suruh duduk paling belakang, anak-anak di tengah, Gw nyupir, sales ada di samping. Kata istri ( paling belakang ),AC mantap sampe belakag ( nomor 2 ). Bantingan juga lembut.
    Kalau ada yg ragu dengan enggerak depan ( buat tanjakan & tikungan ), bagi gw no problem. Tadinya pake corolla 96, aman dan damai aja buat di nagrek, tanjakan gentong, gn bunder bogor, yogya-semarang.
    Renc ngambil yg GX putih. ( Istri gw pendek, jadi klw pas dia pingin nyetir biar bisa naik turunkan jok sesuai kenyamanan dia ).
    Btw, avanza/xenia juga gak jelek lah, buktinya laris. Hanya saja kami bener2 jatu hati sama R3.

    • avanza jelek kopling kurang tenaga. koplingnya dalam, toyota avanza motivasi kopling cptt auss karna ingin laku onderdilnya. jd NO avanza jelek broo… lebihbaik ertiga . sukses ertiga .!!

  31. Ping-balik: Avanza Matic Irit | X Power Penghemat BBM

  32. walah yang muji2 ertiga setinggi langit itu malah buat ane curiga,
    masak segitunya y???
    inget gan tak ada gading yang tak retak
    keliatan bgt kayak sales2 pabrikan S berkeliaran di blog ini
    hahahahahaha

    • Betul, walau saya termasuk yg sudah pesen R3, bukan berarti R3 adalah segalanya, sempurna dan merk lain jelek.
      Semua pasti ada plus minusnya. Kebetulan saja, minusnya ertiga ada pada bagian yg tidak urgent bagi saya, dan plusnya ada pada bagian yg memang kami cari. Bagi orang lain, tentu parameternya akan beda lagi.
      Kenyataan bahwa A/X jadi mobil “sejuta umat”, adalah karena adaya bbrp faktor yg membuatnya disukai.

    • @pengamat: apanya yg perlu dicurigai? tau darimana sales atau bukannya? kyk ente paranormal aja. wajarlah kalo org punya opini lebih ttg suatu produk. Biar konsumen saja yg menilainya, baik lebih kurangnya tergantung konsumen lah. yg jelas ane bukan sales. ane user product otomotif, ane pernah punya macem2 merek dari merk T,D,S,H, sampe C. semua ada positip dan negatipnya.

  33. Hidup itu pilihan, begitu pula kendaraan, Silahkan pilih yang anda anda suka, mau karena merk, kenyamanan, fitur, keselamatan, harga jual kembali, irit, ikut ikutan atau lainnya. Yang perlu anda ingat, mobil itu untuk dinikmati oleh anda dan keluarga anda dalam waktu yang tidak sebentar, pilihlah kendaraan yang menurut anda benar benar membuat anda puas memakainya dari sudut pandang anda. Ikuti kata hati nurani anda, karena uang yang anda keluarkan tidak sedikit, sehingga apabila anda kecewa, maka anda tidak mencari cari kesalahan orang lain.

    • avanza jelek kopling kurang tenaga. koplingnya dalam dan keras, toyota avanza motivasi kopling cptt auss karna ingin laku onderdilnya. jd NO avanza jelek broo… lebihbaik nyaman ertiga kopling lembutt bertenanga. sukses ertiga .!! jgn coment sbelum nyoba :p

    • @m.zaky: sorry sorry to say nih… ga bisa ngebandingin harga jual berdasarkan salah satu kota. tiap2 kota beda2 harga jual pasar mobil second. jadi ga bisa matok di satu atau bbrp kota aja. ada satu kota yg merek ini unggul di jual secondnya. R3 belum bisa diperbandingkan dgn Avanza, karena masi baru keluar. Silahkan perbandingkan ntar kalo udah 2-3 thn kedepan. Mana yg lebih juara? yg kita liat nanti 2-3 lagi.

  34. Saya pernah ikut test drivenya di pamulang, enak. interiornya manis. MAUUUUUUUUUUU BANGETTTTT. Apalagi anakku komen, “R3 enak ya Bunda”. Anak kecil aja tau … Kapan yah …

  35. Ping-balik: adu irit ertiga melawan grand livina | Android Apps

  36. Sing penting duwe duwit piro.., selera wae…ojo komen muluk2…tp nyekel mobil we ra tau, opo meneh meh nyopir..(wong rung iso).. :-)
    sik komen ki akeh sales ertiga ncen..ben payu, njuk entuk komisi..

  37. Kalau saya beli MOTUBA E2000 … g kalah nyaman sama yg baru2… BBM masih 12km/ltr… bener saran mas yuda…. hebatnya lagi dikabupaten tempat saya tinggal hanya 2 yang punya… he…he.. Kemana2 banyak yang hafal….

      • Ane dah beli bulan oktober kemaren… gak rugi kok mas soalnya kan harganya juga naek 5,8 jt buat yg DB. Klo ane make yg single blower masih cukup, malah klo malam kedinginan mlulu…

        kakak ane yg mau ngambil xenia karena dapet diskon dikantornya gak jadi ngambil, dia jadi pengen beli ertiga yg DB abis nyoba ertiga ane… bener2 maknyuss nih mobil dgn harga yg murah…

        mudah2an aja enaknya kuat lama, ane sebelumnya make avanza G 2008, jujur tuh mobil juga enak kok, tapi memang ertiga lebih mewah, kedap dan nyaman…

  38. Taxi dr produk suzuki ada ga ya? Hehehe…..pengalaman kmrn udah dp buat xenia r,iseng main ke dealer suzuki liat n testdrive ertiga…batal ambil xenia pilih ertiga gl aja.jauh ama a/x (kebetulan prnh pny) interior exterior bikin jatuh cinta..mg aja rabu ini dah parkir dirumah..th ini keluar double blower tp harga naik ktny 7 juta…

    • Kl saya pribadi lebih cinta avanza…sudah terbukti 5thn pakai…saya udah kapok produk suzuki..diiklan sampai ngeluari gelar MURI suzuki nex 1LITER:79,8km..ternyata probolinggo- malang pp(200KM) hbs bensin 30rb…..ga cocok ama MURI nya…NYESEL BANGET BELI PRODUK SUZUKI

      • Bro, saya dulu juga begitu sama merek sijuki, emang kendaraan ndak bagus, tapi setelah saya pakai Escudo 1,6 2004, ternyata jauh lebih baik dari merek lain yang umurnya lebih muda, dari situ taulah bahwa motor ama mobil sijuki itu berbanding terbalik.

      • @faiz: jujurnya lebih baik agan dateng sendiri dan test drive langsung si R-3, ane fanatik merek toyota kijang tadinya. pas ane test R3, langsung jatuh cinta. manteb dan jago tanjakan euy. silakan test dan bandingan sendiri gan. oke.

      • avanza jelek kopling kurang tenaga. koplingnya dalam, toyota avanza motivasi kopling cptt auss karna ingin laku onderdilnya. jd NO avanza jelek broo… lebihbaik ertiga . sukses ertiga .!!

  39. pengalaman ane dah 3 bulan make ertiga buat yg masih galau (mobil ane sebelumnya avanza G 2008 :
    – kabin lebih kedap, tapi klo jalannya jelek suara ban agak kedengeran, kebalikan AVZ yg suara ban gak terlalu kedengeran tapi suara dr luar lebih berisik.
    – interior mewah… ini yg paling top, gak ada yg harganya sekelas ertiga nawarin kelengkapan dan kemewahan interior kayak R3.
    – Mesin lebih irit dan responsif… ane dah buktiin dengan avg konsumsi bbm ane 13,5 km/l di speedometer. tapi minusnya perpindahan gigi lebih keras sedikit dr AVZ
    – Audio diatas AVZ, suaranya mantap buat standarnya, Livina yg mahal aja kalah kalo urusan ini.
    – Tampilan depan ama samping keren cuman lampu belakang yg kekecilan aja yg merusak pemandangan.
    – Cukup lega mirip2 G.Livina
    – Posisi mengemudi nyaman kayak sedan soalnya basisnya swift kali yah.
    – Minusnya bangku belakang gak bisa dilipat kedepan jadi bawa barang mesti diatas bangku yg dilipat, jadi takut rusak bangkunya… ini ane lebih suka model yg AVZ.

    Overall ane puas denga kelengkapan dan kenyamanan R3 GL ane yg cuman 155 juta tapi udah kayak mobil diatasnya….

    • avanza jelek kopling kurang tenaga. koplingnya dalam dan keras, toyota avanza motivasi kopling cptt auss karna ingin laku onderdilnya. jd NO avanza jelek broo… lebihbaik nyaman ertiga kopling lembutt bertenanga. sukses ertiga .!! jgn coment sbelum nyoba :p

  40. Kapan orang Indonesia menilai sesuatu itu secara objektif rasional ya? Orang asing makin tertawa lebar bahagia melihat bangsa Indonesia membangga-banggakan hanya karena fanatisme merk. Semakin sengit perdebatan semakin baik bagi mereka produsen mobil. Bangsa lain membeli sesuatu atas dasar kebutuhan. Bangsa kita cuma untuk sombong doang. Bangsa Indonesia memang tolol (termasuk gue maybe)

    • thank god, akhirnya ada komentar pedas buat para fansboy disini :D

      fanatisme sempit padahal ya kualitasnya sama2 aja, kasarannya “mobil kerupuk”, mau mobil tank ya belinya bmw dan mercy, dijamin anti remukkk :lol:

    • makanya beli mobil itu yg berasio,R3 mmg acung jempol…
      marketingny yg bermain unit bertambah karena DP miring lg
      walaah begt hadir R3 g ada yg nyamain di segmen mpv

  41. Ping-balik: Suzuki Ertiga AC Double Blower, Aduuh Bikin Nyesel Yang Udah Beli Duluan « kilaubiru™

  42. Ping-balik: Suzuki Ertiga Udah Nambah Double Blower, Honda Brio MPV Oncoming :v « Yudakuzuma's Automotive Blog

  43. Sekarang sudah keluar ertiga yg double blower….

    untuk avanza n xenia.. bagi pecinta avanza dan xenia bakal senang karna discount mobil bertambah…hahahahahaha…

    Kalo saya pecinta ertiga…
    Walau ertiga 1400cc , tanding dijalan tol ama avanza veloz.. avanza veloz puuuuuttttuuuussSs 1 tiang lampu….

    Lari 140 km/jam tidak goyang sama sekali….

    • jelas karna pelat nya o,8 baja….
      jadi pada saat kecepatan tinggi mobil ini tetap stabil….
      dan mobil ertiga ini sedikit lebih rendah dari avanza….

    • Kata temen ane yg ane boncengin di depan die bilang pegasnya lebih alus goncangannya di banding duo Avxxza. Ane kagk pernah bandingin ama yg laen scr baru punya mobil R3 doank.

  44. secara speed belum ada yang bisa mangalahkan avanza, bahkan mungkin bmw, mercy ato ferrari sekailpun. saya sudah sering merasakan sendiri bagaimana susahnya mendahului avanza, sebenarnya menyalipnya sih mudah saja, tapi setiap kali berhasil disalip dan saya yakin udah jauh ketinggalan dibelakang, tahu2 sudah berada berada di depan, disalip lagi, ndak pake lama, sudah di depan lagi, disalip lagi, muncul lagi di depan…. begitu seterusnya…..

    saya bukan penggemar avanza, tapi saya harus mengakui kecepatannya….

    • Ya jelas menang A/X mas, namanya mobil sejuta umat. Dilomba yg satu, ada lagi yg lain didepan… :P
      Wkwkwkkwkwkwkw…

      Yang pasti ane sebagai pemakai pernah merasakan saat hujan lebat naik Av harus teriak2 ngomongnya ngimbangi suara hujan yg masuk ke kabin, apa lagi suara atapnya yg terkena hujan kayak suara seng yg diguyur hujan… ckckckckkckc…
      Saat di tol, ane kebut 130/140kpj, sudah “melayang” jadi kagak berani bejek gas lebih dalem!

    • Ya jelas lah , abis disalip blm lama uda ada lg avz didpn, ya scra avz ada dimana2 jd susul avz, didpn sdh ada avz yg lain..hehehe..

    • avanza jelek kopling kurang tenaga. koplingnya dalam dan keras, toyota avanza motivasi kopling cptt auss karna ingin laku onderdilnya. jd NO avanza jelek broo… lebihbaik nyaman ertiga kopling lembutt bertenanga max speed. sukses ertiga .!! jgn coment sbelum nyoba :p

  45. Ping-balik: Lebih Baik Panther Apa Apv | Penghemat Bahan Bakar Mobil | Penghemat Motor Matic Post

  46. beli avanza baru 2009.interior minim, pintu supir sering bermaslah,jok tipis,body jelek,krn dp minim semua org bisa beli,interior jelek,bgitu punya R3 gl july 2012,,luarbiasa.. :)
    hrg rasio,immobilizer,body macho,interior elegant,jok mantaab,instrument pada panel radio mudah di gunakan,more quality,high class & modern…
    pokoknya r3 is the best..

  47. saya x avanza baru 2009/G.
    interior minim,pintu supir sering bermasalah,g modern,DP 15jt miring semua org bisa beli,audio jadoel banget,tp saya jual krn byk kasus begitu punya R3 GL sblm launching saya langsung DP krn : modern,interior mewah,immobilizer,bbm irit, tanjakan mantaab,kedap suara & nyaman. harga rasio, smart MONEY too, all the best 4 R3.. :)

  48. hem…….ini pendapat saya : avanza-xenia : buat orang yang pertama kali baru bisa beli mobil pgnnya baru sedangkan ertiga : buat orang yang sudah pernah punya mobil tetapi pengin yang lebih nyaman dan safety dan tahu tentang dunia otomotif karena mobil r3 menggunakan mesin yang betul2 baru seri K14 sedangkan avanza-xenia masih menggunakan mesin generasi lama….dari cara sikap mengemudi kendaraan pun berbeda…….yang pakai avanza-xenia terkadang cara mengemudinya kurang terpuji dan terkesan sombong (maklum pertama kali bisa beli mobil baru lagi) sedangkan r3 cara mengemudinya orang terkesan kalem, sopan, dan elegan dan menghormati pengendara lain……ini pengalaman saya yang sering saya temui di jalan……..saya juga baru beli r3 yang pake double blower….memang mantap dan irit…….kabinnya hening dan suara mesinnya halus dan lembut lagi suspensinya

    • cara mengemudi yang kurang terpuji dan terkesan sombong bukan karena pertama bisa beli mobil baru, tapi karena yang nyetir rata2 supir travel ato kalo gak nyewa di rental yang dikejar durasi sewa… ;-)

    • avanza jelek kopling kurang tenaga. koplingnya dalam, toyota avanza motivasi kopling JELEK cptt auss karna ingin laku onderdilnya. jd NO avanza jelek broo…apalagi dbawa jalan macett. CAPEE DECH…!! lebihbaik NYAMAN ertiga . SUKSES ERTIGA. .!!

  49. Wah melihat ulasan para sesepuh disini rasanya lebih worthed ke ertiga neh, tp ada yg tau ga perbedaan tipe ertiga GL & GX ? (selain dari fitur ABS, EBD, & Air Bag)
    Soalnya ane cuma pnya budget pas bgt ni & liat kebutuhan ABS & EBD kayanya kurang dibutuhin buat jalan diperkotaan ..

    • ABS penting gan..
      si afriyani mobilnya gak pake ABS, pas ngerem mendadak roda depan ke lock and gak bisa di kendalikan..bila jalanan rada belok bisa2 kebalik mobilnya..
      penyumbang kecelakan terbanyak tuh ya yg gak pake abs..
      semakin murah suatu mobil berarti safety nya semakin berkurang gan..

  50. saya pilih ertiga,karena suspensi lebih nyaman serasa naik sedan,ruang kabin juga lebih luas,belum lg desain dashboad yang lebih menarik dari avanza,xenia,fitur2nya lebih lengkap ertiga,lebih irit ertiga bensinya,keamanan lebih bgus dgn air bag,abs ,ebd,juga harga yg lebih murah dari avanza veloz,kelemahanya cuma jalan menanjak lebih tangguh avanza,

  51. indent r3 dari saran orang yang sudah pernah punya avanza dan skrg ganti r3…
    sudah indent dr awal nop…tp skrg blom dateng juga..hikss…sudah naksir mudik dengan r3 double blower…

  52. gue sudah coba ertiga, hasil sewa dari rental selama 3 hari di siksa pada medan dalam kota dan luar kota kesimpulannya sbb :
    – Interior ; mewah sekelas sedan, dashbordnya banyak fungsi untuk meletakkan benda2 kecil seperti HP dan jam tangan, joknya empuk,audionya ok banget. ada tombol air flow yang sangat berguna sekali jika berkendara diluar kota yang udaranya baik,
    – Exterior ; tampilan depannya terlihat agak kecil, sangat sulit sekali membedakan Swift atau Ertiga, dari arah belakang juga demikian kurang macho tapi sebaliknya jika dilihat dari samping sangat eleghan…mantap dan maskulin (jujur ni broo…)
    -Mesin ; untuk area tanjakan ertiga kalah dibandingkan avania, agak berat nariknya. sebaliknya untuk jalan yang rata ertiga maknyuss…sangat aerodinamis.tapi..pada jalan yang agak kasar seperti perkerasan Lapen suara dengungan ban terasa di dalam kabin.
    -Suspensi; wah yang ini juga beda dengan avania, meskipun sama2 menggunakan Maknya person, ertiga lebih nyaman dikendarai.

    Kesimpulan ku…Ertiga OK bangets..jempol 3 tapi…yang membuat aku patah hati adalah Bagasi Ertiga yang menurut aku Tanggung dan kurang di perhatikan oleh yang nyiptain…Kursinya ga bisa dilipat 360 derajat seperti Avania,….alhasil jika hendak kepasar tradisional misalnya, barang2 belanjaan hanya diletakkan di atas lipatan jok bagian belakang…I.R.O.N.I.S…(muat beras,minyak goreng dll… kalo ada yang tumpah…bleee. ancur dong joknya..) Desain joknya juga tidak dibuat rata, agak miring…barang2 longsor semua dong…

    apakah hal itu sengaja dibuat karena Ertiga ga mampu narik barang terlalu berat layaknya Avania..

    karena penasaran, gue nanya sama salesnya tentang masalah bagasi tadi…jawaban si seles ” Ertiga adalah City CAr, jadi yaa begitu…” wah…berarti ga bisa disamain dong dengan Avanza atau Sonia…ga sesuai dong dengan Slogan Ertiga “mengERTI keluarGA”

    Gue bukan maniak Avanza Atau Sonia…justru gue Acungin jempol terhadap Ertiga yang berani menawarkan lebih dari penjajah Avanza dan Sonia yang menjajah negeri ini kurang lebih 7 tahun…bosen liatnya di jalan…heheheheh….(mahal dan terlalu standard)wkwkwkwk

    kalo ada yang bilang,” masing-masing punya kelebihan dan kekurangan” aku bilangnya Ertiga udah banyk kelebihan dengan harga segitu….sesuai lah. tapi yah itu….BAGASINYA MAS MARUTI…TANGGUNG DAN TIDAK CERDASSS)

    sekian dan terima kasih
    ttd

    Budi Yuwono

  53. Saya pengguna Toyota tapi bukan pecinta Toyota, punya mulai dari Kijang Super, Kapsul dan skrg masih pake Avanza th 2011.
    Penilaian saya thd mobil diatas adalah mobil yg mahal tapi minim fitur, tapi knp saya tetap beli, krn ga rewel, muat banyak penumpang, onderdil murah n gampang, harga jual kembali tinggi.

    Beli Avanza stlh coba mobil kantor yg ternyata irit dan bisa diajak lari kencang, beda sama generasi sebelumnya. Sempat ragu waktu niat beli avanza krn selain kelebihan diatas masih ada kekurangannya spt body tipis, goyang kalo kencang n ajrut2an waktu hantam polisi tidur trus banyak yg pake jadi ga berasa punya mobil mahal (buat gw). Penyesalan mulai timbul stlh beli bbrp bulan All New Avanza keluar disusul Ertiga.

    Bulan ini kredit mobil saya lunas, krn punya rencana mau lunasin rumah n takut harga mobil Avanza ane jatuh krn dah keluar All New Avanza plus capek punya mobil warna hitam, saya berencana mau cari mobil baru.

    Setiap maen ke mall saya sempetin lihat2 n minta brosur New Avanza, Ertiga, Livina buat pertimbangan beli yg baru (ga mau nyesel lagi). Dan ini penilaian saya :

    Avanza :
    (-) Model kurang oke ( penyok2 kata orang )
    (-) Cuma ganti Chasing mesin masih yg lama
    (+) Baris ketiga kayanya lebih lebar

    Livina :
    (-) Mahal
    (-) Interior gelap
    (-) Isunya mau keluar New model

    Ertiga :
    (+) Lebih murah
    (+) Lebih mewah
    (+) Lebih gagah
    (+) Lebih lengkap
    (+) Katanya lebih irit (krn blm punya)
    (+) Katanya lebih stabil
    (+) Katanya lebih kencang
    (+) Katanya lebih nyaman
    (-) Baris ketiga kurang lebar
    (-) Baris ketiga ga bisa dilipa spt Avanza

    Dimall2 skrg lebih banyak yg lihat Ertiga ketimbang Avanza n Livina, mungkin krn model yg double blower sdh keluar.

    Thats my story n my experience.
    Doain deh biar semuanya lancar n punya mobil baru (dah tahu dong pilihannya).

    Thank

    (-)

  54. Saya juga heran baca komen komen diatas. Seolah2 r3 sdh bgs kali. Sy lg bingung mau beli yg mana anatar r3 veloz ataupun attivo. Klu harga sih ndak masalah bagi saya yg penting sy suka. Sy sdh coba test drive xenia pengen nyoba r3. Klu menurut sy xenia dan avanza sdh terbukti bgs selama ini, namun apakah r3 lbh bagus? Usianya aja baru seumur jagung. Mesin sdh bisa dinilai performance setelah dipakai minimal 3 tahun. Sy khawatir mesin r3 apakah masih bandel setelah 3 tahun?

  55. bos mau nanya, khususnya yg sdh pengalaman naik ertiga, avarege sesuai spedometer ertiga saya 10.8 km/liter, ini berarti boros dong buar ertiga?? thx masukannya

  56. Sabtu kemarin sempat test drive R3 berikut kelebihannya menurut saya sbg pengguna Avanza :
    – Suspensi lebih nyaman
    – Kopling lebih ringan
    – Akselarasi lebih spontan
    – Setir lebih ringan.
    Langsung booking walaupun Avanza belum laku

  57. Kalo saya pribadi lebih mengutamakan kenyamanan dan keamanan, saya ga pilih semuanya baik avania maupun R3, saya lebih baik baik memilih everest th 2005 mesin bandel dan siap tempur di medan apa saja., karna dari sisi kualitas keamanan, kenyamanan lebih oke. lebih penting memikirkan keamanan dan kenyamanan anak istri dari pada memikirkan harga jua dll, namanya punya mobil pasti cost. tapi semuanya kembali pada selera masing2

  58. Ok semua fitur R3 ok
    Namunkan pendatang baru org blm tau penyakit harga spert part karna suzuki terkenal mahal di segi partnya dan service nya gmn bro kira”……….?

  59. Saya adalah Newbie….
    Mobil R3 GL Double Blower Silky Silver mobil pertama saya…..
    Awalnya saya berfikir untuk membeli mobil Avanza atau Xenia, karena harga jual kembalinya lebih tinggi dan sudah teruji sejak lama kualitasnya…..

    Namun setelah melakukan analisa berdasarkan pengetahuan dari forum, segi ilmu ekonomi dan melakukan komparasi antara ketiga mobil tersebut (Avanza, Xenia dan Ertiga) (tanpa Test Drive) saya akhir memilih Ertiga, dengan alasan-alasan berikut:

    1. Dengan harga yang lebih murah saya mendapatkan fasilitas dan fitur-fitur yang lebih tinggi.
    2. Untuk harga jual kembali kenapa Avanza – Xenia bisa tinggi?, karena sebelum hadirnya R3, Tingkat Permintaan atas Avanza dan Xenia cukup tinggi, sedangkan daya beli Unit baru masih rendah, maka Nilai Jual Mobil Bekas pun menjadi lebih tinggi.
    3. AvXen lebih banyak Typenya, (Mau beli Type yang lama, pasti harga jual kembali lebih anjlok daripada yang type baru)

    Analisa saya atas penjualan mobil bekas unit AvXen yang akan datang:
    Jika kondisi saat ini, banyak pemilik AvXen akan beralih ke R3, maka kemungkinan Harga Jual Kembali Av-Xen akan cenderung menurun, karena Unit Second Avxen lebih banyak dari pada permintaannya/peminatnya.

    )* Setiap asset akan terjadi penyusutan Nilai Perolehannya, Pemikiran untuk nilai yang akan datang sangatlah penting, karena setiap objek mempunyai tingkat titik kejenuhan, bukan berarti orang yang baru beli sesuatu dan sudah memikirkan harga jual kembali itu tidak tepat, melainkan orang tersebut memikirkan masa depan.

    Penilaian saya setelah memiliki R3:
    1. Kenyamanan dan kelebihan yang dibahas pada forum terbukti. Sperti:
    – Suspensi lebih nyaman
    – Kopling lebih ringan
    – Akselarasi lebih spontan
    – Setir lebih ringan.
    Bahkan Abang dan Bapak saya pun yang ikut mencicipi R3 saya, sangat kagum, dan bahkan karena kedapnya suara dikabin dan halusnya suara mesin, membuat bingung antara mesin sudah hidup atau belum (jika tidak di gas, klo di gas baru dech ketauan tuch mesin ternyata lagi hidup).
    – Lebih murah (Pastinya)
    – Lebih mewah (Sesuai harganya)
    – Lebih gagah (Kayanya Lebih Mungil dan Imut-imut, tapi pas parkir Samping Av-Xen baru kelihatan Lebih panjang dan lebih lebar, mungkin karena lebih pendek kali yaa…..)
    – Lebih lengkap (Yupz……! ini baru Type GL)
    – Katanya lebih irit (blum di test jauh-jauh karena plat nomor belum ada)
    – Katanya lebih stabil (belum di test)
    – Katanya lebih kencang (belum ditest dijalan tol)
    – Katanya lebih nyaman (baru ditest di jalan rusak dan banyak Polisi tidur)
    – Sound Sytem OK….
    – AC walaupun double blower, dan di test hanya menggunakan single blowernya aja pas panas-panasnya di siang hari, dengan setelan:
    **Kompresor Garis 3, **Blower 1, **Angin Bawah, Depan dan dashbor atas. 5 Menit udach dingin……
    di R3 ada setelan angin mana yang mau dihidupkan. (Maaf saya lupa namanya)
    Klo di Avxen cuma ada setelan Kompresor dan kecepatan Blower,a saja….

    2. Untuk perbandingan ke AvXen Saya mencoba mobil kantor, dan pernah rental AvXen saat ke luar kota yaitu ke Tegal, pas akselerasi di jalan tol dan melewati jalan landai, Suspensi AvXen Njot-njotan, apa karena suspensinya terlalu empuk yaa….?

    )** Kurang Lebihnya Mohon Maaf, Maklum Newbie….

    OverAll, saya merasa puas dengan keputusan saya untuk membeli R3 bahkan teman saya yang mengusulkan membeli Terios seperti mobil yang baru di belinya dengan harga yang lebih mahal, setelah melakukan komparasi By Data Komparasi Terios VS R3, Dia cuma berkata (Oh, ya udach R3 aja, salah nich ambil terios…..!!!)

  60. wah…klo menurut sy suzuki perawatanya minim bgt,…klo liat ertiga sy naksir banget, tp sy lg nunggu yg matic keluar. doakan, Amin biar punya ertiga. sip

  61. Saya kemarin sudah coba mobil xenia, avanza dan kesimpulan saya kedua mobil ini bener-bener bagus. Tapi begitu masuk r3, rasanya beda kelas.

    Jadi, saya sekeluarga sepakat milih r3 yang silver. Dan ga nyesel.

    Soal tarikan, saya lebih seneng avanza (2010-2011), rasanya lebih mantep. Soal ngangkut barang belanjaan, avanza (2010-2011) lebih mantep. Cuma, Avanza yang baru (2013) ini di design untuk minum pertamax, pas kena premium rada begimana gitu. Coba agan test sendiri deh.

    Kalo kelebihan r3, dari interior, tampak samping, pas sebelahan ama xenia & avanza, kelihatan beda kelas gan. Lebih gimana gitu…

  62. penggerak roda depan kalau dipakai jalan yang kurang rata sering coplok deferential depannya., enak tapi maintenance-nya lebih mahal, silakan chek saja.

    • Kelemahan penggerak roda depan baru berasa 2-3 tahun kedepan, saya pernah pakai Esteem…nyesel. Pertama keluar sih keren tapi beberapa lama dipakai ancur tuh harga jualnya

  63. a/x itu mesin daihatsu,krn awal penjualan murah lama kelamaan naik dan tidak ada saingan saat itu TAPI bgitu hadir R3.masyarakat pintar untuk memilih mobil irit bbm,hrga rasio,stylish,sporty,macho,modern & safety tidak salah lagi R3.
    saya udah pake R3 sejak bulan july.sejauh ini bahagia dan plong memiliki mobil yg nyaris jauh lebih baik ketimbang A/X

  64. Jadi pengen punya R3,nabung dulu deh,smentara pake yg ada dulu (CorollaDX’80) yg penting si-kecil & bundanya ga kehujanan&kepanasan.

  65. tambahan gan…r3 dilengkapi side ipempect beam (lapisan baja ringan di tiap pintu) dan ketebalan kalengnya 0.8 beda dng kompetitornya 0.67

  66. Klo untk tanjakan penggerak depan lebih kuat, contohnya orang pindahin barang ke tempat lebih tinggi, kalo didorong tidak kuat dia akan menariknya (pindah posisi dari balakang ke depan)

    • betul, sama kayak saya yang bawa angkong, lebih ringan ditarik dari pada didorong, kayaknya penggerak roda depan sijuki kuat, contohnya estim, kalao hi-lux kurang begitu kuat, apa karna kegedean bannya ya

  67. waduch berguna banget nich info2nya…apalagi bagi saya pemakai perempuan.
    kebetulan punya mitsubhisi kuda super exceed rencananya mau jual tapi masih bingung….yg abg milih R3, sy suka terios tapi bapake suka avanza velloz
    katanya maret nanti R3 luncurin matic…tapi denger2 harganya koq sama dengan avanza velloz ya.

    saya kayaknya ngalah nich setara terios terlalu berat tuk perempuan.
    kira2 gimana yach perbandingan R3 matic vs avanza velloz n apa betul harga mereka beda sejutaan doank….
    thanks 4 the info

    • mending R 3 gan. coba tes drive aja, beda kan dengan veloz, padti jauh bagusan r3, dari segi fiturpun r3 jauh lebih lengkap, terutama fitur safety gan, inget, kenyamanan dan keamanan adalah faktor penting dalam berkendaraan, agar kita ga cepat lelah dan stress yg bisa memicu kecelakaan..

  68. Kalo ane pilih Ertiga… Coz ane dah buktiin sendiri dgn touring jakarta ke denpasar bareng sohib yg pake Avanza.. Di spanjang jalan Avanza kalah gesit main salip2an, tpi pake ertiga.. Semua lewat gan… Sumprit..!!!
    Selain itu BBM-nya masih jauh irit Ertiga… Ane sampai denpasar cuma isi 2X full.. Tapi Avanza malah 3X full…Sumprit lagi…!!!

  69. Mas yudakuzuma,
    Ane barusan jual avz.G 2008 dgn hrg 130jt pas beli 135jt, sy sdh make 5 tahun, cuma susut 5jt. skrg ini ane betul2 bimbang, avz ane sdh terbukti, R3 byk org kgk kuat di tanjakan, secara ane tinggal di daerah pegunungan, tolong donk advise, bener kgk R3 kagak kuat nanjak??? plisss.

    • Saya juga sebelumnya punya Avanza S 07, namun setelah coba punya Kakak yang pake Ertiga Bulan Juli 12 lalu, langsung kepincut Ertiga, saya Jual Avanza, lalu sekarang pake Ertiga Dobel Blower,, rasanya pake Ertiga koq lebih ekslusif yah. yang pada punya AVZ pada ngelirik mulu kalo parkiran di Mall atau Kantor,,

      Ini Pengalaman pribadi ya, lagian siapa yang bilang Ertiga ga kuat nanjak, yang ada Avz dulu kalo dari berhenti langsung nanjak ngos-ngosan setengah mati, belum lagi ‘nafas’nya pendek, kudu ganti gigi mulu.

      Bahkan teman ane yang pake Rush saja bisa dikebul, kalo ane bilang imbang nya dengan Innova mah soal tarikannya.

      • avanza jelek kopling kurang tenaga. koplingnya dalam dan keras, toyota avanza motivasi kopling cptt auss karna ingin laku onderdilnya. jd NO avanza jelek broo… lebihbaik nyaman ertiga kopling lembutt bertenanga. sukses ertiga .!! jgn coment sbelum nyoba :p

    • Saya sudah bawa ertiga saya ke semarang yg berbukit-bukit, ke soreang bandung ( kawah putih, ciwalini ), ke garut ( via nagreg jalur lama ), trus ke darajat pass garut ( seputaran sampireun ), gak ada masalah dengan tanjakan tinggi. Konvoy ama temen ( dia pake terios, sama2 baru ), dia jauh ketinggalan. Klw ke bandung via tol cikampek & cipularang, avanza yg suka sok ngebut dan nyusul di tol cikampek, bener2 mati kutu klw di tanjakan panjang cipularang. 2 bulan saya punya ertiga, sudah 3X ke garut , 2 X bandung, 2X jawa tengah. Km udah lewat 5000. mantap.

    • avanza jelek kopling kurang tenaga apalagi pasang AC. koplingnya dalam dan keras, toyota avanza motivasi kopling cptt auss’ karna ingin laku onderdilnya. jd NO avanza jelek broo…apalagi d bawa macett capee dech nginjak kopling avanza.!! lebihbaik ertiga tenaga mantab,mesin halus, kopling nyaman,AC dingin . SUKSES ERTIGA .!!

  70. Pagi mas bro smua…mau nanya nih…masalah kaki2 dan suspensi antara R3 sama kijang LGX masih Nyaman yang mana yaa…? mohonh Pencerahannya..tks…

  71. avanza 1300 matic bagaimana?saya nyari avanza sporty koq ga ada yach yg dipasarkan avanza tipe E and G aja.
    setelah terios and R3 ditolak ama keluarga. tertarik buanget ama cevro SPIN cuman sparepartnya mahal …….

    • avanza jelek kopling kurang tenaga. koplingnya dalam dan keras, toyota avanza motivasi kopling cptt auss karna ingin laku onderdilnya. jd NO avanza jelek broo… lebihbaik nyaman ertiga kopling lembutt bertenanga. sukses ertiga .!! jgn coment sbelum nyoba :p

  72. Ane punya rental mobil gan.. Ane punya tiga jenis mobil idol itu.. Jdi tau persis kehebatan & kelemahan ketiga idol itu gan…. Mau tau pendapat ane..? Neeh baca yaakk…!!

    Pertama : Soal BBM
    Antara Ertiga & Xenia jagonya… Doi bener2 adu irit.. Apalagi untuk jarak jauh…Bisa 19-20 km/liter… Woow.. Avanza masih harus gigit jari gan.. paling top 15-16 km/liter

    Kedua : Soal Kenyamanan.
    Avanza & Ertiga boleh ketawa ngakak ngeliat Xenia… Body Xenia terlalu ringan buat digeber diatas 100 km/jam…

    Ketiga : Soal Keamanan & Kelincahan di jalan raya…
    Ertiga bener2 mantab dlm urusan salip menyalip… ringan dan joknya emang didesain luxury banget. Lagian ada air bagnya… Jadi lumayan buat perlindungan muka agan biar kagak bonyok kalo lagi apes tabrakan. Soal suspensi Ertiga & Avanza sama2 empuk & nyaman… Klo Xenia “kurang nyaman”(daripada ngomong gak enak)…

    Keempat : Soal Servis & Layanan Purna Jual
    Masalah kemudahan soal servis gak ada yg ngalahin Avanza… Doi punya dealer servis kayak jamur di musim ujan… Jadi agan gak perlu repot cari sparepart buat Avanza… Lagian klo jual Avanza second gampang banget soalnya udah pasaran banget sih… Klo Xenia.. biasanya calon pembeli agak rewel negonya…maklu gan Daihatsu punya sih… Sedangkan Ertiga.. Ane belum tau… Kayaknya belum ada Ertiga second…

    Kelima : Soal Gaya dan Prestise
    Mending agan pilih Avanza atw Ertiga… Keduanya lebih keliatan punya brand image & bonafid… Klo Xenia orang akan selalu ingat Daihatsu… Dari dulu Daihatsu lebih dikenal sbg produsen mobil murah meriah dan rame…. Tapi klo agan gak butuh gaya & prestise.. Ketiganya gak ada bedanya…

    Itulah pendapat ane tentang kondisi umum ketiga mobil idola Indonesia saat ini… Silahkan agan mantapkan hati mencari pasangan agan…

  73. Sepertinya penggerak roda depan (ff?) kok jadi momok bgt ya, gampang rusak kaki2, rentan keluar kota, ga kuat nanjak dll, padahal suv byk yg ff, sedan ff semua, citi car ff, apa lagi ya hehehe. Dan di puncak ada semua tuh. So menurut sy jgn terlalu kuatir, mungkin iya kalah kuat daya tahan kaki2 nya di banding fd, tapi bukan berarti setaon rusak kan. Kalau pakainya apik 5 tahun jg masih awet. Cmiiw

  74. Sebagus bagusnya mobil jepang, masih kalah gengsi sama mobil eropa, Saya menunggu spin aja. LIhat avanza atau xenia nabrak dikit bracket pada lepas alias doyong. Indonesia sudah tertanap prinsip harga jual bagus. mending buang prisnsip seperti itu jauh2, Kenyamanan berkendara yg di utamakan,

  75. Saya pengguna sedan eropa…
    sudah test drive ertiga dan dah ngrasain juga 2hari lalu diminta kakak nyopirin veloz punya perusahaan tempat dia kerja, kalau kakak sih hyundai car owner.
    ampun dah tu kaleng toyota, 120kpj bikin orang semobil takut, ajrut ajrutan bener ya…. kaya nggak niat bikin mobil tu si toyotem. mending ertiga dah! kalau nggak exora, atau livina. kata istri pokoknya jangan sampai dah beli aven! buang buang duit untuk sesuatu yang kurang layak untuk dinikmati. uang Lebih dari 100jt kok cuma dapat barang yang “bisa” dipakai, bukan “nyaman” untuk dipakai.

  76. Masalah after salesnya gmn?? Avanza agak Mahal tp dapet free jasa service sampai 50rb km, xenia yg murah bahkan sampai 60rb km free jasa service, ERTIGA yg tengah2 koq free jasa serviceya cm sampai 20rb km saja? Brarti total ownership benefit Sama aja donk Klo masalah budget? Mungkin xenia menang dikit sih Klo masala TOB nya,walaupun klah dalam brand atau spesifikasi kendaraanya gt kali ya?

    • avanza jelek kopling kurang tenaga. koplingnya dalam dan keras, toyota avanza motivasi kopling cptt auss karna ingin laku onderdilnya. jd NO avanza jelek broo… lebihbaik nyaman ertiga kopling lembutt bertenanga. sukses ertiga .!! jgn coment sbelum nyoba :p

  77. Sejak awal Avanza terlalu terlena dengan ketinggian spek dari unitnya. Sehingga tidak menghiraukan lawannya. Mungkin kelak akan keluar spek yg lebih untuk mengungkuhi lawannya.

  78. Ini sih bahasa sales, hanya membela produk nya, sy padukan sendiri dgn avanza yg sy pakai, jauh berbeda, dan beda kelas donk. Kelas ertiga booming krn masuk kelas bawah. Kalo kelas menengah dan atas mungkin akan pikir2 dulu kalo disuruh pilih R3, kaya ini hanya booming sesaat. Tunggu aja penarikan besar2an dr leasing yg membiayainya…

  79. 10 unit avanza baru, 10 unit xenia dan 10000000 unit mobil mewah lainnya, 1 unit katana modifikasi full, lebih enak di pandang katana tua sobat, yg lainnya lewat

  80. ya di tunggu aja 2-3 tahun kemudian gmn si ertiga yg katanya org2 lebih unggul dibanding avnia itu, masih jd kebanggaan ato sebaliknya.

    • Saya tidak membahas Merk (karena saya bukan Sales)

      Yg jelas pembahasan diatas ada beberapa perbedaan
      1. Perbedaan pengerak Roda
      2. Fiture dari masing Mobil
      3. Harga

      Yg saya bahas yg pertama (1)

      Kelebihan & Kekurangan Mobil pengerak Roda Depan (FWD/Front Wheel Drive)

      +Efisien karena kerugian mekanisnya lebih sedikit, Irit bahan bakar
      +Pemanfaatan Kabin lebih Lega karena tidak ada komponen Gardan
      +Suspensi belakan lebih baik karena tidak terbebani Gardan
      +Berat kendaraan lebih Ringan
      +Akselerasi kecepatan lebih bagus

      -Handling Radius putaran kemudi roda lebih melebar >5 meter
      sulit dibahaw 4,9 meter
      -Keseimbangan distribusi Bobot kurang merata
      -Traksi kurang maksimal, jika mobil di tanjakan dan full muatan atau kondisi stop & go

      Kelebihan & Kekurangan Mobil pengerak Roda Belakang (RWD)

      -Tidak Efisien karena kerugian mekanisnya lebih besar
      -Pemanfaatan Kabin lebih Sempit karena ada komponen Gardan
      -Suspensi belakan kurang baik karena ada komponen Gardan
      -Berat kendaraan lebih berat

      +Handling Radius putaran kemudi roda lebih kecil <5 meter, bahkan bisa dibahaw 4,7 meter
      +Keseimbangan distribusi Bobot lebih baik merata
      +Traksi lebih maksimal, jika mobil di tanjakan dan full muatan atau kondisi stop & go

      enah untuk pilihan silahkan sesuai kebutuhan masing2 :)

  81. Ping-balik: mau beli avanza matic g kekurangannya | XPower Penghemat BBM

  82. Ping-balik: konsumsi bbm mazda e2000 | XPower Penghemat BBM

  83. SEGERA JADILAH YANG PERTAMA MEMILIKI SUZUKI ERTIGA MATIC DOUBLE BLOWER, KENDARAAN IRIT, MEWAH DAN EKONOMIS.

    UNTUK INFORMASI DAN PEMESANAN DAPAT MENGHUBUNGI :

    OCTA

    SIMPATI : 0812 88 431 999
    MENTARI : 0858 1092 9886
    ESIA : 021 5146 9228
    XL : 0818 0704 8570

    ( PEMESANAN HANYA UNTUK WILAYAH JAKARTA, DEPOK, TANGERANG & BEKASI )

    • pesannya kapan, Gan? didaerah mana? ane pesen di malang GX putih manual, dari maret sampai sekarang belum datang juga dan belum ada kepastian datangnya…

  84. Sesama mobil kaleng tidak boleh saling menjelekkan. Klo mau membandingkan jangan sekarang, tunggu usia ertiga minimal 5 tahun. Apakah bener-bener handal sesuai iklannya. Apakah masih nyaman dan masih lancar jalan di tanjakan. Klo mobil baru bro ya pasti enak…… avanza xenia kan sdh 8 tahun dan orang komentarnya pasti positif dan negatif…. bagaimana dg ertiga ? Kita tunggu aja..

  85. avanza jelek kopling kurang tenaga apalagi pasang AC. koplingnya dalam dan keras, toyota avanza motivasi kopling cptt auss karna ingin laku onderdilnya. jd NO avanza jelek broo…apalagi dbawa macett CAPEE DECH.. nginjak kopling.!!! lebihbaik NYAMAN ERTIGA dbawa macett nyaman. JGN COMENT KLU BLUM NYOBA. SUKSES ERTIGA .!!

  86. sukses buat ertiga dan avanza….mereka sama2 bagus kok. saya ga bisa komentar jelek karena saya lom bisa beli mobil…bersyukurlah yg sudah bisa beli mobil….aminn..

  87. Engga lah, di kantor gw dapet ertiga tapi gw tetep pilih xenia. masalah besar ertiga itu di setir sama mesin. Radius putar ertiga terlalu besar, susah mau balik2 apalagi di jalan2 jkt yg macet. Trus penggerak depan ertiga hanya jago di trek lurus, tapi di tanjakan curam bisa2 ban depan doang yg muter tapi mobilnya mundur …. wakakaka. yang mau blusukan di vila2 tawangmangu, inget2 ini jgn sampe nyawa anda melayang hanya demi mengejar interior ertiga yang mewah

    • Ini sepertinya sales avanza atau xenia yang belum mencapai target penjualan atau pemilik yang udah sangat menyesal dan kecewa karena merasa dibohongi TAM/ADM, jadi bahasa dan cara berpikirnya ya gini deh. Udah test drive belum? Yakin 100% belum !!!! Suatu saat nanti lo jilat ludah lo sendiri.

  88. gw sih sebel banget ama ertiga , harga avanza xenia jd terkoreksi. gw beli avanza jan 2012, pas ertiga keluar harga diskonnya gede. bekasnya ambrol. kesimpulannya avanza overprice……mentang2 gak ada saingan…gitu..

  89. r3 pake mesin swift yg laku terjual di seluruh dunia compare avex yg pake pake engine daihatsu yg seada nya. ngelitik, boros dan limbung di kecepatan tinggi…..

  90. menurut saya avanza xenia aja sudah udah jelas jalan di indonesia itu kabanyakan tidak beraspal kan ertiga berpenggerak roda depan

  91. Setelah baca komen dr atas sampe bawah semaleman…..
    Kebanyakan yg fansboy ato yg br ambil R3. Jd isinya ya saling ejek & jelek2in produk lawan…..
    Saya cm mau review sistem penggerak mobil ini aja…..

    Yg pertama (FWD)
    Cb aja bayangin naik mobil sedan/mpv (yg mahal ya, kl MPV yg low-mid biasanya RWD) pasti empuk & nyaman…. Knp? Karena suspensi blkng sdh tidak memakai batang gardan yg ‘nyambung’ dr kiri kanan, suspensi kiri bener2 terpisah dng yg kanan. Ayunan roda karena lubang & gelombang jalan diredam masing2 sistem suspensi.

    Berikutnya adalah soal akselerasi
    Mobil dng penggerak FWD lebih efisien dlm penyaluaran tenaga mesin ke roda, krn tidak memerlukan gardan yg memang sangat sangat berat baik dr segi bobot ataupun kekuatan untuk memutar as gardannya & batang as kopel dr mesin menuju gardan. Buktinya, coba aja tarikan mobil FWD pasti nafas nya lebih panjang tiap gigi. Krn dng power loss lbh kecil mereka bs meracik transmisi yg lbh berat di tiap2 giginya. Kl urusan tenaga gede/ngga tergantung mesinnya.

    Ada kelebihan tentu ada kelemahan
    Sistem penggerak depan atau akrab disapa FWD (Front Wheel Drive) tentu memiliki banyak link buat roda depan, hal ini menjadi lbh banyak parts dlm hal perawatan. Termasuk as roda, bushing2 suspensi dsb. Begitu jg suspensi belakang yg lbh kompleks krn menggunakan lengan ayun masing2 di tiap sisi yg biasanya lbh banyak link nya.

    Dalam hal tarik menarik beban, mobil dng FWD memang lbh besar kemungkinan ban depan spin drpd mobil berpenggerak RWD pd saat berada di tanjakan yg licin/curam. (dlm hal ini tanjakan aspal tidak termasuk licin kecuali terdapat pasir atau tanah atau kita melepas kopling terlalu cepat ya pasti bakalan spin tuh ban depan)

    Selanjutnya keausan ban,
    Mobil FWD biasanya ban depan lbh cepat habis dibanding ban blkng, krn dipake buat akselerasi, engine brake, tumpuan berbelok dana pengereman yg pastinya beban lbh besar pd bagian depan.
    Ban blkng pun biasanya lbh cepet aus bagian dalam, krn posisi ban yg cenderung chamber negative saat ada muatan, hal ini disebabkan sistem suspensi yg independen td, berbeda dng mobil bergardan belakang yg rodanya selalu sejajar kiri & kanan, pun saat suspensi ambles krn dimuati beban.
    Makanya mobil FWD harus lbh sering melakukan rotasi ban, supaya keausan ban lbh merata.

    Kesimpulan saya soal penggerak roda
    FWD : lbh nyaman, nafas mesin lbh panjang, keausan ban kurang merata, lebih enak buat jalan2 perkotaan yg sebagian besar mulus (walau jln gelombang & jln rusak jg lbh enak ayunanya, tp kl perbandingan jln bagus:rusak sdh 70:30 kyk lintas kota pulau sumatera ya mesti siapin dana buat penggantian komponen suspensi aja biar kenyamanan tetap terjaga), bs spin2 di traffic light. Hehehehheheee…

    RWD : lbh bandel, nafas mesin pendek2, suspensi lbh rigid, parts supensinya lbh murah & simple, keausan ban lbh merta, bs buat ngedrift… Hehehehheee….

    Saya rasa cukup sekian, keunggulan & kelemahan RWD berarti kebalikan dr FWD di atas (kurang lebihnya).

  92. Hmmm, di mana-mana ya begini ni. Sulit mencari objektifitas pada setiap komparasi. Kejanggalan pada bahasa serta sikap dalam berkomentar memang mencurigakan. Sikap dan bahasa mereka tak nampak seperti user, malah cenderung seperti sales yang “ugal-ugalan” kejar target. Kalau sales ya mana ada yang mau jujur soal minus dagangannya? Dan saya pikir setelah memperhatikan beberapa dinamika diskusi pada komparasi nampak tak sehat. Ingat sob, diskusi yang sehat adalah yang bicara substansial tentang esensi topik tanpa tendensi menjatuhkan lawan dengan hal-hal yang tak esensial.

  93. Dua bulan lalu saya beli Xenia, sejauh ini saya nyaman-nyaman saja, begitu juga kata sopir saya (saya tunanetra, jadi bawa mobil pakai sopir). Soal fitur safety, setahu saya Xenia terbaru gak begitu minim dalam hal fitur tersebut. Malah setahu saya Xenia semua type sudah dilengkapi airbag, sementara Ertiga hanya terdapat pada varian tertingginya saja. Diluar itu, keamanan dan kenyamanan berkendara ya user yang berperan aktif tentunya. Faktor human error masih jadi faktor utama penyebab kecelakaan di negeri ini.

  94. oy… sy ga begitu tahu tentang mobil tapi di daerahku mobil paling banyak tu suzuki dan mitsubishi ga tahu mereka pakai merk2 tu. katanya tuk suzuki terkenal dengan iritnya dan mudah perawatannya plus dijual kembali mudah. tuk mitsubishi rata2 mobil angkutan katanya tenaganya yang luar biasa. tuk Ertiga dah banyak tu keliaran.

  95. KALOK MAU MBUKTIIN KETANGGUHAN ERTIGA, HARUS DI TEST SELAMA MIN 1 THN DI DIVISI SITAK/LAPANGAN (DENGAN BANYAK “TANGAN”), BARU TAU KWALITASNYA MASBRO..,…
    XENIA-AVANZA TELAH MENEMANI KAMI DARI 2007 DAN NGGAK PERNAH ADA MASALAH SIGNIFIKAN…!!!

    • Kt akui klo av/xe mmg tangguh krn mereka sdh kluar lbh dlu, tp klo dari segi kenyamanan av/xe kalah jauh dg r3. Sy sdh pake r3 1th yll, msh sip & betul2 lbh mengerti kluarga…

  96. maaf newbie numpang nyeletuk panjang…

    kemarin beberapa hari yang lalu menjatuhkan pilihan kepada nonErti, padahal sebelumnya para sales papanza sibuk setiap hari datang ketoko saya nawarin si papanza….satu hal yang buat saya nggak tertarik lagi sama papanza walaupun saat itu pengin amat beli si veloz pangeran papanza…cerita gini…saya lupa di hari keberapa saat para sales papanza ke main ke toko saya…saya iseng bertanya kepada si sales, gimana dengan suzuki ertiga om???, nahhhh jawaban si sales ini yg membuat saya jatuh hati kepada non erti, si sales dengan panjang lebar menjelaskan kekurangan non erti…mulai bla..blaa..blaa…dan blaaaa…..gw diam seribu bahasa sambil pura2x berpikir betapa ngerinya si non erti ini…dan saya pikir si sales dah puas membuat saya yakin nggak akan berpaling ke lain besi (lain hati maksud saya)…..keesokan hari saya saat sore saya pulang bersama maitua lewat di depan dealer suzuki…iseng lagi saya ngajak maitua coba singgah sekedar bertanya soal ertiga di dealer tersebut…si nyonya mau aja, sambil nyeletuh “bosan juga pake ini mobil…”, ( sekedar info saat itu mobil gw masih papanza G 2008)…akhirnya kami berdua singgah…panjang lebar pula si sales suzuki menjelaskan non erti….namun ada 1 hal yang membuat saya jatuh cinta sama non erti ini selain dari segala kelebihannya yang ditawarkan yaitu ketika saya bertanya ke sales suzuki perihal perbedaan dan compare non erti GX dengan papanza veloz…wow tdk ada 1 katapun yg menjatuhkan atau menjelekan si papanza bahkan kalimat terakhir dari jawaban si sales mengatakan demikian….Semua Mobil sama ada kekurangan maupun kelebihan masing2x, namun kami dari pihak suzuki akan selalu memberikan / memperbaiki layanan jika ada yang kurang memuaskan…..

    akhirnya kami sekeluarga memutuskan mengambil non ertiGX sebgai pengganti papanza G 2008 kami …. saat menulis postingan ini, besok non erti GX kami sudah ada sesuai janji pihak dealer beberapa hari lalu, si sales menelpon istri saya jika Unit Ertiga GX warna Merah akan tiba besok dan langsung akan di antar ke rumah kami…….

    buat para sales disini…pelajaran buat kalian…jangan hanya karena memburu bonus penjualan segala cara dihalalkan seperti menjelekan kompetitor yang lain….

    namun saya berterima kasih buat si papanza G 2008 yg telah menemani saya dan keluarga selama ini yg sudah siap di jual…dan buat non Erti selamat datang dalam keluarga kecil saya ini….

    Malili – Luwu Timur – Sulawesi Selatan 2013

  97. Avanza dan Ertiga kedua duanya bagus, kalau tidak, tentu hanya akan booming sebentar setelah itu tenggelam penjualannya, seperti beberapa tipe dari merk lain, bisa dilihat dari traffic penjualan bulanan yang banyak dipublikasikan di media, karena bagaimanapun masyarakat sudah semakin pintar, meskipun banyak first user yang membeli mobil hanya karena termakan rayuan sales, karena ke-awam-annya bukan karena analisa mendalam. Masing masing mobil punya keunggulan dan kelemahan, tentunya menurut versi user yang membeli. Meskipun dibilang mobil A punya kelebihan hanya 1 berbanding 10 dengan mobil B, bila user merasa kelebihan yang hanya 1 itu paling penting dan yang 9 kekurangannya masih ditolerir, tentunya tetap merasa nyaman dengan mobil yang sudah dibeli. Saya termasuk orang yang tidak mudah membelanjakan uang, jadi meskipun hanya membeli sebuah sepatu misalnya, saya tidak akan melihat merk, tapi melihat fungsional, kualitas, fitur dan value for money yang paling terbaik, daripada saya membeli sepatu olahraga merk import terkenal seharga 600.000 yang awet 2 tahun, mending saya beli sepatu merk lokal seharga 150.000 yang setahun jebol, dengan harga 600.000 saya bisa pakai sepatu minimal selama 4 tahun kan? yang pasti lebih awet, krn memakainya bisa bergantian, dan punya 4 sepatu baru he he he,
    maaf oot, balik ke topik ….
    Saya juga seorang first buyer, sebelum membeli, saya membaca dan mendalami berita, portal, forum dan testimoni dari dunia maya setidaknya 3 bulan, karena saya tau, uang yang saya belanjakan tidaklah sedikit, kriteria saya yang utama AMAN dan NYAMAN buat keluarga, krn anak saya sudah 3. Mengenai resale value, itu pilihan terakhir, tidak ada yang bisa menjamin resale value kan? Barang yang dibeli sekarang belum tentu resale valuenya nanti sama dengan barang yang dibeli beberapa tahun sebelumnya. Kecuali ada yang bersedia tanda tangan perjanjian diatas materai akan membeli mobil saya 10 tahun lagi dengan harga yang sama dengan harga beli mobil saya sekarang. Lagian saya belinya kredit, bukan cash. Contoh gampangnya dalam bidang lain lihatlah merk nokia dan blackberry, sempat merajai dunia HP bertahun tahun, tanpa ada kompetitor berarti, tapi saat kompetitor lainnya mulai banyak mengeluarkan inovasi, keunggulan, dan fitur yang lebih mumpuni, sedangkan Nokia dan Blackberry tetap nyaman dengan model dan fitur yang itu itu saja apa yang terjadi sekarang saudara saudara? Anda sudah tau jawabannya.
    Tentunya dengan adanya kompetitor membuka mata konsumen dan pilihan yang lebih banyak, sehingga konsumen bisa mengkomparasi dan yang buat saya yang terpenting, jangan sampai menyesal dikemudian karena menjatuhkan pilihan yang salah, ingat uang yang anda belanjakan tidak sedikit.
    Saya kira anda sudah bisa menebak apa pilihan mobil saya.
    Be smart buyer guys

  98. Pada segmen low MPV, sistem penggerak yang tersedia saat ini adalah penggerak roda depan (FWD) dan penggerak roda belakang (RWD). Sistem ini tentu mempunyai kelebihan masing-masing.Kendaraan yang menggunakan sistem FWD biasanya jauh lebih ringan sehingga cenderung irit pemakaian bahan bakar. Namun di sisi lain, sistem ini mempunyai keterbatasan antara lain pada saat melakukan manuver seperti melewati tikungan atau parkir. Mobil FWD membutuhkan radius putar yang lebih luas sehingga kenyamanan kendaraan ini membutuhkan infrastrukur jalan yang lebih luas.Mobil yang menggunakan RWD jauh lebih berat sehingga pemakaian bahan bakar tidak terlalu irit. Namun mobil dengan sistem RWD ini mempunyai kemampuan manuver yang lebih lincah sehingga cocok untuk pemakaian ke luar kota maupun dalam kota. Dibandingkan dengan mobil FWD yang menggunakan pull system, mobil RWD yang menggunakan push system terasa lebih sesuai dengan infrastruktur jalan.Pada umumnya, mobil FWD mempunyai kelemahan pada sistem kaki-kakinya karena rentan, terutama yg bagian depan. Ini mungkin terkait dengan beban berat yang harus ditanggung yaitu sebagai penggerak dan sebagai pengarah (steer). Jadi beban kaki-kaki depan mobil FWD lebih ekstra dibandingkan mobil FWD yang yang menanggung beban pada kemudi.Dengan infrastruktur jalanan di Indonesia yang relatif belum seperti negara maju, mobil RWD terasa lebih memberikan kenyaman. Inilah yang mungkin bisa menjelaskan kenapa sebagian besar konsumen di Indonesia lebih menyukai mobil dengan penggerak roda belakang ini sehingga angka penjualannya selalu mendominasi.Sejalan dengan bobotnya yang lebih berat, rancang bangun mobil-mobil RWD lebih membutuhkan durability dibandingkan mobil FWD. Oleh karena itu, secara umum durability mobil RWD diakui oleh baik karena menjadi salah satu faktor pertimbangan utama dalam rancang bangunnya.Sementara itu, kendaraan FWD karena tidak membutuhkan as kopel dan garden sehingga bobot kendaraan bisa lebih ringan, sehingga tuntutan durability dalam rancang bangunnya tidak terlalu tinggi.Sebagian besar konsumen mobil MPV menjadikan ground clearance sebagai salah satu pertimbangan dalam memilih mobil. Konsumen cenderung memilih mobil dengan ground clearance yang lebih tinggi. Ini mungkin terkait dengan iklim Indonesia yang mempunyai curah hujan tinggi sehingga risiko menghadapi banjir atau genangan selama dalam perjalanan menjadi besar.Kecenderungan konsumen tersebut tampaknya juga berpengaruh pada disain rangka body kendaraan MPV di Indonesia. Rata-rata mobil MPV yang disukai konsumen adalah yang menggunakan sistem rangka semi monocoque yang masih menggunakan chassis. Bodi mobil dengan sistem ini lebih kuat dan ground clearance lebih tinggi.Selain itu, keberadaan chassis dalam rangka body semi monocoque juga membuat durability mobil semakin tinggi karena segala guncangan yang terjadi saat dalam perjalanan diredam dulu pada chassis. Ini juga membuat tingkat kebisingan di kabin mobil semi monocoque jauh lebih rendah dibandingkan mobil dengan rangka monocoque. Namun di sisi lain, harus diakui rangka body dengan sistem monocoque lebih memberikan kenyaman pada interior.

    • Teori penjelasan anda dalam hal ini bila dikaitkan dengan judul diatas (baca: realitasnya) agak bertolak belakang, antara lain:
      1. Ertiga lebih berat dari avanza/xenia >200kg (googling aja spek teknisnya) padahal ertiga tidak memakai gardan dan as kopel (yang otomatis menambah biaya pemeliharaan rutin) berarti setidaknya dapat diakui salah satu penyebabnya plat body ertiga lebih tebal daripada avanza/xenia, tapi kenapa Ertiga lebih irit? padahal bobotnya lebih berat. Padahal menurut penjelasan anda rwd sedikit lebih boros krn lebih berat.
      2. Ground clearance tinggi, saya agak sangsi dengan perbedaan 1,5 cm (avanza/xenia 200mm, ertiga 185 mm), otomatis yang lebih tinggi 1,5 cm (cuma 1/2 ruas jari kelingking saya) bisa memberikan perbedaan yang luar biasa dalam hal menerjang banjir, saya rasa kalau banjirnya selutut juga dua duanya pasti K.O., kecuali tandingannya truk tronton.Perlu diketahui juga bahwa ground clearance avanza/xenia 200mm itu diukur dari body, coba diukur dari gardan yang pasti lebih rendah dari body, yang pasti kalau lewat polisi tidur, mempunyai kemungkinan lebih mentok.
      3. Kebisingan kabin, anda cari tau sendiri dari google mana yang lebih bising, avanza/xenia atau ertiga. Cari dari sumber yang valid ya, jangan dari sales.
      4. Sudah diakui kalau Ertiga lebih nyaman, stabil dan aman dibandingkan avanza/xenia. Saya gak perlu menjelaskan panjang lebar, sekali lagi googling sendiri ya. So jadi pilihannya mau beli mobil buat keluarga atau beli mobil buat angkut barang?
      Saya cuma mencoba mengkaitkan teori penjelasan anda dengan realitas sesuai judul diatas ya, maaf kalau ada bahasa saya yang menyinggung.

  99. Ping-balik: Suzuki Ertiga Menang Dari Avanza dan Xenia Faktornya Apa Saja?? | SUZUKI RADIO DALAM (KJIU) 021 9100 5715

  100. suzuki, toyota itu merk mobil ya ,,,setahu saya yg namanya mobil itu ferrari, porsche,lamborghini, range rover..kl suzuki,toyota cm alat transportasi ga lebih !

  101. Ada yg bs bantu gan…ane punya R3 2012..ane sering baca n ikut forum diskusi suzuki..ane bingung..R3 agan2 irit banget..ane uda mulai dr awal beli smp skrng konsumsi bbm full to full unt dalkot 1:9 km/lt..unt lukot 1:13 km/ltr..uda ane tanyain ke mekanik suzuki mreka sll bilang emang R3 boros krn berpenggerak roda belakang..trus ade keluhan lain..as roda belakang HBim dan kaki dpn R3 ane sdh pernah diganti saat pemakaian br 1th..emang msh garansi..tp ntar kalo abis masa garansinya hrg Hbem tsb bs smpe 6-7 jt..b

  102. Ping-balik: Rental Alat Berat Garut - indosewa.org

  103. Ane beli mobil suzuki wagon R pada 2015 di PT. HandijayaBuanaTrada

    Di showroom, ane bertemu dengan salesnya yg bernama Jeffry Hartono

    Ane beli secara kredit leasing Suzuki Finance pembayaran 35 x 2.500.000.
    DP 62.145.000
    Cashback 8500.000
    Harga total kredit 3 thn = 149.645.000
    Asuransi Abda all risk selama 3 thn.

    Ane sudah tawar2 tapi sudah tidak bisa.
    Malahan ane dicurigai orang Indomobil yang mau membandingkan harga, salesnya kesal dan agak marah ke ane.
    Ane sudah minta ke salesnya leasing yang paling murah, tapi salesnya menyuruh pakai suzuki finance. Saat ane ketemu orang suzuki finance, ane cuma diberikan perincian DP dan cicilan per bulannya.

    Seminggu yg lalu tagihan dan suzuki finance datang ke rumah. Yang ane bingung, bagaimana mendapatkan nilai Total Hutang Pokok. Ane sudah coba menjumlahkan hutang pokok dengan yang lainnya, tapi tidak bisa mendapatkan nilai yang tertera di perincian tsb.

    Kemudian, ane pernah berpikiran melunasi seluruh cicilan kreditnya. Ane sebelumnya telepon ke suzuki finance, kalau senin ane mau datang. Ane minta jumlah total yg harus dibayarkan. Finance mengatakan ane harus bayar 72.500.200. Kemudian 30 juta ane transfer via bank dan 42.500.200 ane bawa secara cash.
    Hari senin ane persiapkan uang cashnya dan datang ke suzuki finance. Tetapi pada saat ane datang ke suzuki finance, jumlah Total Hutang Pokok ane berubah menjadi 81 juta. Sehingga uang ane kurang 9 juta lebih. Mereka menjelaskan sebab bisa ada kenaikan 9 juta, itupun sudah didiskon 8 juta lebih, seharusnya 17 juta. Sehingga ane tidak bisa pelunasan awal, karena uangnya kurang 9 jt lebih. Dan uang sebesar 30 juta yg ane transfer sudah dimasukkan ke dalam cicilan kredit untuk 13 bulan, jadi selama 12 bulan kemudian ane tidak perlu nyicil kredit lagi. Jadi cicilan kredit ane tinggal 23 kali lagi. Kalau ane hitung, kalau pelunasan dini harga total mobil tsb lebih murah 6 juta daripada kredit selama 3 thn. Tapi biaya total utk pelunasan dini tiap hari berbeda-beda dan semakin mahal.
    Ane cek kalau kredit di BCA Finance ternyata bunga kredit mobil cuma 4,8 persen, sedangkan di suzuki finance 9,08 persen.
    Suzuki finance lebih mahal lebih dari 6 juta daripada BCA Finance.

    Ane komplain ke salesnya, kalau saat awal pembelian ane minta leasing yg paling murah, tapi salesnya beralasan kalau pakai BCA Finance, dealer tidak mau karena tidak ada keuntungannya. Ane komplain ke salesnya soal hadiah Samsung galaxi, tapi salesnya beralasan tidak ada promo tsb utk wagon R. Bahkan hadiah cabutan yang ane dapat dari pembelian mobil sebesar 500.000, salesnya bilang seharusnya bukan untuk pembelian Wagon R. Ane juga komplain ternyata ada dealer lain yg bisa kasih cash back sampai 11 juta. Sales tersebut selalu berkelit, tidak ramah, cepat emosian.

  104. Mas yudha… Minta saran donk.mau nyari mobil second nih.rencananya sih mau dipake harian skalian nyambi buat antar jemput juga.
    Bingung milih nih antara xenia,ertiga atau evalia ya?

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s