Tentang iklan-iklan ini

Test Interior Nissan Evalia. Seberapa Roomykah dia Untuk Mengakomodasi Duet Bongsor Ini?

Kemarin penuliz sudah janji untuk menghadirkan report tentang Nissan Evalia, tapi kali ini penuliz hanya menyajikan Evalia dari segi interior. Untuk masalah eksterior dan siksaan siksaan lainnya bakal penuliz terangkan bila rental mobil langganan penuliz sudah membeli unitnya. Untuk kali ini penuliz ditemani kakak penuliz untuk menilai seberapa egronominya ruang yang ada di dalam Nissan Evalia ini. Berhubung kami personil dari “gerombolan siberat” maka pastinya tidak akan terhindarkan dari siksaan berat kami…. Wkwkwk….

jeng jeng jeng…. penantang avanza versi kedua telah tibaa!!!!

Begitu nemu Nissan Evalia, jujur kami seperti anak kecil melihat es krim magnum di supermarket. Langsung saja dihajar tanpa ba bi bu lagi, malah saking antusias sendiri, salesnya pun sampai nggak dateng. Sepertinya sales ini cuma bisa diajak ngomong kalau menyangkut soal harga, yo wes ben… malah bagus… biar agak leluasa dalam mengebiri makhluk yang satu ini. Oh iya… tipe yang kami coba adalah versi XV otomatis alias termahalnya.

Oke pertama masuk dulu ke kabin depan, disini terlihat sekali penyusunan dashboard dan desainnya yang dihadirkan sangat apik. Walaupun di trim ini hanya mendapati audio single DIN namun perlengkapan seperti tombol pengaturan AC, hazard, tatanan AC dan kontur dashboard dapat mengakomodasi kebutuhan. Tuas perseneling di dasbor serupa dengan Luxio diyakini lebih gampang dipergunakan karena dekat dengan setir. Cup holder di 2 sisi dan berdekatan dengan AC sehingga minuman tetap dingin. Penyimpanan juga dapat ditemukan dimana-mana sehingga lebih praktis. Oh iya kalo biasanya di luar negeri bagian pintunya hanya dilapisi triplek tipis seadanya (mungkin karena di luar negeri posisi Evalia setara Gran Max sih) tapi kalo disini sudah well build dengan bodi plastic dan berkontur sehingga hilang kesan gerobaknya. Soal pandangan dia 11-12 dengan kompetitornya Luxio dan APV, lingkupnya luas, apalagi ditambah spion super gambot sehingga melihat ke belakang cukup leluasa. Oh iya, trim ini juga dilengkapi airbag untuk pengemudi, MID, immobilizer dan parking camera. Kelengkapan terakhir ini adalah kartu as evalia dibanding kompetitornya yang masih menggunakan parking sensor, sebab kita bisa memantau secara langsung di belakang dengan kamera saat parkir. Salah satu fitur premium yang hanya bisa didapat lewat Alphard dan Caravelle. Tapi sebenarnya sih kalapun mobil sedulur pengen dipasang seperti ini, bisa juga beli di Aftermarket Variasi.

cockpit modern dan nyaman, apalagi dashboard ciri khas model nissan terpampang jelas disini. Manteb… Manteb…

di depan ga ada kendala dalam penempatan barang serta cup holder. Sip deh…

Mulai kami menjajah baris tengah… karena mesinnya benar2 ditaruh di depan… alias di moncong, alhasil bagian lantai baris dua ini cukup lapang, benar-benar rata. Model kursi masih mirip dengan NV200 di Inggris… ala kargo dengan konstruksi ala kadarnya… yah serupa dengan Gran Max mungkin namun sedikit lebih tebal. Bagian atap ada TVnya, untuk fitur ini hanya ada di tipe XV. Untuk keleluasaan kabin sebenarnya bagus2 saja namun sayang dicederai dengan jendela yang kecil. Negatifnya ruangan jadi berasa terkungkung tapi positifnya kalo mau ganti baju di dalam kan gak kelihatan orang di luar wkwkwk…. Trus di jendela ini model bukanya tekan jepitan terus geser, fitur ini sami mawon dengan gerobak penuliz, kijang kapsul dan mobil2 tahun ’90-’00. Oh iya model susunan tempat duduk Evalia ini rata sampai belakang… tidak model theater seperti Avanza, Freed dan lainnya. Terserah mo menilai itu positif atau negatif, bagi penuliz sih positif soalnya penumpang kedua dan ketiga gak akan terasa seperti duduk di bangku pertama, gak bakal gampang kagetan dengan lingkungan sekitarnya.

” Mas, ini mobil eropa bukan?” “Ya… ini mobil kargonya eropa pak wkwkwk…”

Di atep adanya TV, bukan double blower (DB)… Trus mana DBnya? waah tempatnya istimewa banget wkwkwk….

model jendela yang bisa ditemui di kijang kapsul dan model nineties lainnya. Jangan harap electric

lipat tempat duduk baris ketiga? cukup tarik saja tali ini. Tarikk mang!

Baris ketiga… disini mulai berasa seperti naik kargo… sedulur bakal terasa seperti “barang” yang ditaruh di belakang. Sempit bung! Kaki para gerombolan siberat ini terjepit dengan bangku baris kedua. Jelas untuk perjalanan jauh sangat tidak nyaman, bangku baris ketiga ini pun bisa diduduki 3 orang asal syaratnya tinggi badan kurang dari 170cm dan 2 dewasa dan 1 anak-anak di tengahnya. Bangku ketiga ini mungkin wajar bagi tipe people carrier macam Avanza dan Ertiga tapi kalau Evalia yang selevel dengan Luxio dan APV… wah minus banget! Kompetitor yang penuliz sebutkan tadi baris ketiganya sangat manusiawi loh. Padahal menilik dari bagasi sebenarnya bisa lapang kalo tempat duduknya digeser mundur sedikit. Fatal berikutnya adalah penempatan double blower AC yang tidak wajar, seharusnya ditaruh di atap tapi kenapa ditaruh di samping kanan di bawah jendela? Jelas bakal tidak merata dinginnya. Juga cup holder yang sayangnya tidak ada di bangku ketiga ini, hikz…

bangku baris ketuiga kalo begini aja sih kesannya lapang, tapiiii…..

adduududuudu… mak! ampoon gak tahan dengkulnya!

kelihatan kan dengkulnya ketahan bangku baris kedua. Mbok ya dimundurkan sedikit posisi bangku ketiganya….

penempatan double blower paling lucu zaman ini wkwkwk….

pelipatan bangku ketiga mirip mirip sama inopah…. simple but nice…

Soal bagasi yaah memang menjadi sedikit lebih besar daripada kompetitornya tapi rasanya itu gak penting karena mengorbankan bangku ketiga… untuk pelipatannya sendiri di bangku kedua cukup dengan menarik tali yang ada di sebelah headrest. Langsung terlipat rapi dan akses ke bangku ketiga sangat lega. Untuk pelipatan di bangku baris ketiga ini metodenya seperti Innova yang dilipat ke samping jendela. Yahh walau konstruksinya model mobil tahun ’90-’00 tapi karena dia penggerak roda depan maka di kabin belakang gak ada gardan yang menggangu, lantainya benar2 landai dan rata sehingga taruh barang lebih leluasa.

Evalia ditawarkan dengan 3 trim, trim S versi terendah hanya dilengkapi manual berharga Rp 145 juta. Untuk SV dilengkapi dengan manual Rp 162 juta dan matic berharga Rp 172 juta. Lalu tertinggi tipe XV dengan manual berharga Rp 175 juta, dan matik berharga Rp 185 juta.

Untuk saat ini pilihan penuliz untuk sedulur adalah trim SV manual agar larinya bisa lebih responsif. Untuk kelengkapannya sendiri bisa ditambah di variasi dengan menambahkan double blower betulan dan ganti jok captain seat.

Sekedar saran penuliz untuk Nissan sih untuk bangku baris kedua dan ketiga yaah setidaknya direvisi penempatan barisnya dan jok tempat duduknya agar ngga terkesan kargo. Apalagi AC di pojok kanan adalah… waah sesuatu banget deh… Semoga facelift berikutnya bisa diatasi. Overall ini mobil yang bagus bagi konsumen yang menginginkan akomodasi dan modifikasi tanpa ubah sana sini. Nahh jabaran sudah cukup luas tentang Evalia ini, setidaknya bisa menjadi bahan pertimbangan walaupun hanya sekedar informasi interior. Tunggu bahasan dari kami untuk pengujiannya di jalanan (walau mungkin agak lama).

pilihlah warna putih, paling berasa JDM ala “serena”nya

Salam gendjooooooooooooooosss, Sleman Sembada!

Tentang iklan-iklan ini

43 Tanggapan

  1. nice review mas bro :)

  2. kok gak dipoto per daunnya

    • kan ngomongin interior thok…. tapi yo bener per daun cuma 1 lembar. Piye carane iso nopang banyak orang yo? lembaran wesine diapakne? :neutral:

  3. itu tipe matic ya :D
    wah agak unik juga ini mobil
    modern tapi kacanya pake pintu geser :D
    tapi luas juga ya
    menurut bro Yuda harga segitu pantes, overprice, atau malah kemurahan.

  4. apakah bisa menjungkalkan duo kompetitornya……..???

  5. Jendela geser kuwi seng mburi po nggon pintu tengah?

  6. ada nissan juke gak ya? pingin liat masbro. :lol:

  7. nice report mas, lenngkap banget yang saya butuhin info dalemannya :lol:

    kebetulan family mau beralih dari sport city car ke real family car …dengan alasan akomodasi & bawa barang kulakan :lol: ya kandidatnya evalia ini, G livina, ER3 , dan….. ada rujukan lain? :)

    • freed / inopah aja

    • luxio!… citra setingkat inopah… lega (no doubt about it)… tenaga galak di putaran menengah ala daihatsu … aftersales rata… interior bisa bawa 2 motor plus sisa barang (kalo jok ke 2 dan ke 3 dibongkar)…

      apv!… caravelle wanna be… lega (no doubt about it)…. torsi melimpah… aftersales rata… interior lega walaupun kapasitas angkut gak seekstrim luxio

      kontestan lain ada chevrolet spin… tunggu tahun depan :D

  8. dalam hal kenyamanan penumpang, pasti lebih sip Luxio karna si Eva ini pake per daun + batang as rigid.. sedangkan Luxio pake batang torsi + per spiral (coil springs),..

  9. antik jg fiturnya yah…..

  10. Mas, aku udah booking nih mobil, cuma melihat ulasan mengenai jok baris kedua & ketiga kayanya mesti mikir ulang lagi nih, kalo jok-nya di-modif seperti ‘serena’ kira2 bisa ga yah ?

    • menurut ane sih ini calon mobil yg bagus buat dimodif, ganti aja captain seat dan double blower beneran. mungkin baris ketiga bisa diakali lebih mundur beberapa senti biar bisa nyaman. karena bagasinya sendiri sudah sangat lega jadi nggak masalah luasnya dikorting untuk baris ketiga.

      kalo mzbro maunya captain seat yang bisa dibolak-balik seperti serena sih bisa saja cuma mungkin masalah doku harus lebih tebal dari captain seat biasa karena yang bakal sulit pemasangannya ada di jalur rel untuk maju mundurnya…

      • wah…sesuai ulasan di atas jok tengah dan belakang kurang enak, rada keras, ribet mesti narik2, dan yg paling disayangkan jok baris ketiga ga bisa maju mundur…kalah jauh sama luxio, aku mundur deh :(

  11. sharing aja,,, test ride (Punya Bokap)
    mesin, torsi awal maknyus, narik.
    eh, masuk 30km ke 40km,, lemot gak bisa narik.
    teken dalem lagi lewat dari 40km, badan ketarik, terus ke sampai ke 100.km…… 100km keatas lemot lagi. :(

    lari kenceng nggak goyang goyang kekiri – kanan kayak APV.
    spring leaf nggak ada problem, malah enak.. :) gak mentul mentul, dibelokin tikungan panjang nurun 90km gak goyang. oversteer-understeer gak ada. (penuliz harus coba!! wuenak boz)

    gantian jadi penumpang belakang 3.
    punya bokap versi SV AT, AC single, duduk dibaris ketiga, ac level 2, masih maknyus kebelakang, kerasa banget semburannya. nggak perlu lah DB, ntar malah masuk angin.

    – baris ketiga setuju sama Penuliz, sempit banget.
    – pintu gesernya, keinget sama D-Espass. suaranya, kkrrr….gubrak!!
    – kaca sampingnya, gak bisa buka, apa ya maksudnya nissan?!
    – pengen keluar dari baris ke3 susahnya setengah mati, ngelipet kursi ke-2 berat banget, apalagi baru bangun tidur dari BDG-JKT, lemezz, kudu narik sekuat tenaga.

    well,, just sharing

  12. Belum pada nyoba sie… Ane baru dapet barangnya…. mas bro percaya gak percaya barangnya, mesinnya, nyamannya… mantab mas bro……
    modelnya mmg aneh, gak seperti yg biasa kita temui…. tapi mantap bro…
    Avanza siap dilego… sempit, kaca depan gak bisa bening…

    n maaf kliatannya evalia gak bisa dibandingin ma luxio n APV dech, kelasnya lain, dimensi, featurenya beda, lebih cocok satu kelas ama xenia, ma avanza, itu menurut pendapat ane sie….

    • Memang mantap neeh mobil, perlengkapannya, kenyamanan, mesin halus, keamanannya/safety, stabilitasnya, daya pengeremannya terkendali, beda dgn all new avanza saya yg nyosor terus kalo di rem…, belom lagi anti malingnya immobilizer (maling juga ogah), kalo sudah di test jalan … luar biasa nih Evalia… tinggal keawetannya saja… & purna jualnya..

    • lawannya xenia-avanza to, pantesan sempit :P

  13. keliatan kayak Serena mini

    *btw double blowernya Pajero om saya pun ada di samping kok hihihi :mrgreen:

  14. Sebulan ini Ane dah pake yg XV. Selama ini pake avanza dan ganti g livina. Dari Penilaian ane waktu mau beli real family car di level sama ada 3 : model, kapasitas kabin dan transmisi. HARUS memenuhi ke-3 poin ini baru ane pilih.
    Perbandingan dg avanza, g livina, apv ertiga, evalia dan luxio
    Dari sisi model ane pilih : avanza, g livina, evalia, ertiga
    Dari sisi kapasitas kabin ane pilih : luxio, evalia, apv
    Dari sisi transmisi A/T: evalia, g livina, avanza
    Yg memenuhi ketiganya cuman evalia.

    Setelah ane coba, fiturnya, nyamannya kelas mobil eropa gan.
    Setuju sama penulis….fitur kelas atas.
    Per daun malah bikin nyaman bodi jangkung yg monocoq ini. Ga ada body roll wkt belok.empuk pula.
    Ane ganti pake velg 15 ” ban Assurance Fuelmax Goodyear 185/65R15 nyaman msh dapet sesuai tujuan mobil keluarga

  15. dah pake jeng eva sebulan.profil;pengguna grandcivic,dah punya anak butuh mobil gedean n aman buat anak.
    pilihan pas beli avansa,ertiga,evalia.
    pertimbangan beli, keamanan,kenyamanan dan daya angkut, teknologi, budjet dibawah 200jt.
    tahap awal setelah liat,liat n nanya2 ..avansa langsung tersingkir..menurut saya menang imaj n harga jual kembali saja..(klo untuk yg beli mobil takut harga anjlok bisa dipertimbangkan), tinggal antara ertiga n evalia xv. klo soal bodi beda aliran deh..r3 cantik menawan..evalia cantik unik( belum biasa liat kawinan van n mpv)..interior menang jauh r3 dari kualitas interior, kalahnya di daya angkut..evalia joknya klo dah di tekuk jadi deh mobil box..pilihan ke evalia krn saya butuh yg lapang .urusan i nterior bisa di modif klo punya dana.saya suka bersepeda jadi 2 sepeda bisa langsung masuk eva.untuk teknologi beda2 tipis deh keduanya..jauh ma avansa..katanya eva dah doble Injector,doble Apa kek, abs,ba,dll sayang cuman airbag di sopir aja gak kaya r3 dah 2 didepan. yg jadi kunci pilih eva ya karna dah ada yg matic, capek bawa manual palagi jogja yg mulai macet, dan juga dah mulai tua gak perlu ngebut2. yg paling asik ya mid nya eva dah top markotop fiturnya..palagi yg xv.r3 mid nya menurut saya standart aja.urusan bensin..klo ngikut cara iritnya liatin mid nya..menurut saya yg sering pake avansa nya pak camat(kantor bapak saya) pake matik aja iritan evalia..Apa karena mobil baru n avansanya mobil dinas ya..hehehehe.dari dari berbah..masuk jalan solo mulai macet ke maliobiro tambah macet..ke toko progo..pulang lewat bonbin..di midnya 13,2 km/ ltr..kmrn malah pulang ke ortu ke mgl dapt 13 juga pas pulang soalnya magelangnya pucuk gunung sumbing, pas balik ke jogjanya dapet 15… menurut saya muantab deh ngiritnya.untuk matic..tp membeli mobil tergantung kebutuhan dan kecocokan..yg penting jangan membeli imej.. kecuali buat rental..imej perlu tuh.

  16. tambahan kekurangan evalia menurut saya:
    pintu geser butuh tenaga ekstra buat nutup, klo pas istri saya duduk dibrlakang pasti harus nutup bbrp kali,apalagi nutup dari dalam,saya saja yg badanya gede masih harus nutup beberapa kali. pintu belakang bagasi juga perlu otot.
    bodi belakang kurang elegan (subjektif)
    camera mundur midnya kecil jadi agak mintip2 ngliatnya pas mundur, kmrn pasang dobledin minta diparalel gak berani teknisinya..
    gak ada lampu di depan(adanya ditengah) gelap deh nyari barang malam2.
    kursi belakang harusnya memang dimundurin lagi biar lega, bagasinya kegedean makan yg row3.

  17. dashboard nya lega plus macho hi hi… reviewnya lumayan komplit bro.. lanjut…!!

  18. Makasihhhh pak , unt bahan pertimbangan lagi cari buat keluarga ni…

  19. Bongkar tengah dan belakang ganti pale sofa bentuk L. Bawah sofa bikin laci. Atau bikin spt
    Garapan brabus

  20. dari komentar diatas saya menyimpulkan untuk pilih evalia, tapi sempet kaget roda belakang pakai perplat….tapi handling buat mobil segede gaban sangat diperlukan…dan ada yg aneh lagi temen wanita dikantor jual livina beli evalia…wow

  21. gan, ane mo beli mobil. pilihan sesuai budget ada 2.
    Kalau gak avanza ya evalia. Enaknya pilih yg mana gan?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 704 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: