Honda Brio, City Car Dengan Spesifikasi Terkentjangg Special Untuk Indonesia. Harganya Juga Kentjangg!!!

Masih ingat loreca? Low Cost Green Car… berhubung peraturan LCGC belum ditetapkan jadi untuk mobil2 super[mini] seperti ini penuliz sebut loreca saja ya. Belum sepantasnya disebut LCGC heheh…..

So mari kita bahas mobil yang sekarang lagi booming-boomingnya di Indonesia dan di grup Koboys, Honda Brio!! Mobil ini adalah supermini baru keluaran Honda yang sempet menjadi pergunjingan orang-orang apakah mobil ini akan ditakdirkan menjadi loreca? Sayang seribu sayang ternyata PT.Honda Prospect Motor / HPM [APM Honda] nggak sudi memosisikan mobil ini sebagai mobil murah. Hmmm rada gengsian kah Honda untuk menyentuh sektor loreca? Padalah dibandingkan dengan harga Honda Brio di India, Honda Brio disini sekitar dua kali lipatnya.Mbuh lah apa maunya honda…. naah daripada pusing sama Honda Jazz dibonsai mini ini, mari kita lihat apa saja yang menjanjikan darinya…

sepisot auto bild yang memergokinya di sekitar jalanan pabrik karawang

Mari bicara tampang, dari semua sektor nampaknya menurut penuliz Brio memang ada sedikit desain Jazz yang modelnya agak seperti panah. Ya memang itulah bahasa desain Honda saat ini, bisa dilihat dari model Freed, Civic, Oddyssey dan CR-V sekalipun. Namun kalo kita melihat secara detail sebenarnya desainnya ada yang lucu. Bagian depan menghasilkan nuansa besar namun bila melirik sektor belakang justru terlihat kecil. Desain untuk bagian buntut, OMG! terlalu sederhana dan aneh bagi penuliz. So untuk bagian depan gapapa lah ya, justru keren2 aja seperti biasanya Honda [walau rada berbau Mazda juga] tapi kalo lihat sector samping atau belakang, tolong siapkan hati yang tabah saja dalam menghadapi cobaan. Padahal Peugeot 107 yang memakai desain kaca serupa justru terlihat lebih baik. Trus lirik-lirik bannya, ternyata berukuran 175/65 R14 dengan desain mengarah ke kakaknya Jazz, untuk ukuran city car ini sudah mantap lah.

hmmm, terlihat ada nuansa honda life campur honda jazz. model depan sporty dan berdesain ala honda-isme

Ngomong2 apa yang membuat desainnya menjadi salah kaprah di bagian belakang ? Menurut penuliz ada 3 bagian : Bagian kaca belakang yang menjorok ke bawah ini desainnya tertular dari model Peugeot 107 yang dijual sekarang atau kembarannya Toyota Aygo yang berada di Eropa. Lampu model Altezzanya mzbro Reyhan, bagus sih sayang desainnya kurang memikat. Terakhir ada sepatbor belakang super besar yang menonjol. Kesamaan dari 3 benda ini adalah ukurannya yang terlalu besar [komposisinya kurang diperhatikan, beda dengan depannya] dan guratan garis agak bertabrakan [satunya tajam satunya bulet]. Yaah semoga Honda menyediakan desainer body kit yang andal sehingga bisa mengatasi kekurangan tersebut di trim tertingginya.

belakangnya, alamak….. apa bedanya sama ceria??

Mari menilik bagian dalamnya… Bagian tengahnya sebenarnya tidak jauh berbeda dengan versi India, tapi ada penyesuaian di sector audio. Dilengkapi double DIN yang telah dilengkapi AUX IN, USB, Bluetooth read dan CD Player, sebenarnya ini revisi dari audio versi orinya yang integrated di India sana karena walaupun double DIN tapi justru nggak bisa setel CD Player heheh… Untuk desain walau tidak sebagus Sirion dan March namun kualitas pembuatan dashboard bisa diacungi jempol. Setir 3 spoke dengan tombol audio berprofil tebal dan nyaman digenggam, spidometer juga terlihat mudah dibaca [tapi jangan harap sefuturistik keluarga Honda biasanya seperti jazz, civic, dll.] Oh ya, sebagai salah satu green car yang nggak low cost, Brio juga dilengkapi model eco driving loh.

model kabin mirip dengan versi india hanya saja double din ori yg gak bisa setel CD dicabut dan diganti dengan OEM yang bisa setel CD.

Kursi depan dirancang seperti bucket seat, sehingga modelnya terlihat sporty. Saat duduk juga membekap dengan baik serta kenyamanannya cukup baik. Oke deh kita pindah ke kursi kedua, soal kenyamanan yah… rata-rata city car lainnya, ga begitu besar tapi cukup akomodatif. Tapi untungnya akses masuknya tergolong mudah jadi lebih enjoy masuk ke dalam dan keluar. Soal kompartemen barang, tersedia gloves cukup besar di dashboard, kiri kanan pintu tersedia tempat penyimpanan yang memadai beserta tempat minum ukuran botol seliter, di tengah ada 2 tempat minuman ditambah 1 tempat minuman di belakang. Lalu bagasinya hanya berkapasitas 175 liter, maksimal bisa memuat 2 tas atau 4 kantung belanjaan. Menurut gossip ada beberapa fitur yang katanya tidak ada pesaingnya di segmen city car. Yup, HPM memodali Brio dengan fitur-fitur unggulan . Paling fenomenal ada teknologi ABS-EBD, dual airbag, Drive By Wire, Honda’s G-Force Control alias G-CON dan immobilizer. Drive By Wire bisa dikatakan adalah teknologi yang pertama kali bagi sebuah city car.

model jok recaro-like, memancarkan nuansa sporty, sayang karena memakai warna cerah justru terkesan tipis

belakang bukan tempat orang kelebihan tinggi atau kelebihan berat badan, setidaknya aksesnya gampang.

bagasi? ga perlu dibuka dah kelihatan kan gedenya cuma segitu [lihat dimensi tasnya]. karena pintunya kaca jadi bukanya gampang dan ringan.

Tapi dari semua itu yang mengejutkan adalah spesifikasi mesinnya yang special pake telor khusus Indonesia. HPM memilih menggunakan mesin L13A berkapasitas 1300 cc 4 silinder bertenaga 100 hp @ 6000 rpm dan bertorsi 127 nm @ 4800 rpm. Wow wow wow mesin apakah ini? Ternyata boleh nyomot dari Honda Jazz versi 1300 cc di luar negeri [bukan versi i-DSI seperti dulu loh, teknologinya sudah i-VTEC]. Setelah dicangkokkan, voila! Jadilah city car terkentjaang di Indonesia. Bahkan tenaganya nyaris menyamai hot hatch city car di Eropa yang didesain lebih powerful dari city car biasanya dan umumnya bermain di angka 100 hp lebih. Padahal bobot bersihnya saja hanya 920 kg, dengan power to weight 108 hp / ton ini tentu penuliz memberi gelar “superlegerra” alias super ringan kepada Honda Brio. Terus bagaimana sensasinya di jalan raya? Woooww kentjaaang bener, begitu akseleratif dengan tipikal mesin rpm tinggi ala Honda tanpa menghancurkan keiritan bbm. Pengendaraannya pun begitu rigid ala gokart namun konsekuensinya suspensi cukup kaku mirip Daihatsu Sirion, alamat perut dikocok kalo ketemu jalan tidak rata. Setidaknya performanya dijamin membuat sedulur senyum 5 jari deh heheh….

mesin paling joss buat city car, langsung dinobatkan jadi hot hatch setara ford sportka dan renault twingo 1.4 turbo

lihat jarum rpmnya, menandakan bahwa karakternya high rpm seperti civic dan jazz.

Sekarang masalah harga, Honda Brio tersedia dalam empat varian S manual dengan harga Rp 149 juta, S otomatis (Rp 159 juta) serta E manual (Rp 160 juta) dan E otomatis (Rp 170 juta), semua harga sudah termasuk pajak untuk Jakarta. Dengan semua fitur ini HPM menargetkan penjualan 6000 unit dalam setahun, ini jelas langkah berani apalagi HPM berencana memperbesar pabriknya di Karawang demi Brio. Hum… sebenarnya dengan pemikiran biasa harga segitu sedulur juga bisa saja meminang Toyota Avanza atau Daihatsu Luxio yang lebih besar benefitnya daripada sekedar fitur. Pertanyaan lebih besar lagi adalah ketika kebijakan LCGC diluncurkan, bagaimanakah startegi sebenarnya HPM menghadapi LCGC? Karena HPM sendiri tidak akan menempatkan Brio sebagai loreca [padahal di India dan Thailand diposisikan sebagai loreca ckckck….].

konon thailand sedang siapkan brio versi sedan, tapi aduhhh mukanya bener-bener

Overall sebenarnya menurut penuliz, mobil ini cukup bertalenta menjadi mobil anak muda. Tampangnya yang mungil, eye catching, fun to drive dan mesinnya yang powerfull di segmen city car menjadikan Brio dinobatkan sebagai sleeperz car sejati. Cuma melihat beberapa sisi desain yang kurang bernuansa Honda-isme seperti bokong belakang yang aneh dan dashboard yang kurang futuristik, memang basis tidak bisa bohong kalau Brio hanyalah rebuild dari mobil LCGC alias loreca. Kapan HPM bisa belajar bahwa mahal itu adalah kualitas bukannya sekedar citra.

OOT dikit, Ngomong-ngomong apakah sedulur sudah mempersiapkan mudik dengan aman dan nyaman? penuliz doakan selamat sampai di rumah dan hati-hati dalam perjalanan [khususnya hati-hati sama om kumis, jangan sampai kena jebakan batmannya kayak mas Ali xixixi…]. Oh ya untuk mudik kali ini pun penuliz tetap menyajikan session Impression driving, tunggu saja artikelnya.

saat mudik hati-hati di jalan dan hati-hati juga sama yang satu ini hehehe….

Nyetir sehat pasti pintar! salam gendjoooooooooooossss!!!

picture source from : team-BHP.com, autobildindonesia.com

About these ads

30 Tanggapan

  1. wkwkkwkw, 8 rb rpm, kayak motor aje, ngeriii
    katanya mobil murah, ternyata?? hayaha :(

  2. Klow saya lebiih suka modelnya Honda Jazz.
    Sporty abiz …
    Sayangnya blom bisa beli, jadi rider motor dulu aja hehehe …

    http://nofgipiston.wordpress.com/2012/08/11/aneka-gambar-modif-cbr-250-biar-gak-kalah-dari-sang-rival/

    • gapapa mzbro, harga mobil n motor makin sama. jadi lama2 juga bisa beli, apalagi yang second mungkin bisa sama dengan harga teralis [?] :D

  3. apik jazz rs

  4. Belakangnya mirip wonder setrikaan :D

    • jelmaannya mzbro…. mungkin karena honda udah nggak punya mobil ringan lagi setelah wonder diganti. :P

  5. Ohhh

  6. operpret,, aturan ini jadi mobil murah,, 80-100jt lah,,

  7. ih wow,,,, :D

  8. Ciri khas honda, overprice :-D
    Kalo di murahin ntar ada fitur ngoroknya kek Vario 125 :-D

  9. wah gila euy mobil murah meriah, 1300cc tenaganya 100hp. Top Speednya menurut kak Yudha kira2 berapa ya?

    https://redbike92.wordpress.com/2012/08/15/supra-x-125-konsumsi-bbm-si-stefanie/

    • mungkin 160 kpj… daihatsu zebra 1300cc saja bisa sampai di angka segini…. kelihatannya bakal lebih joss di akselerasinya… :D

  10. wiii, fantadnya semacam civic short (atau apalah itu namanya :lol: )
    menurutku malah unik oom, fantadnya seksi :razz:

  11. sayang harganya tidak sebanding kualitasnya, mobil 70jt jadi 170jt hanya ada di indonesia, lebih mahal hanya untuk pencitraan, sama dengan pemimpin bangsa ini, danb kebanyakan masyarakat di sini, maka ga mungkin bisa maju bangsa ini

  12. seenaknya kasih harga?

  13. Sampe kapanpun Honda Indonesia kagak mau bikin LCGC, gengsi cuy.

  14. masalah harga yang dua kali di india ini menyangkut pajak bea masuk yg besar di indonesia
    lihat saja ducati monster yag di india “cuma” rp120jt setelah masuk indonesia jadi rp225jt otr jakarta..apalagi di eropa konon gak nyampe us$10000
    bagaimana menurut rokomas yuda dan poro sedulur?

  15. My programmer is trying to persuade me to move to .net from PHP.
    I have always disliked the idea because of the costs. But he’s tryiong
    none the less. I’ve been using WordPress on several
    websites for about a year and am anxious about switching to another platform.
    I have heard very good things about blogengine.net. Is there a way I can import all my wordpress content into it?
    Any kind of help would be greatly appreciated!

  16. Excellent way of describing, and pleasant article
    to take facts on the topic of my presentation topic, which i
    am going to deliver in academy.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 390 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: