Tentang iklan-iklan ini

Komparasi Harga Chevrolet Spin vs Suzuki Ertiga vs Toyota Avanza vs Daihatsu Xenia, Overprice atau Worth It?

Pagi sedulur… minggu pagi gini emang enakan bikin teh anget, buka jendela, menikmati udara segar sambil browsing-browsing internet.

Nah topik apa yang dibahas, kali ini kita bakal bahas lagi Chevy Spin. Mobil amrik berharga murah dengan image Zafira ini memang bikin kesengsem, apalagi setelah ada pemberitaan bakal ada versi TURBO diesel common railnya. Jelas makin ngiler dengan torsi 190 nm yang setara panther itu. Berapa harga yang ditawarkan, cekidot….

harga spin 2013

sekalian saja penuliz sertakan harga kompetitor yang seapdet-apdetnya. Ada Toyota Avanza, Daihatsu Xenia dan Suzuki Ertiga. Bener gak sih rondo kinyiz Spin ini bakal overpreeett seperti isu-isu yang diberitakan? Inilah update harga Avanza, Xenia dan Ertiga per bulan Januari 2013.

harga avanza 2013 harga xenia 2013 harga ertiga 2013

tenyata melirik dari segi harga, Spin nggak operpresss bung…. coba dikomparasikan. Versi murahnya bensin [1.2 LT] berada di angka 139,7 juta rupiah, sedangkan versi mahalnya [1.5 LTZ matic] berada di angka 178.7 juta rupiah. Dibandingkan dengan Avanza versi E berharga 145 juta dan Avanza Veloz berharga 182 juta harganya terhitung aman. Dibandingkan dengan Suzuki Ertiga yg dimulai dari GA berharga 146 juta dan GX DB berharga 172 juta juga masih wajar karena suzuki cuma menawarkan 1 mesin dan manual semua. Justru berasa value saat posisinya dikomparasikan dengan Xenia, mungkin untuk segmen 150 jutaan kebawah Xenia masih menang, tapi bila diperhatikan dengan seksama versi line upnya Xenia Attivo berharga 185,8 juta padahal masih 1300cc. bandingkan dengan Spin yang lebih murah 7,1 juta tapi sudah main 1500cc dan veloz berkapasitas 1500cc yang berharga 182,9 juta.

Untuk versi dieselnya justru dipatok harga mahal, untuk LT berkisar 179,7juta dan LTZ berharga 189,7juta. Hmm hal ini wajar mengingat innova versi diesel juga dibanderol lebih mahal dibanding versi bensin. Namun mengingat torsi yang dicapai setara dengan panther yang harganya sudah mencapai 200 juta keatas jelas harga yang menggiurkan, walaupun soal ketangguhan kaki-kaki ngga bisa dibandingkan dengan “mobil pinter” tersebut.

Overall dengan harga segini menurut penuliz, GM sudah berani blak-blakan rupanya. Harga berani diadu dengan kompetitor, hebatnya lagi GM lebih menekankan diferensiasi semua line up spin di sektor mesin bukan dari kelengkapan seperti line up xenia dan avanza. Ini cukup penting mengingat diferensiasi mesin menurut penuliz tidak membawa dampak pengaruh positif negatif yang lebih besar dibanding diferensiasi fitur. Masa mau ngeluh soal tenaga sama mobil keluarga? mau ngebut dimana seeehh? Menjadi bermasalah kalau diferensiasinya di fitur, misalnya beli mobil yang trimnya ac cuma single blower. jelas bikin kepanasan penumpang belakang kalo full loaded, terus berasa kesiksa dan mulai berpikir pengen pasang dobel blower variasi aja. Tentu pemasangannya membutuhkan kapasitas otak yang besar dan tenaga yang banyak bukan?

Masalah yang masih dipertanyakan perihal Spin adalah soal spareparts dan jaringan 3S, menurut penuliz hal ini bisa dilakukan Chevy sambil jalan seperti Nissan saat ini. Lagipula jaringan 3Snya Chevy sudah mumpuni kok, berbagai kota sudah mulai kelihatan jaringan2 3S-nya Chevy. Seperti di kota penuliz, Jogja, jaringan 3S-nya Chevy sudah ready dari dulu di Jalan Magelang-Jogja. Yang jelas demi memperkuat posisi Spin, Chevy tinggal bekerja keras perihal sparepart agar bisa murah dan mudah didapat.

Sayang untuk saat ini versi matic spin hanya di versi LTZ 1.5 saja, mungkin takut operpressss kalo diesel dijadikan matic :D

537724_512079458823254_2070923141_n

TROLLING ALL THE THINGS ABOUT AUTOMOTIVE

Sekian dulu lur, people carrier bakal lebih ganas di tahun ini :D

Nyetir sehat pasti pintar, salam gendjooooooooooosssssssss!!!!!!!!!!!!!!

Tentang iklan-iklan ini

73 Tanggapan

  1. Salam kenal mas bro…. Chevy Spin dah launching dan udah kebuka harganya… semalam ane liat di Gandaria City, harga termurah tipe LS 1.2 MT cuman 139,7jt, termahal bensin tipe LTZ 1.5 AT 178,7jt, lalu yang diesel 1,3 tipe LT 179,7jt dan LTZ 189,7jt sayang yg diesel gakda matic nya……
    Menurut ane sich harganya worthed banget, kalo liat build in quality nya…. kokoh beud namun tetep mewah + fitur safetynya…
    Pagi ini rencana mo TD di Chevy Serpong…..
    Yang jadi ganjalan buat ane cuman FC bbm nya aje… belum ada yg review dan pihak dealernya jg jawabannya masing ngambang…..
    Inceran ane, LTZ 1.5 AT (6 speed tiptronic)

  2. Belum tahu kualitas bajanya, galvanisnya.. jadi belum bisa menilai.

    • kalo dibawah 200 juta sih menurut ane sami mawon.
      kelas innova, freed, serena, orlando mulai terlihat perbedaan kualitasnya :D

  3. dari berbagai gambar yg udah di post di forum kayaknya er3 lebih value deh gan..printilan2 kecil yg ada di er3 ga ada di spin,spt mode AC yg bisa arah semburannya di atur,tombol steering switch,airbag hanya driver only..tapi desain cakepan spin dari er3,IMHO..kalau veloz??no thanks..wkwkwk

    • sayangnya belum bisa test drive spin sih, perlu dibuktikan. untuk saat ini r3 still better people carrier than mobil sejuta umat :lol:

      • sepertinya r3 juga bakal lebih unggul harga jual kembalinya, kalo spin karena chevy mobil amerika sepertinya harganya gak sebagus ertiga apalagi versi bensinnya

  4. Kebetulan saya sedang cari mbl, buat gantiin xen** 09. Kemarin sdh survey sp*n & er3, sp*n menang di feature & design body, tapi utk kenyamanan msh menang er3. Kalo sp*n jok keras & tegak, kasihan boyoke nyonya kalo jalan jauh, dan konsumsi bensin blm terbukti. Yaa akhirnya milih er3. Ini pendpt pribadi lho ya. (Kalo saya msh bujangan, mungkin ambil sp*n :) )

  5. fiturnya apa aja gan…katanya udah dobel air bag ya..

  6. Airbagnya masih 1, driver doank, rem ABS+EBD, LTZ 1,5 AT matic nya 6 speed tiptronic, bodynya lebih tebel drpd mobil sejuta umat, opomaneh yo….
    tadi pagi sempet TD walopun cuma sekitaran dealer…. kabinnya senyap beud… kalo kaca tertutup semua, nutup pintu terakhir agak susah… membal karena saking kedapnya tuh kabin…. hehehehe….
    Oh ya, ban serepnya ada kompartment didalam bro… dibawah jok belakang…. jadi gak diluar n gak kotor…. iya harap” cemas di FC bbm nya ajeh….

  7. ertiga abis upgrade ac tambah naik n naik ya :mrgreen:

    • desaiinnya lebih maco dan banyak pilihan mesin..tetapi kursinya itu loh..ga bisa direbahkan dan dimaju-mundirin (baris kedua)..overall R3 masih di atas spin lah..kalau buat keluarga dan tidak sering bawa barang banyak, ya R3..kalau sering bawa barang banyak ya spin..kalau duo kembar…no way.

  8. Jaringan diperluas harga parts ditekan… juosss :)

  9. FWD yah kayak livina???? ato RWD????

  10. ok brow!! mantab2

  11. wuih diesel spin 1300cc? penasaran saya..

  12. hore.. makin banyak keluarga yang bahagia.

  13. ini mobil mantabs mas Bro. Untuk FC-nya berani diadu, karena infonya Rolling Resistance ban ECO dari GT untuk Spin buaguss BGT.

  14. Interiornya bagusan spin ya dari pada r3 atau duo kalengan… cluster odometer sudah digital (kayak vios gen1) dan sudah ada pengaturan tombol audio di stir, + triple blower… nyeesss…… wah jajal ah… cuma chevrolet itu biasanya fuel cosumptionnya lebih boros dari mobil2 jepun… saya liat di web ini: http://www.toyotaagya-daihatsuayla.com/2013/02/harga-chevrolet-spin-spesifikasi.html

  15. test drive surabaya/gresik kapan yaa

  16. tadi dah liat spin, sayang bangku tengah nya ga bisa digeser dan ga bisa rebah kebelakang, ga kayak er3, tapi bangku belakang (baris ke 3) lumayan lega buat saya yg tinggi badan >170cm…. :)

  17. Suzuki Mobil wilayah MEDAN-SUMUT hub : FERDY(Sales Senior) 085270847017 SUZUKI ARISTA , NB: Pelayanan Terbaik Hanya Untuk Anda…

  18. waduh…. mulai pusing nih gan… rencana sih kami mau beli mobil gan..
    sp*n dari harga memang agak menang tipis dibanding kan r3 dan fitur interior dan exterior lumayan lah… namun kayaknya yang versi terendahnya 1.2 LS/LT gak ada airbagnya ya gan??? remnya apa sudah ABS/EBD???? waduuuhhhh….
    pdhl dulu ngebet pengen beli *gya, pas setelah luncur nih mobil jadi nimbang2 lagi gan…

  19. Mobil VVT pertama di Indonesia itu dari SUZUKI (Aerio), mobil SUV pertama kali juga di Indonesia dari SUZUKI (Vitara), City Car pertama juga dari SUZUKI (Karimun), Angkutan Umum yang merajai di berbagai daerah Indonesia juga dari SUZUKI (Carry), salah satu bengkel mobil yang gampang dicari juga SUZUKI, sparepart yang ga perlu INDENT berbulan-bulan plus harga terjangkau ya SUZUKI…
    so..SUZUKI…YARUKI…

    • woh iya toh gan? trus VVTi VTEC dan VANOS itu apa gan? trus jeep itu jenis sedan atau limosin gan? :mrgreen:

    • Betul soal parts suzuki memang murah dan melimpah kw-nya
      r3 eksterior ok dibanding spin belakangnya gak sulit dimaafkan
      semoga ertiga masukin versi diesel yang uda ada di india, katanya lebih jago nanjak dibanding innova d4d

      • well pendapat orang beda2 sih… menurut ane spin lebih bagus karena menonjolkan aura flagship mobil2 amerika
        kalo diesel agak sulit kayaknya gan…. soalnya mesinnya sama dengan spin diesel :mrgreen:

  20. Pengalaman sy saja, sy sdh td r3. Interior mewah ya, kedap nya mantab, bodi ga kaleng. Trus sy dpt brosur spin, apalagi ada diselnya. Sy ajak keluarga ke chevy serpong tuk liat lebih detil. At nya cakep ada triptonic 6 speed. Bodi tebel, tapi begitu anak sy 12 th dudukd bangku tengah, langsung protes.. bangkunya tegak banget. Sy rasa mengenai onderdil spin bakalan byk, krn chevybangun pabrik di sekitar bekasi utk prosuksi spin. So krn anak sgt tdk setuju krn mereka ygbakalan duduk di bangku tengah, sy dp r3 db matic. Ini hanya pengalaman sy sj bro. Tks.

  21. Jadi pusing nih … saya sudah ancang-ancang mau bayar DP buat Spin, tapi setelah beberapa komentar di atas … saya mulai mantap dan beralih ke R3.

  22. Sayang di sayang, SDM dealer & service center Suzuki paraaah :(

  23. spesifikasi, dan harga sudah banyak yang berpendapat, tapi…. belum ada nih yang bahas tentang after sales service ; ketersediaan dan harga spare part, serta pelayanan (customer satisfaction) dari para SDM dealer / service center seperti disebut adw di komentarnya. konon disebut suzuki termasuk yang parah. ayoo berikan perbandingan brand yang lain bagaimana ?

  24. May I simply just say what a relief to find someone that genuinely
    knows what they are discussing on the internet. You actually realize how to bring an
    issue to light and make it important. A lot more people must check this out and understand this side of your
    story. I was surprised that you are not more popular since you
    most certainly possess the gift.

  25. Saya jg sdg berunding tegang ama kluarga mau ganti dari x*nia..

    wah setegak apa ya Bangku tengahnya Spin? saya juga bingung Pilih R3 ama spin..oya satu lagi GrandLivina..any comment utk yg Livina?

    Sales Sparepart Service Spin Mah pasti kedepannya OK spt Nissan.. Masa bangun pabrik ga bangun 3S nya.. sama aja ngrusak nama sendiri. Pastinya 1-2th ini akan ramai..

    trus ada yg tau gosip taun kedepan 1500cc keatas harus pakai pertamax jadi djalankan, wah klo bener rada repot ya

    thanks pmbahansan mas yudakusuma!
    Bravo!!

  26. Saya Pilih R3 … Bodi Lebih kokoh, irit bensin dan harga kompetitif

  27. saya bingung pilih spin ato ertiga??saking lamanya mikir duid untuk dp mobil habis di mainkan judi bola,nasib,nyesel mikir lama2..

  28. tadinya saya serius mau ambil spin neh, tp setelah tau n
    kalo bangku tengah terlalu tegak jadi mikir2 lagi deh

  29. Saya dapet bocoran dari orang mekanik Spin bahwa sebenarnya sandaran jok tengah Spin bisa sedikit di stel agak kebelakang sekitar 6 derajat. coba aja……

    • betul itu sandaran jok baris 2 n 3 msh bisa direbahkan dikit lg shg pas posisinya n buat jalan jauh engga cepet pegelnya..

  30. untuk konsumsi BBM (bensinnya) untuk 1,2 LS MT adalah 1 : 13,9, tentu karena mesinnya pun Dual VVT-I, efeknya lebih efisien pembakaran bahan bakarnya (irit)., penasaran….?, coba aja deh

  31. tampilan luar apek dewe cen spin. #eh :lol:

  32. bangku yang tegak itu sepertinya sudah standard semua mobil amerika karena mobil ford pun juga sama. tujuannya untuk keamanan tulang belakang pada saat terjadi tabrakan.

  33. central lock yang berada di depan pun sama, tujuannya agar supaya pada saat terjadi kecelakaan penumpang yang berada di belakang dapat keluar dengan cepat dari mobil karena tombol tersebut mudah diraih. bayangkan kalo si pengemudi pingsan pada saat tabrakan, penumpang belakang pasti usaha banget buka central lock dari sisi pengemudi.

  34. satu lagee neh yg kelupaan rupanya spin belum mengaplikasi electric pwr steering (msh hidrolis), tentunya ini juga berpengaruh ke tenaga dan konsumsi bahan bakar,, dmn semua rival – rivalnya sudah mengaplikasi eps,..#cmiiw

    • ada yg blm dibahas, di type LTZ kemudi sudah bisa telt steering, kursi pengemudi bisa naik turun, ada colokan usb dibaris ke 2 bisa untuk ngecast hp

  35. mohon saran nya gan – avanza/xenia/ertiga/chevy spin , kalau yang pake bongsor2 badannya + budget < 200jt wkwkwk rencana mau ambil tranmisi matic..

    • saran saya saat ini ertiga… sebab kursi keduanya sudah bisa maju mundur… sebab spin baris kedua belum bisa maju mundur.

      Avxen punya kekurangan di performa dibanding kedua kompetitor yg sudah saya singgung tadi.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 781 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: