Tentang iklan-iklan ini

Greget suzuki tidak berakhir hanya di loreca, Suzuki Swift Sport pure tuning Rp.300 juta, wew!?

Baru kali ini ada produsen yang berani lempar hot hatch di indonesia, The little pocket rocket

memang kemarin sempat ada kontroversial mengenai kehadiran Suzuki Concept G-II aka Suzuki Wagon R di PRJ yang tiba-tiba saja diganti oleh Suzuki Swift Sport. Namun menurut ane ngga masalah sebab loreca suzuki memang masih ada progressnya kok. So ane pengen melirik Suzuki Swift Sport ini, sebab jarang penuliz menjumpai apm indonesia yang berani mengeluarkan hot hatch. Pun mengeluarkannya biasanya hot hatch yang sudah premium macam Mini Cooper S, VW Golf GTi, BMW M135i dan sebagaimana macamnya.

2012-Suzuki-Swift-Sport-08

rada lebih gahar walaupun tampilannya masih kayak gt-series lawas

Melihat Swift Sport ini lantas seperti tidak ada bedanya dengan Swift GT-series. Namun Swift Sport adalah mobil yang tidak sekedar bodykit doang, dia juga dijual di eropa yang notabene pecinta hatchback buanteer….. So dengan harga 300 juta apa yang membedakannya dengan swift biasa?

MESIN

2012-Suzuki-Swift-Sport-engine

mesin mengalami pembengkakan dengan kapasitas 1600cc dan tenaga 138hp

mesin jelas tidak biasa, dan beda dengan yang 1400cc Swift standar maupun 1500cc Swift GT-series lawas. Swift Sport sebagai pengganti Swift GT-series dipersenjatai mesin M16A berkapasitas1600cc DOHC VVT 16 valve bertenaga 136 hp dengan torsi 160 nm. Dalam hal ini Suzuki lebih percaya bahwa mesin naturally aspirated sudah cukup untuk membuatnya menjadi hot hacth, tinggal pikirkan chassis dan suspensi saja biar lebih fun, Peningkatan M16A jelas terlihat bedanya dari M15A 1500cc yang cuma menelurkan 100 hp saja, apalagi dengan versi standar 1400cc yang menelurkan 95hp. Oh ya mesin ini dipadu dengan bobotnya yang berkisar 1045 kg membuat 0-100kpj dapat diraih dengan 8,7 detik.

BODYKIT

Suzuki-Swift-Sport

grille super besar melahap udara banyak dengan mata HID projector yg bengis

Swift-Sport003

styling belakang agak polos dibanding versi 3 pintu

Bodykit doi memang mirip mirip dengan GT-series, namun ornamen hitam membuatnya terlihat lebih gahar. Apalagi di sektor lambu sudah diberi HID projector. jadi lebih kentara bedanya. Warna kuning yang dipakai juga menjadi identitas Swift Sport. Bagian kaki kaki juga diberi sentuhan yang berbeda dengan pemakaian velg R16 alloy.

INTERIOR

ƒvƒŠƒ“ƒg

model serba hitam dengan dipenuhi berbagai fitur sporty seperti paddle shifter

ƒvƒŠƒ“ƒg

jok model bucket seat [maunya] dengan jahitan serba merah dan kontur carbon

Menilik dari segi interior, mobil yang didatangkan langsung dari jepang ini mempunyai fitur-fitur yang lengkap seperti ABS dan EBD, airbag dobel, dobel din integrated, soket USB, AC otomatis, dan tombol start-stop. Untuk mempermanis nuansa racing ada paddle shifter di balik setir untuk matik CVT, bucket seat dengan jahitan nuansa merah dimana-mana, dan pedal stainless steel. Eksklusifitas jelas terpancar dari dalam.

FUN TO DRIVE

2012-Suzuki-Swift-Sport-02

fun to drive? wo iya…. emang swift selalu gitu kok masbro

Nah ini faktor terpenting dari hot hatch, percuma hot hatch tapi ngga bisa bikin yang nyetir sumringah. Untuk yang satu ini ane kutip aja reviewnya autocar.co.uk. Untuk suspensi mereka katakan cukup firm, settingan sport lah. Chassisnya pun terbilang rigid untuk melahap setiap corner track yang ada. Gripnya juga dapet. Sayang deru mesinnya terlalu polos untuk sebuah hot hatch. Boro-boro suara yang sporty stereo, yang ada cuma dengungan :lol:

Overall untuk harga 300 jutaan memang bisa dikatakan sebagai hot hatch termurah. Namun apa iya orang-orang indonesia pada melek bahwa dia ini hot hatch? Mungkin dianggap hanya Swift operpresss [red:overprice] saja sebab tenaganya dengan Honda Jazz hanya selisih 18 hp, nggak 3 pintu juga, model mirip GT-series juga dan nambah 50 juta udah dapet ford focus 2.0 sport dengan tenaga 170 hp. Soo…..bagi yang menginginkan eksklusifitas, fun to drive dan mini cooper wanna be. bisa lihat mobil ini,

nyetir sehat pasti pintar………. salam gendjoossssssssssssss…….!!!

Tentang iklan-iklan ini

24 Tanggapan

  1. wow

  2. gan boleh minta buatin artikel ngakk??,tolong buatin artikel tentang mitsubishi pajero limited edition ane mau tau apa aja kelebihan yang di miliki pajero ini,ane mau cari penganti fortuner ane yang dah lama.tolong ya gan.

  3. ini kayaknya bakalan rame nih…

  4. wuedyan..mengingatkan pada swift GT2 yg keren itu..kalo yg new swift biasa yg sekarang kok rada wagu buritannya.. :roll:
    ngomong-ngomong, M16A bisa dipasang di mountingnya G16B nggak ya? :lol:

  5. Tampilannya masih mainstream…tapi beda di mesin… siep :D

  6. muahal, mending beli gallant atau lancer,, :D

    eh hot hatch apaan masbro?

    • hatchback itu kan mobil tanpa buntut yg seperti swift, fiesta, yaris dsb. nah mereka juga buat versi flagshipnya yaitu hatchback yang dimodif racing meliputi mesin, sasis, suspensi, kabin semua total beda dengan versi standar [walau mukanya sama]. bagi orang eropa dinamakan hot hatch, karena varian flagship hatchback selalu disetting hardcore. :D

      https://en.wikipedia.org/wiki/Hot_hatch

      tapi setuju mending beli lancer :mrgreen:

      • oh, klo hatchback sih udah tau, klo yg hot hatch baru denger, berati cuma di eopa yang nyebut hot hatch y gan?, :mrgreen:

  7. kemarin ane test drive suzuki swif,memang fun to drive

  8. waw, murah juga ya ( jual perempatan (

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 760 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: