About these ads

Baru vs Second! Suzuki Karimun Wagon R vs Suzuki Karimun Mk1, Mirip tapi beda.

Seperti Silat, sebelum menantang merk tetangga, coba kalahkan dulu guru sendiri

Suzuki Karimun Wagon R alias Kargoner selain karena ia adalah LCGC andalan suzuki dan pesaing agya-ayla, sebenarnya yang membuat kita antusias terhadapnya adalah bentuknya yang membangkitkan kenangan. Ya, Suzuki karimun kotak alias karko, sebuah city car yang bahkan sampai sekarang belum ada city car lain yang menyamai keidentikannya…. spacious, simpel, gesit dan mesin bandel. Kargoner baru mencoba peruntungannya dengan memanfaatkan image karko ini, namun apakah dia sudah bisa menyamai keidentikannya? mari kita lihat.

kk01

Dari segi style sebenarnya kargoner dan karko punya kesamaan, apalagi selain bentuknya yang mengotak. Namun dari segi proporsional sebenarnya karko lebih baik dibanding kargoner. Kargoner lebih berhidung besar dibanding karko sehingga dalam posisi tertentu agak terlihat wagu [aneh]. Lalu dari segi dimensi, si karko jauh lebih lebar dibanding kargoner… sebab kargoner masih satu basis dengan karimun estilo. Bahasan soal dimensi kargoner ada di link bawah ini.

Impresi tentang kabinnya suzuki karimun wagon r pas coba di IIMS 2013, gimana yah?

kk02

Bagaimana dengan kelengkapan… Uniknya semua posisi dashboard kargoner hampir mirip dengan karko. Hanya bentuknya saja yang lebih modern dibanding karko. Bahkan untuk posisi mengemudi hampir 11-12 dengan karko… mungkin hanya sizenya saja yang membedakan. Apa bedanya kargoner dibanding karko? ya kargoner dilengkapi fitur masa kini macam, double DIN, immobilizer, keyless entry dan power window. Namun ya kalo karko kesayangan pengen dilengkapi fitur seperti ini ya bisa saja dan ngga susah2 amat pemasangannya.

kk04

Kalo keleluasaan kabin si kargoner memang harus bertekuk lutut dengan karko, sebab walau selisihnya cuma 200mm namun cukup berpengaruh terhadap feel kabinnya. Namun soal akses masuk dan tempat penyimpanan sekirannya sami mawon kok lur.

kk05

Soal mesin… nah disini dari gambaran luar saja sudah bisa dipahami bahwa saat ini karko masih mending dibanding kargoner. Kenapa? sebab mesin karko ini terbukti mesin yang awet… mesin F10A ini memang mesin legendaris karena dipergunakan dari tahun 80’an hingga sekarang oleh jimny, katana, dan carry 1.0 hingga akhirnya nempel ke karko. Mesin ini juga walau masih karbu namun banyak orang mengakui kehematannya selain itu juga sparepart yang murah dan melimpah.

lll

Namun bukan berarti mesin K10B harus takluk…. mesin pengembangan dari F10A ini dibuat 3 silinder namun sudah dilengkapi DOHC dan sudah injeksi pula, tenaga yang dihasilkan pun besar… selisihnya 12 hp jadi lumayan kan? [walau torsinya sama aja…. torsi cepe] . Ada kemungkinan juga facelift kedepannya bakal dipasang VVT. Jadi hemat juga sudah tentu… namun ketersediaan sparepart ditentukan lewat laris tidaknya kargoner. Sebab penjualan pendahulunya yg bermesin serupa, karimun estilo, tidak seberapa besar. Namun denger2 soal harga sparepartnya K10A juga murah-murah aja kok.

kk03

HARGA SUZUKI KARIMUN WAGON R
Harga untuk tipe GA Rp 77 juta, GL Rp 89 Juta dan tipe GX paling komplit dilepas dengan banderol Rp 99 juta

HARGA SUZUKI KARIMUN KOTAK SECOND
Tahun 2000- 2006       :     Rp 50 juta sampai Rp 75 juta

Overall mana yang lebih baik semuanya tergantung dari sudut pandang kita. Mau yang harga jualnya terbukti bertahan dan mesinnya bandel silahkan karko. Kalo mau mobil fresh, praktis, tenaga melimpah, fitur bejibun silahkan kargoner. Silahkan dicermati lur…

BTW selamat hari idul adha bagi sedulur yang merayakannya… semoga ngga ada cerita hewan kurban lepas di masjidmu seperti berita yg satu ini…..

1382294_661869430504984_1889473343_n

Nyetir sehat pasti pintar…… Salam gendjoooooooossss……….!!!

About these ads

22 Tanggapan

  1. tapi kok ganteng kargoner ya,,

    #selera

  2. ahahahaha
    Kaleng yg diperkecil :D

  3. Bekas ama bru beda tipis yo,??

  4. ha..ha..ane masih miara ini mobil om, karimun kotak dx 2000. mesin F10A sederhana tp bandel minta ampun. meski FWD sering naik turun gunung oke aja kebetulan ane di malang jatim. FC rata paling boros Dalkot AC 1:12 kalo luar kota AC full 1:17 kalo non AC bisa irit lagi….

  5. Nunggu versi stingray aja….

  6. sama2 gak ada versi matic nya T_T

  7. Indennya berapa lama? mas brow……………………

  8. apa karimun mk1 dikategorikan LCGC juga?
    klo tidak termasuk LCGC, bedanya dimana ya,
    klo termasuk LCGC, berarti dulu sudah bisa\ada,
    bingung..minta pencerahannya bro..

    bayangkan harga secondnya wagon r berapa nanti,bisa dibawah 40an mkn stelah 2-4 thn hehe

    • karko belum LCGC dikarenakan saat itu belum ada peraturan LCGC :mrgreen:

      • wah berarti pemerintah dapat “amplop” dr produsen mobil2 biar dibuatkan peraturan itu diikuti dengan kebanjiran mobil baru juga akhirnya..
        karena dulu sebenarnya sudah ada dan bisa..

      • wah kalo soal tebak menebak maksud pemerintah, ane cuma bisa bilang : bisa jadi… bisa jadi….
        tapi kalo logisnya sih sarana dan prasarana pada era karko memang belum mencukupi untuk kandungan lokal lebih dari 90%…. kalo saat ini hampir bisa produksi dalam negeri semua komponen. setahu ane sih yg masih susah dibuat di negeri ini adalah sistem ecu injeksinya :mrgreen:

  9. Harga yang 77 jt ,apa sudah termasuk Biaya Balik Nama dll. ?

  10. ane sih lebih vote karko…ada satu sisi yang tak bisa diubah yaitu pajak…wooowww pastinya kalau mobil baru!

  11. yang baru aja gan pasti lebih jos gendos … dr pada mobil tuir..

  12. kalo wagon vs ayla , bagusan mana gan?

  13. lur kalau karimun kotak sama karimun estilo bedanya apa ya? harga jualnya lagi kok lebih bagus yang karko? tolong infonya gan…terimakasih

  14. yang satu disain jepang disebut karimun kotak, yang satu lagi disain infia disebut wagu r .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 623 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: