Baru vs Second! Suzuki Karimun Wagon R vs Suzuki Karimun Mk1, Mirip tapi beda.

Seperti Silat, sebelum menantang merk tetangga, coba kalahkan dulu guru sendiri

Suzuki Karimun Wagon R alias Kargoner selain karena ia adalah LCGC andalan suzuki dan pesaing agya-ayla, sebenarnya yang membuat kita antusias terhadapnya adalah bentuknya yang membangkitkan kenangan. Ya, Suzuki karimun kotak alias karko, sebuah city car yang bahkan sampai sekarang belum ada city car lain yang menyamai keidentikannya…. spacious, simpel, gesit dan mesin bandel. Kargoner baru mencoba peruntungannya dengan memanfaatkan image karko ini, namun apakah dia sudah bisa menyamai keidentikannya? mari kita lihat.

kk01

Dari segi style sebenarnya kargoner dan karko punya kesamaan, apalagi selain bentuknya yang mengotak. Namun dari segi proporsional sebenarnya karko lebih baik dibanding kargoner. Kargoner lebih berhidung besar dibanding karko sehingga dalam posisi tertentu agak terlihat wagu [aneh]. Lalu dari segi dimensi, si karko jauh lebih lebar dibanding kargoner… sebab kargoner masih satu basis dengan karimun estilo. Bahasan soal dimensi kargoner ada di link bawah ini.

Impresi tentang kabinnya suzuki karimun wagon r pas coba di IIMS 2013, gimana yah?

kk02

Bagaimana dengan kelengkapan… Uniknya semua posisi dashboard kargoner hampir mirip dengan karko. Hanya bentuknya saja yang lebih modern dibanding karko. Bahkan untuk posisi mengemudi hampir 11-12 dengan karko… mungkin hanya sizenya saja yang membedakan. Apa bedanya kargoner dibanding karko? ya kargoner dilengkapi fitur masa kini macam, double DIN, immobilizer, keyless entry dan power window. Namun ya kalo karko kesayangan pengen dilengkapi fitur seperti ini ya bisa saja dan ngga susah2 amat pemasangannya.

kk04

Kalo keleluasaan kabin si kargoner memang harus bertekuk lutut dengan karko, sebab walau selisihnya cuma 200mm namun cukup berpengaruh terhadap feel kabinnya. Namun soal akses masuk dan tempat penyimpanan sekirannya sami mawon kok lur.

kk05

Soal mesin… nah disini dari gambaran luar saja sudah bisa dipahami bahwa saat ini karko masih mending dibanding kargoner. Kenapa? sebab mesin karko ini terbukti mesin yang awet… mesin F10A ini memang mesin legendaris karena dipergunakan dari tahun 80’an hingga sekarang oleh jimny, katana, dan carry 1.0 hingga akhirnya nempel ke karko. Mesin ini juga walau masih karbu namun banyak orang mengakui kehematannya selain itu juga sparepart yang murah dan melimpah.

lll

Namun bukan berarti mesin K10B harus takluk…. mesin pengembangan dari F10A ini dibuat 3 silinder namun sudah dilengkapi DOHC dan sudah injeksi pula, tenaga yang dihasilkan pun besar… selisihnya 12 hp jadi lumayan kan? [walau torsinya sama aja…. torsi cepe] . Ada kemungkinan juga facelift kedepannya bakal dipasang VVT. Jadi hemat juga sudah tentu… namun ketersediaan sparepart ditentukan lewat laris tidaknya kargoner. Sebab penjualan pendahulunya yg bermesin serupa, karimun estilo, tidak seberapa besar. Namun denger2 soal harga sparepartnya K10A juga murah-murah aja kok.

kk03

HARGA SUZUKI KARIMUN WAGON R
Harga untuk tipe GA Rp 77 juta, GL Rp 89 Juta dan tipe GX paling komplit dilepas dengan banderol Rp 99 juta

HARGA SUZUKI KARIMUN KOTAK SECOND
Tahun 2000- 2006       :     Rp 50 juta sampai Rp 75 juta

Overall mana yang lebih baik semuanya tergantung dari sudut pandang kita. Mau yang harga jualnya terbukti bertahan dan mesinnya bandel silahkan karko. Kalo mau mobil fresh, praktis, tenaga melimpah, fitur bejibun silahkan kargoner. Silahkan dicermati lur…

BTW selamat hari idul adha bagi sedulur yang merayakannya… semoga ngga ada cerita hewan kurban lepas di masjidmu seperti berita yg satu ini…..

1382294_661869430504984_1889473343_n

Nyetir sehat pasti pintar…… Salam gendjoooooooossss……….!!!

28 thoughts on “Baru vs Second! Suzuki Karimun Wagon R vs Suzuki Karimun Mk1, Mirip tapi beda.

  1. ha..ha..ane masih miara ini mobil om, karimun kotak dx 2000. mesin F10A sederhana tp bandel minta ampun. meski FWD sering naik turun gunung oke aja kebetulan ane di malang jatim. FC rata paling boros Dalkot AC 1:12 kalo luar kota AC full 1:17 kalo non AC bisa irit lagi….

  2. apa karimun mk1 dikategorikan LCGC juga?
    klo tidak termasuk LCGC, bedanya dimana ya,
    klo termasuk LCGC, berarti dulu sudah bisa\ada,
    bingung..minta pencerahannya bro..

    bayangkan harga secondnya wagon r berapa nanti,bisa dibawah 40an mkn stelah 2-4 thn hehe

      • wah berarti pemerintah dapat “amplop” dr produsen mobil2 biar dibuatkan peraturan itu diikuti dengan kebanjiran mobil baru juga akhirnya..
        karena dulu sebenarnya sudah ada dan bisa..

      • wah kalo soal tebak menebak maksud pemerintah, ane cuma bisa bilang : bisa jadi… bisa jadi….
        tapi kalo logisnya sih sarana dan prasarana pada era karko memang belum mencukupi untuk kandungan lokal lebih dari 90%…. kalo saat ini hampir bisa produksi dalam negeri semua komponen. setahu ane sih yg masih susah dibuat di negeri ini adalah sistem ecu injeksinya :mrgreen:

  3. lur kalau karimun kotak sama karimun estilo bedanya apa ya? harga jualnya lagi kok lebih bagus yang karko? tolong infonya gan…terimakasih

  4. wah saya lgi googling nemu ni artikel,kebetulan saya barusan beli kargoner mas,klo dibanding karko ya jauh mas dri interior,keluasan n tarikannya,beda sama yg mas tulis diatas,hehehe IMHO

  5. Ane beli mobil suzuki wagon R pada 2015 di PT. HandijayaBuanaTrada
    Di showroom, ane bertemu dengan salesnya yg bernama Jeffry Hartono
    Ane beli secara kredit leasing Suzuki Finance pembayaran 35 x 2.500.000.
    DP 62.145.000
    Cashback 8500.000
    Harga total kredit 3 thn = 149.645.000
    Asuransi Abda all risk selama 3 thn.
    Bonusnya talang air, karpet dasar, knalpot, sensor parking dan kaca film.
    Ane sudah tawar2 tapi sudah tidak bisa.
    Malahan ane dicurigai orang Indomobil yang mau membandingkan harga, salesnya kesal dan agak marah ke ane.
    Ane sudah minta ke salesnya leasing yang paling murah, tapi salesnya menyuruh pakai suzuki finance. Saat ane ketemu orang suzuki finance, ane cuma diberikan perincian DP dan cicilan per bulannya.

    Seminggu yg lalu tagihan dan suzuki finance datang ke rumah. Yang ane bingung, bagaimana mendapatkan nilai Total Hutang Pokok. Ane sudah coba menjumlahkan hutang pokok dengan yang lainnya, tapi tidak bisa mendapatkan nilai yang tertera di perincian tsb.

    Kemudian, ane pernah berpikiran melunasi seluruh cicilan kreditnya. Ane sebelumnya telepon ke suzuki finance, kalau senin ane mau datang. Ane minta jumlah total yg harus dibayarkan. Finance mengatakan ane harus bayar 72.500.200. Kemudian 30 juta ane transfer via bank dan 42.500.200 ane bawa secara cash.
    Hari senin ane persiapkan uang cashnya dan datang ke suzuki finance. Tetapi pada saat ane datang ke suzuki finance, jumlah Total Hutang Pokok ane berubah menjadi 81 juta. Sehingga uang ane kurang 9 juta lebih. Mereka menjelaskan sebab bisa ada kenaikan 9 juta, itupun sudah didiskon 8 juta lebih, seharusnya 17 juta. Sehingga ane tidak bisa pelunasan awal, karena uangnya kurang 9 jt lebih. Dan uang sebesar 30 juta yg ane transfer sudah dimasukkan ke dalam cicilan kredit untuk 13 bulan, jadi selama 12 bulan kemudian ane tidak perlu nyicil kredit lagi. Jadi cicilan kredit ane tinggal 23 kali lagi. Kalau ane hitung, kalau pelunasan dini harga total mobil tsb lebih murah 6 juta daripada kredit selama 3 thn. Tapi biaya total utk pelunasan dini tiap hari berbeda-beda dan semakin mahal.
    Ane cek kalau kredit di BCA Finance ternyata bunga kredit mobil cuma 4,8 persen, sedangkan di suzuki finance 9,08 persen.
    Suzuki finance lebih mahal lebih dari 6 juta daripada BCA Finance.

    Ane komplain ke salesnya, kalau saat awal pembelian ane minta leasing yg paling murah, tapi salesnya beralasan kalau pakai BCA Finance, dealer tidak mau karena tidak ada keuntungannya. Ane komplain ke salesnya soal hadiah Samsung galaxi, tapi salesnya beralasan tidak ada promo tsb utk wagon R. Bahkan hadiah cabutan yang ane dapat dari pembelian mobil sebesar 500.000, salesnya bilang seharusnya bukan untuk pembelian Wagon R. Ane juga komplain ternyata ada dealer lain yg bisa kasih cash back sampai 11 juta. Sales tersebut selalu berkelit, tidak ramah, cepat emosian.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s