Driving Impression – Suzuki Ertiga GX 1.4 Manual, The real baby Innova [Part 1]

Kontestan low MPV yang satu ini sempat membuat penjualan Avanza Xenia menjadi tidak stabil, dan mendadak banyak orang menjadi fans boy sejatinya… Apa sih yang membuatnya begitu seksi di mata orang?

Pagi lur….

Bisa dibilang ini impression driving ter-ngaret yang pernah penuliz buat… mohon mangap bagi para sedulur yg udah kebelet pengen baca ini….

Jadi akhirnya penuliz mendapatkan unit test drive Suzuki Ertiga ini dari rental mobil Nanda yang berada di wilayah seturan… kebetulan ada momen untuk datang ke Madiun kembali… so hajar saja… BTW Ertiga yang penuliz pinjam ini tergolong kinyis loh… katanya sih baru 3 bulan jadi ya lumayan lah…

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Rute yang dipakai? yaaa seperti biasa rute Jogja – Solo – Madiun yang ngga rumit rumit amat tapi cukup menantang buat jarak tempuh yang sedang [wong cuma 150 km kok…]. Hanya saja saat kami pinjam bukan di saat momen hari libur atau long weekend, sehingga diharapkan delay waktu yang terbuang seperti kena macet bisa minim dibanding impression driving sebelumnya.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

So kita mulai dari impresi luar… mobil ini memang penuliz akui cantik ngga ketulungan…. paras wajah yang mirip mirip dengan swift membuat tampilannya easy looking… Krom di gril juga memperkuat aura kemewahannya, plus dilengkapi foglamp model bulat.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Sektor samping juga tetep ok dilihat dengan mata, dan cerdasnya suzuki mengaplikasi velg R15 dan membuat motif 10 spoke yang ciamik…. selain lebih sporty, kaki kakinya juga terlihat proporsional menopang bodi Ertiga. Sayang pilar A didepan cukup membuat blindspot bagi penuliz.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Melihat sektor belakang juga tetap cantik, sebenarnya bila dilihat dari samping, backlamp ini menolong tampilan Ertiga, hanya saja bila kita lihat dari belakang persis backlamp terasa kecil… membuat sektor belakang terkesan terlalu polos. Oh ya Ertiga memberi lampu tambahan di spoiler belakang, wiper belakang dan ada tempat foglamp di tengah, hanya saja di ertiga penuliz tidak ada. Foglamp ini mirip dengan punya Splash.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Berbicara kabin… juga tidak kalah cantiknya, dashboard yang mirip dengan punya swift ini dilengkapi dengan dual SRS airbag dan double DIN integrated yang dapat memutar MP3, USB dan sistem aux-in yg dapat terhubung dengan ipod. Doortrim juga terlihat apik dan nyeni dengan penambahan berbagai ornamen… Tempat penyimpanan pun bertebaran di sudut2 ruang Ertiga. Soal Instrument clusternya digarap apik, speedo dan tacho dibuat model serupa jam tangan dengan MID yang informatif sehingga tetap enak dipantau. Bisa dibilang nuansa kabin depan Ertiga mirip mirip dengan Kijang Innova.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Untuk bangku baris pertama kebetulan disini memakai sarung jok yang berasal dari tempat rental kami, jadi masih belum tahu aslinya kayak apa. Penuliz coba duduk… tetap nyaman dan proposional, pandangan ke depan maupun ke belakang juga baik. Desain setirnya juga enak dilihat, digenggam pun nyaman… oh ya  setir ini sudah bisa tilt steerting….kalau mau kontrol audio juga bisa di setir ini… Untuk sektor keamanan mobil ini dilengkapi dengan immobilizer dan keyless entry 🙂

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Mencoba bangku baris tengah, ternyata susunan kursinya model panggung dimana bangku belakang lebih tinggi dibanding bangku depan. Efeknya pandangan ke depan dan samping sungguh leluasa… ok coba penuliz “pewe-pewe”in posisi duduknya, hmm… busanya tebal dan nyaman diduduki, arm rest pun tersedia di tengah. Oh ya dengkul kaki menyentuh dikit bangku depan tapi ngga masalah karena sudah ada sliding seat baris kedua.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Mencoba baris ketiga, saat penuliz ingin masuk ke kabin cukup dengan menarik tuas di bahu samping kursi kedua maka kursi akan terlipat, namun hanya sekali tahap dengan model horizontal sehingga agak sulit saat mau masuk. Ok sudah duduk dan rupanya dengan postur penuliz yang 180 cm tetap bisa nyaman untuk diduduki. Dengkul ngga kena bangku, pose duduk pun ngga kayak jongkok, plus headroomnya luas. Layak dapat 2 jempol lah untuk sektor ini karena penuliz jarang menemukan bangku baris ketiga yang manusiawi di mobil lainnya selain Luxio.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA         OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Untitled-1

Mari melihat sektor belakang alias bagasi. Nah untuk kapasitas memang Ertiga sedikit lebih kecil dibanding Avanza namun masih fleksibel untuk menampung 3 tas ransel dan 2 tas jinjing. Bila memerlukan kapasitas lebih, bisa melipat bangku baris ketiga dengan menarik tali yang ada di samping kiri dan kanan bangku. Untuk sektor tools juga berada di samping kanan bagasi.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Untuk ban serep sendiri modelnya ngolong lur, tapi kalo mau buka ya seperti lazimnya Low MPV, ada di bibir bagasi plus disediakan tempat towing di samping kiri ban serep.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Naaah… untuk masalah mesin dan performanya….. akan penuliz bahas di sesi berikutnya… hehe biar enak dibaca aja lur :mrgreen:

Capture

Capture1

*update harga JANUARI 2014

Next Article :

Impression Driving – Suzuki Ertiga GX 1.4 Manual, The real baby Innova [Part 2]

Nyetir Sehat Pasti Pintar……… Salam Gendjoooooooooossss…..!!!!

This entry was posted in MPV, Review Mobil / Driving Impression, Uncategorized and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

0 Responses to Driving Impression – Suzuki Ertiga GX 1.4 Manual, The real baby Innova [Part 1]

  1. ipanase says:

    jossssssssssssssssssssss

  2. Kobayogas says:

    kalau menurut ay tampangnya biasa aja, lurus lurus aja kalau di cewe mah, cantik gak, jelek gak..cuma secara keseluruhan sih desainnya pas…hehehe

    http://kobayogas.com/2014/04/01/vespa-primavera-troubleshoot-do-it-yourself-benerin-setingan-lampu-rem/

  3. Sigit says:

    nyimak, nunggu part 2nya..

  4. ERCI-1227 says:

    RPM 1500 – 2500 Kurang jess
    RPM 2500 – 4000 Uenak Tenan!
    RPM 4000 Keatas mulai menurun dan semakin menurun mendekati limiter :mrgreen:

    Interior maknyus, Koplingnya empuk, Giginya panjang panjang, posisi duduknya rendah, buat mpv under 200, driving like a boss deh, cuma livina yang bisa ngalahin enaknya bawa ertiga. 😀

    Mobilio lumayan juga, sayang interiornya………

  5. Aluvimoto says:

    mazda vx1 versi kw super neh. mana mungkin suzuki bisa buat mini mpv kaya gini. masih bau india lagi 😆
    #kabur

  6. nbsusanto says:

    enak ndi ro mobilio?

  7. aanhamzah says:

    nek karo kijang kapsul piye Mas?

    • Yudakuzuma says:

      dari segi fitur, tenaga dan efisiensi ke ertiga, tapi kalo segi perawatan, ketangguhan dan keleluasan kabin tetap kijang kapsul… sebenarnya pridenya kapsul gen terakhir lumayan lho 😀

  8. Maskur says:

    bangku ketiga nyaman espasss

  9. Itu list harga nya blm update gan..
    Ada varian baru ertiga GL sporty..
    😀

    • Yudakuzuma says:

      makanya ane tulis update januari 2014… soalnya kopas data, lagi males ngerekap ulang… tapi sejak ertiga sporty dateng belum ada perubahan harga ertiga yg lain :mrgreen:

  10. siip lan apik ulasane… lebih mengena dan gamblang… moga2 kl ada rezeki pengin ganti ertiga… sekarang masih pake sidekick 97… kira2 naikkannya empuk mana dengan avz/xnia?

  11. motobikerz says:

    Nitip video “Lady Driver Suzuki Ertiga Matic”

  12. Pingback: Impression Driving – Suzuki Ertiga GX 1.4 Manual, The real baby Innova [Part 2] | Yudakusuma Auto Blog

  13. ari says:

    ini lebih cantik ketimbang mobilio menurut ane 😀

Leave a Reply