First Impression Review New Isuzu Panther Grand Touring 2014, Pede Dengan Minor Change.

Mobil dengan jargon “pintar” ini masih tidak berubah seperti tahun 2000-an awal. Dengan berbagai penyempurnaan, doi rupanya masih pede untuk head to head dengan Innova

Pagi lur…

Masih inget dengan Isuzu Panther? inget dong…. satu satunya MPV ber-ladder di tahun 90-an yang bermesin diesel. Kala itu ia menjadi terobosan, dan kali ini kompetitornya pun terus berbenah, ikut menggunakan mesin diesel dan berganti rupa. Namun sampai sekarang, panther hanya 2 kali beregenerasi sejak 24 tahun yang lalu. So sekarang pun yang versi baru gimana yah?

review isuzu panther touring 01

 

Karena masih banyak yang menanyakan nasib dari mobil ini dan desas desusnya gimana… jadi penuliz coba meliputnya dalam IIMS 2014 yang lalu. Ya mobil ini mengalami minor change pada tahun 2014 dan hmm… ya gini gini aja kok lur…

review isuzu panther touring 02

So coba diulas lebih lengkap aja deh… haha… soalnya penuliz juga belum mendalami panther 2nd generation. Pertama kita mulai dari ulasan eksterior, nampak depan dia dibekali dengan chrome tambahan di atas grille yang telah di chrome dan bingkai foglamp chrome juga. Untuk sein di spion, mikanya ada blue finishing, begitu juga chrome disamping ada blue finishing.

review isuzu panther touring 03review isuzu panther touring 04 review isuzu panther touring 05review isuzu panther touring 06 

Ada yang menarik dari panther dibandingkan dengan mobil mobil lainnya… mobil ini kalo kita coba pegang bemper depan atau grillenya komponennya nyaris semua besi. Bahkan saat mengangkat kap mesinnya… beratnya naujubilah… Dulu memang pernah hunting body panther dan memang harganya mahal… Alasannya sih karena beberapa body masih dari besi jadi ngga banyak orang yang cari bodynya… ya terang aja kalo nubruk tinggal diketok beres kok hahah….

 review isuzu panther touring 07review isuzu panther touring 08review isuzu panther touring 09

Menilik bagian belakang baru banyak perbedaannya, mobil ini tidak memakai ban konde lagi lur seperti pendahulunya. Ya ban serep sekarang ditaruh di kolong dan sekarang Panther menambahkan detailing berupa dudukan plat nomer belakang yang lebar. Selain itu bumper belakang dibuat two tone dan dibuat menonjol ditambah rear upper spoiler plus ada muffler tip di ujung knalpot sehingga belakang terlihat penuh.

review isuzu panther touring 10 review isuzu panther touring 11

Oh ya ada pembaruan dari Panther GT ini, Izusu menyematkan parking camera di bawah spoiler, parking camera ini bisa kita pantau dari mirror tengah di kabin. Selain itu izusu juga menyematkan parking sensor juga.

review isuzu panther touring 12 review isuzu panther touring 13

Nah akhirnya kita masuk ke dalam kabin, sebenarnya dalamnya tidak terlihat ada yang baru, hanya beberapa bagian mengalami penyempurnaan. Joknya dibungkus dengan sarung jok, dan bila menilik dashboard panther ini hanya dilengkapi single DIN dan kenop AC model geser. Namun walau masih single DIN tapi di baris kedua dilengkapi TV di atap dan ada tweeter juga di daerah doortrim.

review isuzu panther touring 14 review isuzu panther touring 15

Geser ke baris kedua tidak ada yang berubah… mungkin kalo awam seperti penuliz, sedulur bingung kok ngga ada double blower. Nah kekhasannya panther ini double blower mundur banget dan benar2 posisinya diatas persis headrest bangku kedua. Jadi lebih memanjakan bangku ketiga haha… Soal akses ke belakang, panther mengadopsi one touch tumble.

review isuzu panther touring 16 review isuzu panther touring 17

Mencoba menghayati jadi penumpang baris ketiga ternyata sempit juga ya… soalnya modelnya sebenarnya agak jongkok sih… aksesnya juga satu step agak naik dibanding baris kedua. Intinya sih modelnya kursi jadi kayak model panggung / theater. Uniknya walau kepraktisan minim tapi ada headrest di kiri dan kanan baris ketiga dan pandangan ke luar bebas.

review isuzu panther touring 18 review isuzu panther touring 19

Untuk segi bagasi ngga terlalu istimewa sih… kapasitasnya setara dengan Avanza lah, bisa dilihat di foto. Untuk masalah dongkrak kalo beberapa mobil biasanya ada tempat rahasianya, nah kalo panther tetep pede untuk ditaruh terang-terangan di bagasi.

review isuzu panther touring 20 review isuzu panther touring 21 review isuzu panther touring 22

Bagaimana soal mesin? ya sama aja kayak pendahulunya… masih menggunakan 4JA1-L dengan kapasitas 2500cc 4 silinder turbodiesel dengan tenaga 80 hp @ 3500 rpm dan torsi 195 nm @ 1800 rpm. Isuzu cukup pede dengan mesin ini sebab berperforma dan handal, oh ya plus sparepart mudah kali ya….

review isuzu panther touring 23

Berapa harga panther grand touring ini? doi tetep pede dibanderol dengan harga 284 juta rupiah on the road jabodetabek. Bagaimana dengan seri lainnya? ada Panther SMART dengan harga 226 juta rupiah, Panther Lv dengan harga 234,5 juta rupiah, Panther LS dengan harga 264,5 juta rupiah, Panther Touring dengan harga 258,5 juta rupiah.

So Panther menurut penuliz memang belum ada ubahan berarti, minor change saja dari jaman dahulu kala. Panther juga saat ini memang tidak murah. Namun dengan model yang serba konvensional ini Panther punya nilai lebih dibanding kompetitornya yaitu durability-nya dan siap diajak blusukan kemana mana [tapi bukan jalan offroader ala 4WD ya].

Dan menurut penuliz selama mobil MPV / SUV 300 juta kebawah masih model sedan-like yang lebih cocok di perkotaan dan mobil diesel di harga segitu masih sedikit, kayaknya Isuzu Panther tetap lestari deh [dengan model seperti ini] haha ^^’

“pie irpan? sido tuku panter?”

Bonus mbak mbak….

review isuzu panther touring 24

Nyetir sehat pasti pintar….. salam gendjooooooooooooosssss…….

email

This entry was posted in MPV and tagged , , , . Bookmark the permalink.

30 Responses to First Impression Review New Isuzu Panther Grand Touring 2014, Pede Dengan Minor Change.

  1. I-M says:

    masih seperti yang dulu

  2. gusteg says:

    harganya itu loh…

  3. agung says:

    Mesin jadul, model jadul, harga mahal, nilai lebihnya dimana ya?

  4. skalorman says:

    baru jumat kemaren nyicip numpang nih mobil. kesan pertama dashboard jadul hahaha.. bahkan yang punya ngakuin sendiri, sampai komplain ke dealer, masak mobil harga segitu dashboard begini hehehe… kebetulan yang aq naikin unit 2014, warna putih kayak gini. 🙂

  5. subaru says:

    kromnya bejubel khas astra

  6. SKELETON says:

    Dashboardnya masih jadul, sayang yang diperhatikan hanya ekterior, interiornya (dashboard) tidak banyak disentuh.
    http://www.skeletonmobile.com

  7. smartfaiz says:

    ipan arep tuku ertiga jare… 🙂 beli panther paling worthed bekasnya saja 🙂 toh kalau dari dalem, penampakan dashboard panther tahun 90an juga sama kaya panther sekarang :mrgreen: Panther baru overpriced. sodaranya panther juga gitu… MU-X saja terlalu berani head to head sama pajero dakkar … kalah power, kalah fitur, kalah image masih saja nekat.

    • Yudakusuma says:

      plg panter neh kang, yakin 😆

    • Hafiiz says:

      Mu-x fitur berlimpah sob ada traction control, cruise control, electronic stability program, suspensi 5 link, GC 230mm, head unit yang sudah true monitoring yang tdk ada di fortu dan pajero, kalau mau di bandingkan sama pajero yang non dakar sama powernya tapi mu-x unggul torsi dan sudah 5-percepatan

  8. Rayung says:

    Dashboard masih sama seperti dulu (alias ga bisa move on :D)

  9. fnaufala says:

    mewah ya, tapi luarnya kaya gak ada beda 😀

  10. pengamat says:

    heran…komen2nya pada sotoy semua… anda itu sebenarnya hanya pembaca numpang lewat ato numpang jemuran… apa penyuka otomotif beneran… saat menilai sebuah kendaraan… itu berbagai macam sudut pandang… begitu juga orang menjatuhkan pilihan itu karena sebuah pertimbangan logis yg dipakai…

    1. performa
    2. durabilitas
    3. handling
    4. perawatan dan operasional
    5.penampilan
    6.fitur
    7. dll

    ada orang yg pengen murah pemeliharaan dan oprasional maka pilihannya ke A.. ke performa brarti pilih B dst…

    @smartfaiz …. saya bukan fansboy merk… and bilang MU x kalah fitur vs dakar?? coba anda priksa satu persatu bro… MU X=Chevy Trailblazer.

  11. davied says:

    Baru mau komen uda ada yg jelasin,untuk MU-X itu ngandalin fitur,performa mmg masi setara fortuner,cek dl fiturnya jgn lsg blg kepedean.
    Untuk panther klo jadulnya sih iya,desain tuas wiper dari jaman chevrolet LUV longbed sampai juga pedal operasionalnya.klo kita liat keunggulannya ada di daya tahan mesin sparepart dan tahan bnting,satu lagi di sktor mesin yang menjadi kelemahan dan keunggulannya di penggunaan timing gear.mari ngeliat peruntukannya klo soalnya harga namanya komponen diesel itu g ada yang murah ditambah jumlah produksi yang sedikit jg

  12. rian handrijoko says:

    Keunggulan model jadul, berarti long lasting model bro, selain itu sparepart berlimpah dan pastinya murah, mekanikpun sdh katham dng troublenya… Heran, kebanyakan yg nyinyir dng model jadul, tapi kalau ada problem dng mobil yg canggih, nangis bombay… Gak ada mekanik pinggir jalan yg bisa mbetulin, harus mekanik bengkel resminya..han

  13. Luthfi says:

    bang yuda apakah isuzu panther baru memiliki high adjuster pada jok supirnya ?

  14. user says:

    mayan kalau bempernya masih dari besi,masih aman kalau nabrak.pengalaman punya phanter th 90an nabrak tembok sampai hancur aja bodinya gk penyok,walaupun nabraknya pelan

  15. Om kalo boleh tau fitur head unit nya bisa apa aja?
    Apa nggak ada rencana buat video review nya nih om?
    Thanks 🙂

  16. Rudi says:

    Berapa ya om harga bumper blkg panther grand touring 2014.soalnya baru aja nabrak…
    Tolong infonya…thanxz

  17. Fakhrur says:

    Setuju om…
    Ini mobil emang bandel banget dari sesepuhnya…

    Dulu pernah pengalaman, belajar nyetir pake panther hi-grade tahun 1996. Pas masukin garasi rumah, nabrak pager+temboknya.
    Walhasil, pager+temboknya ambruk dan panther cuma lecet+penyok dikit.
    Bawa ke ketok Magic Blitar cuma bayar 75 ribu buat sekali getok dan amplas bemper depan.
    Tapi benerin pager plus temboknya habis 750 ribu buat beli semen+ongkos tukang…

  18. prams says:

    haha,,panthernya minta tumbal tembok pager… orang belajar kalo nggak nabrak dulu gak ada pengalaman, setelah itu jadi lbh pintar….

  19. hasanelbisah says:

    ini pabrik panther kelewat banyak produksi, makanya ini dalam rangka ngabisin stok. Kalo stok habis bikin all new panther bakalan dg full facelift

  20. novi says:

    memang rajanya diesel Isuzu panther. mantab untuk ulasannya mas bro

  21. Gakkou gurashi says:

    BUSETT, seatbelt CUMAN DUA?????
    GILE lu Astra!!
    Harga mahal fitur sunatan

  22. Nazi says:

    Overpriced bangett si mantan raja diesel
    dari fitur aja kalah sama kijang kapsul

  23. Ruder says:

    Sembronoh buat yg bilang nih mobil ga ada fitur, saya pake Nonova Diesel dan sempet ngiri sma user panther, gile tuh spare part moving nya murah gila, udah ori dan awet lagi..coba loe beli filter udara ori nonova bisa dapat tiga – emapt untuk filter ori panther kapsul. Satu lagi kalo banjir , nih panther paling berani nerjang , dibanding adik kaleng dari nonova …

  24. porsc hehehe says:

    dashboard bukan jadul tapi basic bgt dah empukk nya itu loh ngantuk gw bawa si meong

Leave a Reply