Apa Aja Sih Spesifikasi Yamaha Mio M3 Blue Core 125cc Dengan Harga Mulai 13,08 Juta Rupiah?

Baru saja motor ini diluncurkan beberapa hari yang lalu, Yamaha memang bikin penasaran karena bikin teaser teaser terus

Yudakusuma.com – hai hai lur….

kali ini lagi heboh hebohnya pertarungan antar motor matic di akhir tahun. Setelah klan merah dan klan biru puas puasnya saling menyerang dan bertahan di kategori sport 150cc nampaknya trend kali ini akan berpindah ke matic. Mungkin sedulur sudah dengar Suzuki Address yang baru diluncurkan 2 bulan yang lalu. Dan kini saatnya hadir motor yamaha mio terbaru yang dinanti. Yamaha Mio M3 dengan teknologi Blue Core.

Spesifikasi Yamaha Mio M3 Blue Core 2015 03

Mungkin sebelum membahas lebih dalam kita butuh tahu basic penyempuraan dari motor yamaha mio ini. Ya memang sudah banyak teaser-nya yang cukup membuat kita penasaran. Bahkan di ajang Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2014 kemarin cuma dipajang lampu depan + spakbor doang, welah dalah… bikin penasaran aja.

Spesifikasi Yamaha Mio M3 Blue Core 2015 04

Ini yang ditawarkan Yamaha Mio M3 Blue Core 125cc

Teknologi Blue Core

So Yamaha new Mio ini menggunakan teknologi Blue Core. Blue Core ini bukan sebuah chip tertentu yang ada di dalam mesin. Dia adalah “resep spesial” dari Yamaha [umpama masakan] yang meliputi tidak hanya mesin tapi juga ke bodi, sasis, kaki kaki dan lain sebagainya. Alhasil konsumsi BBM dapat ditekan drastis namun akselerasi juga lebih mantap. Konsep yang sama juga dapat ditemui di SKYACTIV pada mobil Mazda. Mungkin kita akan ulas konsep ini pada artikel berikutnya.

Spesifikasi Yamaha Mio M3 Blue Core 2015 02

Mesin 125 cc baru dengan teknologi Blue Core ini mempunyai tenaga 9,52 PS @ 8.000 rpm dan torsi 9,6 Nm @ 5.500 rpm. Dengan berat mesin 32,6 kg, Yamaha mengklaim mesin ini paling ringan di kelasnya dan sistem CVT pun baru. So totally fresh… oh ya kalo dilihat dari spek tenaga dan torsi kayaknya mesin ini tipenya putaran menengah ke atas, tapi butuh cari tahu juga sih, cek n ricek. :mrgreen:

Spesifikasi Yamaha Mio M3 Blue Core 2015 01

Oh ya teknologi Blue Core ini juga berpengaruh ke rangka juga loh. Yamaha mengklaim rangka dari Blue Core ini 30% lebih rigid dan lebih ringan dibanding sebelumnya. So jujur aja penuliz kaget melihat berat kosong motor ini mencapai 88 kg, weleh ini superleggera (superlight) banget!

Desain Fresh Dengan Konsep Baru

Spesifikasi Yamaha Mio M3 Blue Core 2015 14

Kalo dulu trade mark Mio adalah tampilan Yamaha Mio Sporty lawas ya, untuk generasi Mio YM Jet FI juga masih ada pengaruh dari Mio Sporty. Tapi mungkin melihat tampilan depan Mio M3 ini sedulur berasa dejavu, ya ya… kok mirip motor sebelah ya haha…

Spesifikasi Yamaha Mio M3 Blue Core 2015 13

Tapi memang motor matic sekarang rata-rata mempunyai desain tipe lampu “bego”. Trend sudah berubah rupanya… Nah menyampingkan persoalan desain ori, ternyata Mio M3 ini punya desain yang cukup proporsional juga. Posturnya kurang lebih mungkin mirip Yamaha Soul GT 2014 hanya saja agak ramping.

Spesifikasi Yamaha Mio M3 Blue Core 2015 08

Bukan Yamaha kalo ngga berhasil memikat di detailing, dan ini terlihat di speedometer Mio M3. Memang dengan harga segini yang didapat adalah spido analog, namun penuliz cukup kagum dengan desain yang terlihat sporty dan dinamis di spido ini. Bahkan dengan mika bentuk berlian di spido ini, ngga ada kesan murahan disini. Soal lampu depan juga cukup eksotis dan lampu belakang dengan model smoke.

Spesifikasi Yamaha Mio M3 Blue Core 2015 07 Spesifikasi Yamaha Mio M3 Blue Core 2015 09

Beberapa Fitur Baru yang Cukup Banyak

Apa saja sih fitur yang disematkan di sepeda motor Yamaha ini? ternyata lumayan banyak juga ya. Ada Smart Stand Switch, intinya kalo dilipet mesin bisa nyala, kalo masih di standar mesin ngga akan bisa nyala. Selain itu ada ECO Indikator di Speedometer, disini memakai lampu akan memandu kita untuk berkendara efisien, kalo lampu mati berarti sedulur belum efisien… coba lebih pelan atau gasnya dirunut lebih pelan… :mrgreen: ujung ujungnya demi konsumsi BBM yang lebih baik 😀

Selain itu ada Smart Lever Brake sebagai tombol pengunci rem apabila berada di tanjakan. Oh ya kunci kontak depan sekarang juga bisa untuk membuka jok dan tentunya dilengkapi pengaman magnet agar anti colong.

Kepraktisan yang Tinggi

Spesifikasi Yamaha Mio M3 Blue Core 2015 16

Nah untuk soal ini penuliz cukup suka dengan motor dengan banyak space penyimpanan. Walaupun ngga seperti Suzuki Address atau Honda Spacy. Namun untuk Yamaha Mio M3 ini mempunyai 2 penyimpanan di dek depan dan cantelan di depan. Bicara bagasi, doi bervolume 10,1 liter. Dengan kapasitas segini sedulur bisa menyimpan jas hujan, sarung tangan dan 2 jaket.

Pede dengan Konsumsi BBM

Spesifikasi Yamaha Mio M3 Blue Core 2015 10

Soal kapasitas tangki, Mio M3 bervolume 4,2 liter. Well tangkinya memang cukupan buat matic, namun Yamaha cukup pede soal efisien karena teknologi Blue Core ini bisa membuat konsumsi BBM 54,1 km/liter. Namun apabila kita mengikuti petunjuk ECO Indikator maka hasilnya bisa 55,4 km/liter. Cukup waw ya….

Warna Yamaha Mio M3 Blue Core 2015 01 Warna Yamaha Mio M3 Blue Core 2015 02 Warna Yamaha Mio M3 Blue Core 2015 03 Warna Yamaha Mio M3 Blue Core 2015 04 Warna Yamaha Mio M3 Blue Core 2015 05

So berapa varian yang ada di Yamaha Mio M3 Blue Core 125cc ini? Mio M3 dibedakan atas 2 tipe, spoke wheel (jari jari) dan racing wheel. Ada 6 warna yang ditawarkan : Mention Black, Trending Yellow, Hashtag Brown, Selfie Red, Chat White, Tweet Magenta. Last, berapa harga motor yamaha mio terbaru ini? spoke wheel dijual Rp.13,08 juta rupiah dan racing wheel dijual Rp. 13,98 juta rupiah.

Kira kira kayak apa impresinya yah? jadi pengen tahu….

Nyetir sehat pasti pintar………. Salam Gendjoooooooooossss………!!

Source from : TMCBlog.com, Iwanbanaran.com, Kobayogas.com

This entry was posted in Roda 2 and tagged , , , . Bookmark the permalink.

8 Responses to Apa Aja Sih Spesifikasi Yamaha Mio M3 Blue Core 125cc Dengan Harga Mulai 13,08 Juta Rupiah?

  1. Mase says:

    Cuma 55 kpl… trs mio jadul seboros rx king brrti…

  2. O=O says:

    sma2 125cc kok msih iritan WTF yak dgn body & berat lebih…., tanya kenapa????
    segitukah keunggulan bluecore…..??

    • Fandy says:

      WTF dapat brp gan…? Beat F1 yg ccnya lebih kecil kisaran 55km/liter………saya sdh coba sendiri bukan katanya sales lho..?

  3. gomobil says:

    lebih ramping yah dari para pendahulu sebelumnya

  4. nganu ngini says:

    nunggu hasil tes irit aja deh

  5. Budiprasetya says:

    makin banyak varian makin bingung milihnya

Leave a Reply