Problematika Ford Indonesia : Penyebab Ford Mundur Dari Indonesia [Bag.2]

Apa yang membuat merk Amerika ini sulit menembus pasar Indonesia? Mari kita analisis

bengkel-aftersales-ford

Yudakusuma.com – Kemarin kita sedikit menerka-nerka bagaimana ada apa dengan Ford? Apa penjualannya buruk? apakah ada masalah dengan kualitas? Tapi ternyata penyebabnya bukan perkara dua hal ini. Nah sekarang mari kita memperdalam masalah yang terjadi di FMI.

Mari mundur pada tahun 2002 dimana FMI hanya mengeluarkan segelintir varian, yaitu Ford Ranger. Setelah itu FMI menambah satu per satu armadanya seperti Ford Escape dan Ford Everest. Untuk kendaraan pertambangan, Ford sudah stabil di kelas double cabin meskipun satu per satu mulai bermunculan kompetitor baru dari merk Jepang sebut saja Mitsubishi Triton, Isuzu D-Max dan Toyota Hilux.

ford-ranger-2005-front

Problem pun mulai bermunculan, pertama di kelas light SUV : Ford Escape harus berhadapan dengan gempuran Nissan Xtrail dan Honda CR-V. Honda bisa dibilang yang serangannya paling gencar, cukup sering melakukan refreshing model dan full model change all new. Sedangkan Ford Escape? dari Ford saja belum ada peremajaan berarti ditambah krisis melanda Ford di AS pada tahun 2008. Otomatis Ford Escape mundur dari pertarungan.

Bagaimana dengan Ford Everest… ya ini juga lucu… Kita tahu bahwa Everest sebagai triple cabin lawas masih menggunakan sasis Ranger lawas dengan desain standar kotak, ban konde dan suspensi belakang daun. Ford pusat belum melakukan ubahan sehingga sampai 2015 model masih sama, hanya mengandalkan facelift dan facelift saja… Padahal Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport sebagai triple cabin bentuknya sudah manusiawi. Bahkan menurut penuliz, Everest lawas itu seakan Panther versi Amerika. Baru pada tahun 2015 Ford mengeluarkan Everest baru yang benar-benar menginterpretasikan triple cabin modern.

ford-everest-2010-front

Kita juga masih ingat pada tahun 2012 Ford mengalami kendala pasokan untuk Ranger dikarenakan pabriknya di Thailand terkena banjir besar. Yup ini juga salah satu disasternya. Berikutnya tahun 2013, Ford mencoba menggempur di pasar mobil penumpang dengan Fiesta dan Ecosport, ceritanya konsumen lagi gandrung akan kedua mobil ini. Sayangnya nasib naas justru diterpa Ranger karena dikeluarkan Undang Undang Minerba tahun 2013 sehingga menurunkan penjualan mobil untuk tambang.

Tahun 2014, rupanya Ecosport dan Fiesta dapat menutupi penjualan Ranger karena fitur dan harganya yang value, penjualan mereka berdua pun melejit. Fiesta memukau karena mesin 1.0-Ecoboost turbo yang mengeluarkan tenaga 120 hp. Ecosport memukau karena menggunakan banyak fitur seperti VSC, HSA, SYNC dll yang membuat Nissan Juke terkesan kuno. Harga mereka berdua mepet banget sama kompetitor jepang sehingga konsumen mulai melirik Ford sebagai affordable choice.

ford-ecosport-fiesta-ecoboost

Namun nasib Ecosport dijegal oleh Honda HR-V yang muncul akhir tahun. Bila menilai komparasi secara kualitas dan fitur sebenarnya masih menang di Ecosport hanya saja secara dimensi dan merk orang lebih memilih Honda HR-V. Belum lagi Fiesta yang sudah dianggap uzur oleh orang-orang karena Toyota Yaris dan Honda Jazz sudah memperbaharui diri. Oleh sebab itulah 2015 penjualan Ford menurun 50%.

Pada tahun 2015 akhir ini Ford sebenarnya sudah mempersiapkan 3 senjata pamungkas : Ranger terbaru, Everest dan Focus. Kalau bisa dibilang spek mereka bagus-bagus dan fitur diatas rata-rata di kelasnya masing masing. Sayang seribu sayang timing mereka keluar tidak tepat, saat Ranger keluar, saat itu juga Triton dan Hilux keluar. Begitu pula dengan Everest karena kelamaan persiapan [harusnya sih setahun sebelumnya bisa saja dijual] doi sudah harus berhadapan dengan Fortuner baru dan Pajero Sport baru, belum lagi harganya yang lumayan nonjok. Jangan tanya Focus karena penjualan medium sedan gak seberapa, pesaingnya saja Corolla Altis baru populasinya tidak terlalu sering.

2015-Ford-Ranger-Wildtrak-front

Setahu saya dari teman saya yang sales Ford, bahkan FMI ada wacana untuk memboyong Mustang ke Indonesia. Tadinya cukup happening tuh karena Mustang generasi terbaru ini memang diperuntukkan sebagai global car. Meskipun menggusung mesin 2.0-liter 4 silinder turbo Ecoboost tapi tetap saja Mustang = Muscle car… Sampai terbayang harganya berapa kalau disini paling tidak sampai semilyar mengingat rancang bangun dan komponennya sebenarnya biasa, tidak seperti mobil merk Eropa. Intinya sih Mustang bisa saja bikin pasaran sportscar mawut-mawut… tapi nasi sudah jadi bubur… masih jauh dari impian untuk melihat Mustang wira wiri di Indonesia.

Bahkan hingga saat ini Ford AS masih belum memperlihatkan tanda-tanda mempersiapkan pengganti Fiesta dan Ecosport yang terlihat uzur bagi orang-orang. Focus sedang dikerjakan… Yah wajar saja bila Ford AS mengultimatum stop aktivitas FMI. Gempuran dari Jepang begitu keras namun Ford AS masih belum gerak cepat memperbaharui line upnya. Belum lagi kurs dollar semakin melambung dibanding sebelumnya, tambah isu sparepart yang dikeluhkan owner Ford karena dirasa late response. Klop sudah deh….

ford-focus-s-1.5-ecoboost-2015-front

Tapi bukan berarti Ford benar-benar tamat, karena penutupan FMI berdasarkan ultimatum Ford AS. Masih bisa hidupkah Ford di Indonesia? masih kok… Bagaimana masa depan Ford di Indonesia? Artikel selanjutnya buat besok deh eheheheh….

Kunjungi juga otakurider.wordpress.com yang membahas soal manga, anime, kultur di jepang juga ya

Monggo disimak juga artikel lainnya lur :

Nyetir sehat pasti pintar………. Salam gendjooooooossss………!!

This entry was posted in Serba-Serbi Otomotif, Uncategorized and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

28 Responses to Problematika Ford Indonesia : Penyebab Ford Mundur Dari Indonesia [Bag.2]

  1. ford nggak punya lmpv padahal di indonesia yg paling laris ya lmpv/ minibus macam kijang/ avanza, ertiga, mobilio, dll. chevrolet jga punya lmpv cuma gagal karena modelnya nggak bisa diterima (selera indo model sporty bukan model europe)

  2. Emport says:

    Dulu pas zamannya ranger baru rilis bukannya ada ford lynx juga ya?

  3. Mas Harto says:

    Kesalahan Ford adalah tidak mengenalkan produk untuk kalangan menengah semisal MPV yang disukai masyarakat Kita, mereka terlalu yakin dengan produk global padahal belum tentu pas di sini, Harusnya mereka belajar dari produk jepang. Intinya MPV baru setelah punya nama macam produk dikenalkan sebagai pendukung di pasar.

    • Yudakusuma says:

      Sebab mereka juga walau ATPM basicnya ngimpor barang sih mas… ngimpor dr thailand… mungkin karena sudah terpaku sama konsepnya one ford… masalahnya klo gak gt bisanya main di market khusus dan itu memang gak trrlalu menjanjikan sih marketnya…

  4. kacong says:

    Harusnya mustang tetap masuk sini,,, kalau lawan pabrikan jepang mending yg kelas premium sekalian. Walau ga seberapa laris, Mustang juga bisa jadi flagshipnya ford.. Jangan di adu sm kelas2 favorit brand jepang, karena orang beli Hatchback,low-medium sedan,mpv itu beli mobil yg hrga sekennya tinggi.
    Mungkin bisa contoh kawasaki di sni yg ga main skutik, bahkan bebeknya cuma pelengkap saja.
    Punya pabrik di sni juga ga kalah penting sih.

  5. Padahal fiesta modelnya everlasting menurutku, lha yaris sama jazz aja dimiripin gituh.
    Tp cene Jepang menguasai po meneh Astra group, mendominasi pokoken

  6. mansarPost says:

    wahh,, masih bakal ada lanjutannya lagi euy.. 😀

  7. yudids says:

    Ditunggu deh kelanjutannya, semoga tetep jualan di Indonesia, biar banyak pilihan…bosan liat mobil japs…

  8. imotorium says:

    sayang, padahal aku kepengen beli fiesta ecoboobs :'(

    sore semuanya 😀 izin share yaa, kali ini dari bogor lagi.. Sejarah Karoseri Restu Ibu, yang produknya banyak dipakai oleh instansi pemerintah dan BUMN seperti misalnya Damri.. dan PO – PO di Indonesia

    Semoga bermanfaat

    http://imotorium.com/2016/02/03/sejarah-karoseri-ternama-di-indonesia-karoseri-restu-ibu/

  9. yudids says:

    Admin, mana nih kelanjutan artikel nya…pengen minang ecosport…tp msh nunggu kepastian nasib ford di Indonesia

  10. kasamago.com says:

    Sayang, menrut saya, desain mobil2 Ford itu elegan, g mbosenin. khsusnya Everest n ranger. pdhl bs jd sosok pembeda ditengah kebosenan melihat kendaraan jepang.

    serasa efek domino, Chevrolet, Sony, Toshiba, panasonic jg hengkang..

    http://kasamago.com/war-v1-dan-kesiapan-tni-menghadapi-pertempuran-robot-di-masa-depan/

  11. bar iki oponeh yaaa sek bangkruttt kwkwk tebak tebakan yokkk

  12. padahal mobil ford keren2

  13. bel sekolah says:

    setelah ford tutup pabrik di Indonesia, angka pengangguran di Indonesia bertambah banyak

  14. Pingback: Problematika Ford Indonesia : Masih Adakah Masa Depan Ford Di Indonesia? | YUDAKUSUMA.COM

  15. yamaha xabre says:

    ford tetep keren nek menurutku lek..

  16. kemunduranya sangat di sayangkan

  17. adirakreditmobil says:

    Kredit mobil bekas dengan harga murah serta cicilan yang ringan Untuk seluruh wilayah indonesia
    Silahkan hubungi : Sukma Dinata (Marketing Officer)
    Telp/Whatsapp/Line: 081280295839 – BBM. D12BF22E
    Website : http://www.adirakreditmobil.com/

  18. banyak banget ya masalahnya

Leave a Reply