Problematika Ford Indonesia : Masih Adakah Masa Depan Ford Di Indonesia?

Hengkangnya Ford memang membuat semua orang kecewa karena Ford begitu value dengan kualitas baik. So bisakah Ford kembali suatu saat nanti?

ford-ranger-modifikasi-ala-f150

Yudakusuma.com – Sebelumnya penuliz ingin mengucapkan mohon maaf kepada para masbro yang sudah menunggu tulisan dari penuliz… Penyebab yang selalu menjangkiti blogger hingga sekarang adalah : MALAS NGETIK. Oke ini bener-bener menyebalkan karena tiap kali ada garapan baru pasti jadinya hiatus dan saat garapan selesai malah moodnya belum balik… Hal yang serupa dengan juragan WarungDOHC yang sama-sama terjangkiti masalah mood ngetik, sayangnya ane gak se-“sultan” juragan WD dengan membagikan pulsa 500 ribu demi mood buster wkwkwk….

Okelah penuliz hentikan ocehan tidak pentingnya, jadi topik terakhir yang belum digarap adalah “masih ada gak sih kehadiran Ford di indonesia untuk kedepannya?” Well, seperti yang sudah penuliz tulis di 2 sesi sebelumnya bahwa berhentinya Ford di Indonesia justru dihentikan oleh Ford-nya sendiri. Ford di Amerika Serikat nampaknya sedang dalam keadaan krisis keuangan dan berita terbarunya mereka sampai menghentikan pabrik mereka di Eropa, memPHK besar-besaran karyawannya sampai pengetatan line up alias banyak yang discontinue.

ford-fiesta-2015-front

Ford Indonesia sendiri tentu saja profitnya tidak besar-besar amat, namun untuk pemain non-jepang bisa dibilang masih sukses dan menguntungkan. Hanya saja Ford pusat melihat perkembangan kedepan Ford Indonesia tidak bisa dibilang bagus lantaran beberapa line up mereka masih punya jatah waktu yang lama sampai akhirnya diganti. Artinya bila Ford Indonesia bertahan, maka bisa dipastikan beberapa line up mereka tidak ada perubahan kedepannya. Sedangkan merk Jepang? woh refresh sekali dalam setahun…

Ada artikel yang cukup menarik, misalnya dari Reuters, rupanya ada pernyataan yang dilontarkan petinggi Ford region Asia Pacific. “Tidak ada jalan yang masuk akal bagi kami untuk mendapat profit di sana. Dengan menyesal kami juga harus katakan bahwa keputusan ini berdampak pada pemutusan hubungan kerja seluruh karyawan kami di Indonesia dan Jepang,” ucap Dave Schoch, Presiden Ford Asia Pacific seperti dikutip oleh Reuters (25/1).

ford-focus-rs-2016-front

Hal yang lucu dari beberapa orang adalah “Wah Ford hengkang dari indonesia, urusan pemerintah nih harus pusing dengan banyak PHK…” Nah, apa benar seheboh itu? pasalnya Ford di Indonesia sendiri seperti main-dealer bagi Ford Thailand yang benar-benar merakit. Sehingga anggaplah Ford itu sekumpulan dealer, kemungkinan orang PHK dan nggangur memang ada tapi sepertinya sedikit, pasalnya teman sales Ford penuliz sudah banyak lompat ke dealer merek lain, montir pun begitu. Sedangkan Dealer mau bertahan jual [sparepart] ‘Ford’ atau enggak ya tergantung merekanya. Beda kalau yang hengkang Honda, Suzuki apalagi Toyota… jelas PHKnya level akut….

Tapi ngomong-ngomong masalah dealer, ada juga dealer yang setia dengan Ford, sebab sudah banyak yang penuliz lihat para main-dealer yang sudah membuat banyak dealer khusus untuk Ford. Salah satunya adalah Nusantara Motor dan AK Motor yang dealernya cukup banyak. Mereka sendiri menyatakan konsisten dengan menawarkan service program berupa Hotline Service, Home & Towing Service, Jaminan Suku Cadang serta Kemudahan Pembayaran seperti yang disebutkan Reddi Ridwan, GM Aftersales Nusantara Ford di otodriver.com, “Untuk 10 tahun ke depan, spare part semua model yang dijual di Indonesia akan tetap tersedia.”

ford-ecosport-2015-front

Perkara penjualan pun, Nusantara Motor hanya menghabiskan stok yang tersisa dan memberikan promo menarik untuk para pembeli Ford. Sedangkan selebihnya hanya menyediakan aftersales dan suku cadang. Namun sepeninggal Ford sebenarnya Nusantara Motor dan AK Motor sangat berminat untuk melanjutkan kembali merk Ford di Indonesia. Sayang seribu sayang, Ford pusat masih belum bergeming sampai sekarang, yah mungkin mereka sendiri masih kelimpungan dengan masalah finansial mereka sendiri.

Bagaimana dengan klub sendiri? apakah beberapa klub mobil Ford merasa was-was dengan penutupan Ford ini? seperti yang diberitakan otodriver.com Beginilah Tanggapan Komunitas Ford Setelah FMI Menyatakan Tutup, para pengguna Ford dari berbagai varian justru menyatakan penutupan Ford bukanlah momok yang menakutkan. Hal ini dikarenakan mereka sudah mengerti link membeli sparepart dan sudah ada supplier sparepart dari Thailand ke Indonesia. Sehingga mereka tinggal mengurus mobil seperti biasa saja. Klub-klub yang ada seperti : Ford Community Indonesia (FCI), Ford Everest Club Indonesia, Ford EcoSport Community (Forescom) dan Indonesia Ford Fiesta Community (Infinity).

meme yang dibuat komunitas i-froc ford ranger

meme yang dibuat komunitas i-froc ford ranger

Tapi apakah ada masa depan Ford? Penuliz yakin ada…. dan itu selama Ford pusat Amerika Serikat bisa mengatasi finansial mereka sekarang alias recovery walau entah kapan. Namun andaikata saat ini ada yang ingin menjual Ford lagi ya kemungkinan besar mobil ini hanya bermain di pasar niche, artinya mungkin harus menawarkan mobil yang prestisius seperti Mondeo, Taurus, Focus RS, Kuga, Explorer bahkan kalau perlu bawa Mustang dan F-150. Sebab beberapa mobil itu yang memungkinkan konsumen mempunyai alasan untuk menggelontorkan celengannya. Apalagi Mustang yang menjadi icon muscle car…

Nah begitu saja penjelasan dari Penuliz akan problematika Ford, sekarang saatnya berburu rondo bekas Ford dengan kualitas jos dan harga murah…. Soal sparepart tak perlu was-was selama masih ada dealer dan komunitas. Silahkan berikan testimoninya di bawah ini lur….

Kunjungi juga otakurider.wordpress.com yang membahas soal manga, anime, kultur di jepang juga ya

Monggo disimak juga artikel lainnya lur :

This entry was posted in Entertainment, Serba-Serbi Otomotif, Uncategorized and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

13 Responses to Problematika Ford Indonesia : Masih Adakah Masa Depan Ford Di Indonesia?

  1. bescorpio says:

    kayak kredo nya Chevy , biarpun pabrik tutup tapi masalah spre part, teman2 komunitas Spin bilang “find a new way” (modifikasi kredo “find new roads”)

  2. nbsusanto says:

    hiatus ngopo yud? wis ra skripsian padahal.. sibuk nganggur po?

  3. Yayan Abdhi says:

    Kerjasama aja sama Chevrolet, kan sama2 asal paman sam. jadi di dealer Chevrolet ada jualan mobil dan servis mobil ford juga. kaya Hyundai sana KIA.. hhehee..

  4. sucahyoaji says:

    Sepertinya kedepan tetap suram. CUma yang dikota besar saja yang masih bisa lebih lega karena tentu banyak bengkel non resmi.

    pemilik Chevrolet juga harus menguatkan hati bila nanti kecipratan.

    https://kupasmobil.wordpress.com/2016/03/03/chevrolet-menghentikan-penjualan-di-eropa/

  5. snoopy says:

    semoga mood terus dalam bikin artikel,,, bosen baca artikel yg isinya roda 2 terus….

  6. otomuah.com says:

    tarikkk gass mas lekk.. kwkwkw ngohaaaa

  7. Catur says:

    Saya justru menunggu harga all new everest th.2016 turun, dibanding dengn SUV sekelasnya yg lain sebetulnya all new everest pling unggul, mulai dri spektek sampe ke vitur2 yg sdh berteknologi super canggih. Saya pecinta berat sama Everest.

  8. mobil keren dengan harga terjangkau namun kurang laku di Indonesia. Sangat disayangkan

  9. beneran hengkang yang dari indonesia ??

Leave a Reply