Driving Impression Review All New Mazda2 GT A/T 2016, Hi-Tech and Pleasure-able To Drive

Karena simpel dan anggun tidak harus berwajah feminim, seakan All New Mazda2 menyampaikan pesan tersebut.

mazda-2-gt-2016-front

Yudakusuma.com – Heloo lur… setelah terombang ambing dalam pergulatan stok hutang artikel review yang begitu banyak dan masih berpikir draftnya bakal seperti apa, ndilalah kok dapet bahan review lagi haha… Kali ini penuliz berkesempatan menjajal All New Mazda2 terbaru, waks mimpi apa saiyah… soalnya saat perkenalannya di IIMS 2014 penuliz sempat penasaran dengan mobil ini karena banjirnya fitur plus desainnya yang ganteng. Belum lagi rekan AutonetMagz sudah mereview duluan dan katanya enak bingits… syalan, jadi makin kebelet  ahahaha….

mazda-2-gt-2016-front-side

Tapi ya kegundahan hati ini sudah terbayar kok dengan kesempatan ini hehe… so mari kita preteli… eh? Ulas satu persatu sembari jalan jalan. Pertama melihat dari tampilan luar nampaknya tidak sulit bagi kita untuk jatuh cinta terhadap mobil ini. Bukan apa apa sebab dengan desain KODO-Soul Of Motion ini berhasil menampilkan bagaimana sebuah hatchback yang anggun itu tidak harus feminim. Simpelnya dapet namun maskulin lur, sehingga tak hanya kaum hawa, kaum adam pun tetap match dengan mobil ini.

mazda-2-gt-2016-grille

Pada tipe GT ini kita dapat menemukan headlamp yang diimbuhi projector LED plus LED DRL dengan paras desain yang cantik. Oh ya mazda juga memberikan foglamp serta spion retracable lengkap dengan lampu sein di spion. Sementara pada bagian samping maka kita bisa melihat siluet atap yang landai bercampur plus hidung yang panjang dipadu kaki-kaki velg two tone berukuran 16 inchi turut disematkan. Hal ini menyebabkan lekuk bodinya terlihat seperti otot sehingga bisa membuatnya terlihat atletis meskipun mobil ini tergolong compact hacthback.

mazda-2-gt-2016-side

Mundur ke bagian belakang, Mazda tidak membuatnya heboh dengan penambahan bodykit, hanya roof spoiler saja namun dimensinya simpel. Meski begitu karena desainnya memang sudah cantik, sepertinya menambahkan bodykit hanya akan merusak tampilan saja deh haha.

mazda-2-gt-2016-rear

Lanjut masuk ke dalam kabin, eh… sampai lupa bahwa dia sudah dilengkapi dengan keyless entry dan start stop engine, memudahkan kita masuk ke kabin tanpa rogoh kunci. Oke sekarang membahas interior, dalam kabin pun terlihat digarap dengan serius pula. Desain dashboard juga terlihat minimalis, berwarna gelap dan ada unsur retro dengan paduan kisi ac bulat dan detail kulit dengan jahitan merah. Yang jelas ini jahitan beneran gak cetakan plastik motif jahitan haha… Kalau melihat beberapa bagian dashboard dan doortrim yang berbahan plastik, rupanya build qualitynya cukup kokoh.

mazda-2-gt-2016-dashboard

Penuliz suka dengan center clusternya yang begitu rapi karena headunit nya digantikan oleh sebuah konektivitas bernama MZD Connect. Modelnya rapi dengan layar touchscreen 7 inchi sedikit nongol ke atas dashboard dengan berbagai kelengkapan seperti AM/FM, CD Player MP3/WMA, USB, AUX, Bluetooth dan Map navigation. MZD Connect sendiri bisa dioperasikan melalui jog yang berada di konsol tengah atau steering switch control di setir. Oh ya mobil ini juga ada voice commandnya juga kok bagi yang ingin melatih lafal britishnya huehehe….

mazda-2-gt-2016-mzd-connect

Berlanjut ke instrumen panel dengan illuminasi cantik pada malam hari, tachometer analognya berpadu dengan speedometer dan MID digital di kiri dan kanan. Sedikit melihat ke atas maka kita menemukan fitur wah yang bisa kita nikmati di model kompak seperti All New Mazda2 bernama Active Driving Display. Fitur yang biasa digunakan di pesawat tempur ini diharapkan mampu meningkatkan konsentrasi pengemudi di jalan karena anda tidak perlu sering-sering melirik instrument panel terus. Plus menyinggung soal setir, maka sedulur dapat mengaturnya secara tilt dan telescopic.

mazda-2-gt-2016-interior-speedometer-headunit

Joknya menggunakan bahan fabric dengan bentuk semi bucket sehingga support samping paha dan punggung sangat membantu memeluk bodi pengemudi. Motifnya memang dibuat secara sporty, menyesuaikan tema yang diusung All New Mazda2. Posisi mengemudi dari All New Mazda2 ini juga mempunyai karateristik yang tidak terlalu tenggelam pada kabin ditambah dengan kaca yang leluasa dan pilar A yang tidak mengganggu, sehingga visibilitasnya maksimal.

mazda-2-gt-2016-interior-baris-pertama

Untuk baris belakang sebenarnya ruangnya tidak terlalu luas namun saat penuliz coba naik rupanya masih acceptable bahkan untuk jarak jauh tidak terasa menyiksa. Hanya saja untuk postur penuliz yang tingginya 180 cm, paha terasa sedikit menggantung, mungkin kursi bawah bisa ditambah busa sedikit agar lebih nyaman lagi. Bicara soal bagasi ruangnya available untuk menaruh 5 tas ransel. Apabila menginginkan kapasitas lebih bisa dengan memencet tombol di kiri kanan baris belakang, maka sedulur akan mendapatkan ruang yang rata lantai.

mazda-2-gt-2016-interior-baris-kedua

Sekaranglah saatnya pada bagian mesin, berdasarkan review dari para teman media sebelumnya menyatakan bahwa mesin All New Mazda2 enak banget. Sedikit penasaran maka saya sedikit membuka kap mesinnya, sedikit catatan rupanya kap mesinnya cukup berat bro, sealnya juga terlihat niat, good job. So akhirnya ini dia, mesin dengan spek Skyactiv-G 1.5 liter 4-silinder DOHC 16 katup dengan dual S-VT (Sequential Valve Timing) menghasilkan tenaga 110 ps @ 6000 rpm dan torsi 141 Nm @ 4000 rpm. Hanya saja saya agak heran dengan kompresinya yang begitu tinggi 13:1 apa cukup dengan pertamax? Jangan-jangan pertamax plus? Namun teman saya mengatakan dia sempat menanyakan pada dealer mazda, ternyata All New Mazda2 masih acceptable bahkan untuk menenggak pertalite.

mazda-2-gt-2016-engine

Saat merasakan performanya sejujurnya saya dibuat sumringah dengan mobil ini, teaser teman media memang gak bohong kalau ini lazis banget… pengendaraan maticnya begitu halus plus kaki-kaki yang sedikit firm menunjang handling yang begitu baik. Transmisi Skyactiv Drive dengan mekanisme CVT ini bisa dipindahkan ke mode manual yang membuat mesinnya bisa dikitir sampai RPM tinggi. Selain itu penggunaan paddle shift membuat kita dapat mengoperasikan perpindahan gigi begitu nyaman. Untuk peredaman kabin pun jempolan mengingat suara lingkungan tidak masuk ke dalam kabin bahkan noise mesin saja minim.

mazda-2-gt-2016-tes-drive

Tapi bila sedulur ingin coba lebih liar lagi maka ada mode sport yang otomatis merubah mapping ecu menjadi lebih beringas mulai dari putaran rendah.  Mengingat dekat rumah ada lapangan parkir kosong sekalian saja coba jahil dengan mode manual + mode sport + matikan traction control, sontak ketawa jahat penuliz tidak bisa berhenti mendengar decitannya huahaha… (tolong bagi yang masih waras jangan ditiru deh)

mazda-2-gt-2016-alloy-wheel-velg

Oke balik lagi ke suspensi, tadi saya sempat memberi testimoni bahwa suspensinya sedikit firm. Ya benar-benar sedikit kok karena saat dipakai cruising putar-putar jakarta bersama keluarga rasanya tetap nyaman. Nah asyiknya Mazda, dia bisa membuat settingan suspensi untuk handling tanpa harus membuat feelingnya sangat gerobak saat dipakai sehari-hari. Sedulur paham lah apa yang Penuliz maksudkan hehe…

mazda-2-gt-2016-rear-side

Di webnya All New Mazda2 ditawarkan dengan 3 tipe yaitu V, R dan GT yang penuliz jajal ini. Pada varian V dan R ditawarkan pula transmisi manual dan matic sedangkan varian GT hanya tersedia versi matic. Pilihan warna terbagi dalam 6 warna : Soul Red, Black Mica, Dynamic Blue Mica, Metropolitan Grey Mica, Alumunium Metallic dan Snowflake White Pearl Mica. Oh ya bila kita pilih warna Soul Red katanya sih nambah 3 jutaan.

All New Mazda2 V M/T IDR. 230,000,000
All New Mazda2 V M/T (Soul Red) IDR. 233,000,000
All New Mazda2 V A/T IDR. 240,100,000
All New Mazda2 V AT (Soul Red) IDR. 243,100,000
All New Mazda2 R M/T IDR. 251,300,000
All New Mazda2 R M/T (Soul Red) IDR. 254,300,000
All New Mazda2 R A/T IDR. 261,500,000
All New Mazda2 R A/T (Soul Red) IDR. 264,500,000
All New Mazda2 GT IDR. 285,600,000
All New Mazda2 GT (Soul Red) IDR. 288,600,000

Overall sebagai compact hatchback, All New Mazda2 ini sangat mewadahi sedulur yang menginginkan mobil baru kompak yang tampilannya bisa jaga image baik buat sedulur maupun istri. Mau yang keluar mobil cowo atau cewe, All New Mazda2 bisa menyesuaikan karakter anda. Oh ya mobil ini juga sangat driver oriented sehingga pengendaliannya bisa sangat sigap dalam kondisi apapun. Rasanya sulit menemukan kelemahan di dalam mobil ini hahaha… Oh ya bagi sedulur yang agak penasaran dengan mobil ini, penuliz mendapat informasi bahwa mobil ini available untuk test drive, jadi bisa diakses di website  http://www.mazda.co.id/. Berarti setelah ini tinggal cari trek yang leluasa ya hehehe….

IMG_20160417_110851 copy

Baca juga yang lainnya lur:

Nyetir sehat pasti pintar………..Salam gendjoooooooooooooossssss……………..!!!

This entry was posted in Hacthback, Uncategorized and tagged , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

23 Responses to Driving Impression Review All New Mazda2 GT A/T 2016, Hi-Tech and Pleasure-able To Drive

  1. nbsusanto says:

    hei wedhus ki. sampeyan foto nendi? ra jak jak. semprol.

  2. techtonime says:

    ntah knapa dri dulu mazda tu nggak pelit fitur kayak mobil produksi astra… cuma kok kalah laku dibanding merk sebelah ya…

    • Yudakusuma says:

      banyak faktor sih :
      > mazda bukan ckd jadi fitur sama
      > jalan yang ditempuh mazda beda sama toyota dan honda… sebagai bimmer japan version.
      > disini mazda indonesia cuma jadi distributor saja, jadi anggaran bujet tidak se”hedon” astra dan hpm

      setidaknya pelipur lara bagi yang kepingin fiesta tapi masih bingung nasib fordnya 😀

  3. Cah_Angon says:

    keluaran pertama dengan sekarang perbedaannya banyak gak mas?

  4. Yudakusuma says:

    gak mungkin lah mas, levelnya langit ketujuh dan dasar sumur haha :mrgreen:

  5. ekoandriyan says:

    jadi tau kalau si Mazda inih bimmer japan version ya dari artikel ini,
    ga sia sia suka sama si anggun yg satu ini,
    btw civic 09 juga menggoda sih,
    ada aroma kalau mazda id akan nelurin versi sedan jg engga bang yud?
    konon mazda ogah kalau trnyata malah yg minat beli borongan adalah perush taksi
    ngejatohin image sedan KODO mnurut pihak mazda

  6. motorvixion says:

    Wah keren juga nih mobil mazda, desain mobilnya ciamik..
    jadi pengen beli hahah.. *nabung dulu gan..
    thanks informsinya

  7. azizyhoree says:

    muka sangar , buntut kurang panjang

  8. indoautoblog says:

    kemarin iseng-iseng masuk ke kabin mazda2 tipe r. emang manteb. ono rego, ono rupo. kualitas bahan dan finishingnya top markotop!
    mudah-mudahan mazda cx-3 segera masuk. istri suka desain mazda tapi ngidam small suv.

  9. mysukmana says:

    pertama berkunjug disini, oke deh otomotip semua..

  10. Review yg pantas dg harga nya..
    The real hatchback

  11. keren juga mobil mazda yang terbaru

  12. Pik Atpm says:

    Bunga 0% / Angs 2.8Jt Volkswagen POLO TSI vs Mazda2 GT,Honda Jazz,Toyota Yaris
    Rp232,000,000
    Jakarta, Indonesia

    About Penjualan PROMO | Sales | Test Drive
    VW Jakarta – VOLKSWAGEN Jakarta All Info Dealer Resmi Volkswagen jakarta di Indonesia Sales & Testdrive Volkswagen (VW): 021 588 1321

    Angsuran / Bulan Hanya 2.8Jt

    All info Vw Jakarta indonesia Volkswagen Advisor

    0858 8018 4810 / 08212 388 6889

    Daftar Price List harga NEW Volkswagen (VW) 2016 (on the road) :
    VW – Volkswagen Polo 1.2 TSI Rp. 259.000.000,-
    VW – Volkswagen Golf 1.4 CBU Rp. 550.000.000,-
    VW – Volkswagen Golf 2.0 GTI Rp. 765.000.000,-
    VW – Volkswagen Touran 1.4 TSI Rp. 465.000.000,-
    VW – Volkswagen Tiguan 1.4 Standar Rp. 476.000.000,-
    VW – Volkswagen Tiguan 1.4 TSI High-Line Rp. 495.000.000,-
    VW – Volkswagen Scirocco 1.4 TSI Rp. 590.000.000,-
    VW – Volkswagen Scirocco 2.0 Type R Rp. 880.000.000,-
    VW – Volkswagen Caravelle Lwb Rp. 1.750.000.000
    VW – Volkswagen Caravelle Swb Rp. 1.650.000.000

    Website Volkswagen Indonesia : http://promovolkswagen.blogspot.co.id/

  13. adirakreditmobil says:

    Kredit mobil bekas dengan harga murah, dp rendah serta cicilan yang ringan Untuk seluruh wilayah indonesia
    Silahkan hubungi : Sukma Dinata (Marketing Officer)
    Telp/Whatsapp : 081280295839 – BBM. D12BF22E
    Website : http://www.adirakreditmobil.com/

  14. OtoVista says:

    Bagus gan untuk mobil mazdanya..
    Bagi yang ingin Belanja kebutuhan variasi otomotif aksesoris, interior, eksterior, velg, audio, elektronik dan perlengkapan untuk mobil anda dengan daftar harga lengkap dan nikmati banyak kemudahan.. Yuk di Cek >> otovista.com <<

  15. john says:

    wah mantab, saya juga ambil yg GT metropolitan grey metallic, smuanya bener sih sama yg di ulas bro satu ini, bantingan suspensi agak frim tp bener2 solid ga receh di jalan rusak, to satu yg aneh di mazda gw, kok suaranya berisik banget ya… suara jalan di 50km/jam itu udah nyentuh 78dB, yaris gw 50km/jam cuma 74dB, ga enak banget sih road noisenya…agak ngganggu

Leave a Reply