Mobil Murah Tiongkok Wuling Bakal Masuk Indonesia? Yes or No?

Mungkin di benak kita masih ada sentimen negatif perihal barang barang buatan Tiongkok, gak salah sih karena mereka sendiri merasakannya.

wuling-hong-guang-MPV-giias-2016-front-cover

Yudakusuma.com – Selamat malam masbro…. setelah mengembalikan mood mengetik kembali, ya susah sih sebab mood Penuliz tergantung koneksi internet sih. Eh, malah jadi oot haha… Yaudah, Penuliz ingin membahas sesuatu yang cukup… well cukup jadi perhatian banyak netizen setelah Cayla dan Sigra. Nagh ini dia Wuling Khong Guan, eh Hong Guang….

Seperti yang Penuliz singgung diatas, memang barang Tiongkok masih dicap jelek bagi sebagian kalangan disini, well itu tidak salah tapi tidak benar juga. Lebih tepatnya manufaktur Tiongkok melayani berbagai macam macam kualitas mulai dari yang grade bintang 1 hingga bintang 5. Artinya mau berkualitas mereka bisa bikin juga tapi balik lagi ke mindset distributor (akuntan) kalau bisa murah ya dimurahin, dapetnya ya bintang 1 haha… Contoh yang bagus adalah Qoros 5 yang mendapat 5 bintang uji tabrak NCAP internasional.

wuling-hong-guang-MPV-2016-front

Itu sebabnya mengapa Tiongkok banyak merek mobilnya, berbeda dibanding kita, sebab mereka punya vendor yang banyak dan bisa buat apa aja. Alat untuk membuatnya saja mereka buat sendiri, berbeda dengan kita yang vendornya terbatas bahan baku masih ngimpor, jadi masih susah bagi kita untuk membuat brand sendiri di dalam negeri ini. Bahkan merek Tiongkok tidak jarang untuk melakukan joint antar pabrikan. Seperti Wuling sendiri adalah gabungan perusahaan dari SAIC Motors, GM Motors (amerika) dan Liuzhou Wuling Motors. Co. Ltd. dan jadilah perusahaan baru SGMW.

wuling-hong-guang-MPV-2016-rear

SGMW ini mengurusi dua merek, pertama Wuling dan kedua Baojun, kedua merek ini dibawa untuk dibenturkan di kelas MPV Indonesia. Pertanyaannya nih, kenapa sih mereka yang notabene merek tidak terkenal, namanya tiongkok banget pulak, berani-beraninya mampir dimari? Coba kita ingat kembali Proton, merek tetangga yang perkembangan di Indonesia terbilang susah karena masalah merek yang tidak familiar dan sentimen negatif Indonesia pada Malaysia dulu.

Lalu bukankah Wuling punya posisi yang tak jauh beda dengan Proton ya? Balik lagi, kok bisa berani sampai bikin pabrik perakitannya di Indonesia? Nah mari kita lihat track record mereka di Tiongkok, bisa dibilang Wuling Motors penjualannya cukup fantastis, tercatat mereka berhasil menjual lebih dari 1 juta unit hanya untuk region Tiongkok dalam setahun! Meski begitu mereka bukanlah merek terlarisnya di negeri bambu itu layaknya Toyota dimarih. Hanya saja faktor nilai itu karena : warga Tiongkok populasinya banyak, Tiongkok pendapatan per kapitanya lebih besar, jadi warga Tiongkok mudah membeli mobil.

wuling-Baojun-730-MPV-2014-front

So dengan penjualan sefantastis itu tentu mereka sudah punya “tambang uang” sendiri dong, sehingga menurut penuliz sendiri mungkin, mungkin ya… mereka iseng iseng mencoba penetrasi pasar baru di luar negeri. Dapatnya di Indonesia, lho kok Indonesia? Oh ini bukan konspirasi Tiongkok… cukup logis kok, Indonesia sendiri pasar otomotifnya memang menggiurkan di mata dunia. Gak usah Tiongkok, sudah banyak merek terkenal yang rela bangun pabrik perakitannya disini.

Nah SGMW Wuling mencoba menawarkan produknya kepada konsumen Indonesia lewat GIIAS 2016 kemarin, mereka kasih lihat, tanya pendapat kalau model yang dijual seperti ini bagaimana? Yaa… mereka sadar diri sih kalau image Tiongkok kurang bagus di Indonesia, coba saja Geely, Chery, Greatwall, Foton dan masih banyak lagi, apa kabarnya? So karena itu mereka tidak buru-buru produksi. Nah apabila nanti sudah produksi selebihnya tergantung konsumen Indonesia saja mau menerima Wuling atau tidak…

wuling-Baojun-730-MPV-2014-rear

Yup Wuling bukanlah cerita konspirasi, ini hanyalah cerita sebuah perusahaan otomotif biasa yang ingin mencoba berjualan di Indonesia sama seperti lainnya. Kalau jodoh ya sudah kalau nggak ya sudah, pilihannya tergantung konusmen Indonesia saja kok. Toh meski pasar otomotif disini menggiurkan, selera konsumen Indonesia bisa dibilang kejam, apalagi sudah banyak media otomotif yang mencerdaskan, tinggal produsennya sendiri pilih ikutin atau mati perlahan disini hehe….

First Impression Wuling Hong Guang akan segera diketik 😀

Nyetir sehat pasti pintar……………. Salam dashyaaaat, eh gendjooooossss!!!

This entry was posted in MPV, Uncategorized and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

10 Responses to Mobil Murah Tiongkok Wuling Bakal Masuk Indonesia? Yes or No?

  1. techtonime says:

    rasanya ga bakal laku (pling ga susah lah)… kecuali ada perusahaan indo join sama mereka trus diiklanin “buatan indonesia” sama bentuknya dibedain lagi….
    just my 2 cents

  2. the Donker says:

    Apakah kualitas bodynya mirip kaleng khong guan… #eh :mrgreen:

  3. gaplek mania says:

    nungguin ulasan kedaraanya ..malah yg dibahas apaan ..hahaha.. yo wis lah.. udah liat bang fitra eri di yutub kok yg ngakak gara2 PTEC

  4. OtO Jurnal says:

    Guling type khong guan biskuit
    Biasa pake body kaleng krupuk sekarang pake kaleng biskuit.

    Buat anter jemput anak sekolah mayan dah. Kalo buat mudik..
    Hiyy serem

  5. bescorpio says:

    ngapa GM kaga produksi Spin facelift aja sih? malah nurut sama pemilik modal terbesar? eh harus nurut ding hehehehe,,, menurut saya susah lakunya,,, mending strateginya si SAIC dan Lizhou Wuling produksi dan masarin produk merk GM aja, harga jangan sama dengan rival terus target jangan terlalu tinggi lah

  6. mobil tiongkok bakal laku kah di pasar otomotif indonesia ??

  7. Xclub says:

    Setelah merk wuling nanti ada lagi merk wantal

Leave a Reply