Komunitas Ita Indonesia Reg Yogyakarta Ikut Pelatihan Safety Riding Astra Motor

kebutuhan akan kendaraan di indonesia harus disertai dengan perilaku berkendara yang baik

Yudakusuma.com – Sebagai kota pelajar yang setiap tahunnya didatangi puluhan ribu mahasiswa dari seluruh penjuru Indonesia, Yogyakarta menjadi sebuah melting pot bagi keberagaman Indonesia. Sehingga tak mengherankan bila kemudian muncul beragam komunitas yang kemudian eksis di yogyakarta. Salah Satunya adalah Komunitas Ita Indonesia region Jogja.

Pada hari Sabtu (29/10) di Astra Motor Safety Riding Center Yogyakarta, komunitas Itasha region Jogja mengikuti pelatihan Safety Riding bersama Astra Motor Yogyakarta. Komunitas Itasha sendiri merupakan sebuah komunitas pecinta kebudayaan Jepang yang kecintaannya dituangkan dalam bentuk pengaplikasian decals (sticker) pada sepeda motor.

Salah satu founder komunitas Itasha region Jogja Anggara, mengungkapkan bahwa seluruh anggota komunitas yang dia rintis sebagian besar menggunakan kendaraan bermotor. Oleh karena itu penting rasanya untuk membekalinya dengan pemahaman dan kemampuan mengenai perilaku aman berkendara di jalan raya.

“Kecintaan Kami terhadap kebudayaan Jepang Kami tuangkan dalam sepeda motor yang Kami gunakan sehari-hari. Sebagai pehobi yang dekat dengan dunia otomotif, sudah menjadi tanggung jawab Kami untuk membekali setiap anggota dengan pemahaman dan skill safety riding. Selain untuk mengurangi resiko kecelakaan, pelatihan ini dapat meningkatkan ketrampilan berkendara Kami”.

Dalam pelatihan  yang diikuti lebih dari 20 anggota Itasha region Jogja materi dibagi menjadi dua sesi yaitu sesi teori dan praktek. Dalam sesi teori peserta diajak untuk mengenal sikap, perilaku, persiapan berkendara, resiko di jalan raya, kondisi dan titik-titik rawan dalam lalu lintas, dan teori ketrampilan berkendara. Sedangkan untuk sesi praktek dibagi menjadi empat materi yang meliputibrakingnarrow plankbumpy roads, dan slalom course.

Dalam materi braking peserta diajak untuk menguasai ketrampilan penggunaan rem saat mengendarai sepeda motor. Teknik pengereman yang baik akan menghasilkan jarak pengereman yang pendek dan pengendalian yang stabil. Untuk melatih keseimbangan peserta mendapatkan materi narrow plank dimana peserta diajak untuk meniti papan keseimbangan. Sedangkan untuk melatih ketrampilan peserta dalam menghadapi kondisi jalan yang rusak / tidak rata, peserta diajak untuk melewati bumpy roads sebagai simulasinya. Materi terakhir adalah slalom course. Dalam materi ini peserta diajak untuk mengasah ketrampilannya dalam mengendalikan sepeda motor melewati bermacam jenis tikungan, baik tikungan dengan sudut sempit yang harus dilalui dengan perlahan ataupun tikungan dengan sudut yang lebar dan dapat dilibas dengan cepat.

“Pelatihan safety riding yang kali ini melibatkan teman-teman dari Itasha region Jogja merupakan salah satu upaya Kami untuk memperluas kesadaran perilaku aman berkendara di jalan raya. Harapannya kesadaran akan tanggung jawab menjaga keselamatan berkendara di jalan semakin merata, tak hanya dimiliki oleh pengendara motor Honda namun juga pengendara motor pada umumnya.” pungkas Muhammad Ali Iqbal, Safety Riding Supervisor Astra Motor Yogyakarta.

Nyetir sehat pasti pintarrr….. salam gendjoooosssss…..

This entry was posted in Serba-Serbi Otomotif, Uncategorized. Bookmark the permalink.

2 Responses to Komunitas Ita Indonesia Reg Yogyakarta Ikut Pelatihan Safety Riding Astra Motor

  1. Yahya says:

    udah semestinya safety riding diutamakan…sepertinya semua komunitas perlu ikuti langkah Ita resion Jogja nih,

    https://mobilkamu.com/artikel/tips-pengajuan-kredit-mobil-cepat-disetujui/

Leave a Reply