Mengapa Suzuki Ignis Diminati Para Konsumen LCGC? Simpel Ajaa….

Suzuki kita kira berada dalam situasi terpojok, eh tidak tahunya mereka sudah menyiapkan berbagai strategi

Yudakusuma.com – Halo lur sudah lama penuliz tidak mengetik lagi artikel tapi sepertinya sekarang gatal lagi karena tahun ini sepertinya muncul beberapa fenomena baru. Yup mobil baru sudah makin bertambah dan modelnya makin menarik. Bisa kita lihat Suzuki misalnya, mereka di awal semester sudah menggebrak dengan Suzuki Ignis yang bisa dibilang terobosan, wew kenapa?

Yup kalau bisa dibilang Ignis sudah terendus sejak tahun kemarin, masalahnya mobil ini mempunyai model yang cukup ngganteng. Sehingga wacana saat memasukkan mobil ini ke indonesia dihantui beberapa pertanyaan > Mau dihargai berapa ini mobil? Soalnya Ignis membawa unsur yang tidak biasa, unsur JDM, sangat kental ketika kita melihat desain mobil, desain velg dan desain interior. Sangat tidak asia sekali…

Singkat kata ternyata Suzuki memutuskan merakit Ignis di tempat favoritnya : Maruti Suzuki India. Yup memang sih sudah dibilang ini produk global, tapi modelnya itu terlalu ngganteng, jadi agak nggak yakin. Berkat itulah mobil ini dapat dinikmati seluruh kalangan termasuk Indonesia. Lucunya meski mobil ini masuk tidak melalui skema LCGC tapi mobil ini berbenturan harga nyaris dengan LCGC dan untuk di kelasnya mobil ini punya harga lebih murah dibanding Brio atau Mirage.

Jadi kenapa Suzuki Ignis menjadi sangat diminati? So penuliz bikin listnya saja

1. Tampilannya ganteng

Yup mobil ini mempunyai model yang ganteng, karena wajar saja, ini seperti membedakan sebuah gadget… Ketika kamu megang Evercoss atau bahkan Asus sekalipun kadang akan terasa beda memegang Xiaomi meskipun Xiaomi mengadopsi kebaikan dari iPhone [nyontek]. Lalu di Suzuki Ignis ini ia membuat tampilan retro yang stylish dan rapi macam gadget. Membawanya akan terasa mahal seperti sedulur sedang membawa Mini Cooper atau Fiat 500, ya entah kenapa mobil retro memang nuansanya lebih keren. Yup mobil ini terinspirasi Suzuki Fronte tahun 60-an.

Coba bandingkan dengan sedulur membawa Toyota Agya ataupun Honda Brio, kesannya sangat jauh dibandingkan si Ignis ini. Sayangnya gantengnya di depan tidak diimbangi dengan kegantengan di belakang. Entah kapan improvement buat bokong belakang?

2. Harganya value sekali dengan tampilannya

Harga ya… memang model ini mempunyai harga yang worthed sekali untuk bentuk yang seperti ini. Harga Suzuki Ignis sendiri dibanderol mulai dari Rp.139,5 juta untuk GL Manual, Rp.159,5 juta untuk GX Manual dan Rp.169,5 juta untuk GX AGS. Sekarang penuliz ajak untuk membandingkan si Ignis dengan Toyota Agya lagi dengan mesin 1200 cc  barunya, Toyota Agya yang sejatinya adalah LCGC ini nih… doi punya harga mulai dari Rp.134,8 juta untuk G Manual, Rp.147,6 juta untuk G Matic, Rp.138,8 juta untuk TRD Manual dan Rp.151,9 juta untuk TRD Matic (harga spek 1200 cc saja biar apple to apple).

Bila anda tidak terlalu mempermasalahkan hilangnya fitur yang lumayan juga di GL Manual dibandingkan si GX maka tidak usah berpikir panjang. Sebab selisihnya cuma 5,3 juta banding Agya G. Lalu gimana dengan versi GX. Nah ini tergantung sedulur karena perbedaan harganya cukup jauh, hanya saja anggapannya nambah dikit sudah dapat model yang ber’estetika’.

3. Membawa tema yang berbeda di kelas city car murah

Yup seperti yang sudah disinggung sebelumnya maka tema yang dibawa mobil ini sungguh lain dari biasanya. Suzuki Ignis membawa nuansa retro style dengan kehidupan urban yang lebih simpel dan dinamis. Hal ini tentu saja berbeda dibandingkan model city car yang sering kita temukan. Bahkan melihat Agya, Brio, Picanto lawas dan i10 sekalipun model mereka hanya imud dan sopan. Mungkin yang bisa menyamai tampilan Ignis hanyalah Picanto versi baru yang belum dirilis di Indonesia saat ini. Tapi sudah pasti harganya gak bisa apple to apple.

Hal yang mendasar dari Ignis adalah rancang bangunnya sejak awal, memang ia city car namun mobil ini dibangun dengan konsep crossover. Konsep crossover sendiri berbeda dengan modif crossover yang sudah dilakukan i10x dimana prakteknya hanya sekedar tambahin item item dibawah bumper i10. Sehingga meski kecil tapi aura gagah tetap terasa, hampir mirip ngelihat Suzuki Katana sebenarnya. Oh ya, modelnya juga mengingatkan penuliz pada pendahulunya Ignis…. sek sek… Ignis yang ini dan Ignis yang itu apa masih satu tali saudara ya?

4. Fiturnya Unik Seperti Mobilnya

Well… Membahas fitur akan lebih gampang kalau diurutkan saja. Oke eksterior dulu…

  • LED projector headlamp dipadu dengan DRL
  • Foglamp
  • Spion beda warna, sudah retractable
  • Velg dengan desain yang unique plus warnanya glossy black jadi beda nuansanya
  • 4 sensor parkir
  • High mounted stoplamp
  • Roofrack

Untuk interior, mobil ini juga mempunyai hal yang menonjol yaitu :

  • Desain modern triple tone yang nyentrik dan menarik dilihat
  • Cluster instrumentnya juga tidak kalah menarik dan terlihat branded
  • MID juga besar meski bukan TFT.
  • Audio double din sayangnya bukan layar sentuh padahal rumah audionya terlihat simpel karena aslinya memang layar sentuh kalau untuk luar negeri.
  • Bagian ACnya juga cukup menarik tombolnya karena terlihat terpisah seperti speaker portable premium plus tombol model saklar.
  • Kepraktisan bisa dibilang cukup baik
  • Kelegaan kabin oke, bagasi besar
  • Posisi mengemudi standar, hanya saja karena model crossover jadi pandangannya berasa agak tenggelam dalam kabin.

Hanya saja mobil ini bukan berarti tanpa kekurangan, untuk sebuah city car dia mempunyai performa suspensi yang cenderung stiff. Nampaknya apabila sedulur mendambakan kenyamanan, lebih baik sektor ini yang harus diperbaiki lebih dulu. Selain itu finishingnya sangat Made in India, kita berharap apabila mobil ini di CKD Indonesia kualitasnya akan semakin baik dengan harga yang sama.

5. Persiapan yang matang dari Suzuki

Untuk hal ini Suzuki membuat gebrakan besar di awal dengan sudah menyiapkan unit di tiap tiap dealer. Hal ini membuat konsumen yang tertarik dengan Ignis sedari awal dapat segera memiliki unitnya. Saat launching bahkan di domisili penuliz yang ada di Jogja, mobil ini bahkan sudah wira wiri dengan cepat. Sepertinya hal ini juga ditunjang dengan program menarik dari Suzuki seperti kredit dan DP. Hanya saja akhir akhir penuliz mendengar isu karena animo konsumen yang makin meningkat membuat beberapa dealer Suzuki agak curang dengan mengkhususkan konsumen yang membeli secara kredit. Penuliz berharap SIS dapat mengambil langkah preventif pada para dealer agar konsumen merasa tidak dirugikan. Lagipula hal ini juga dapat menodai logo brand mereka sendiri, semoga dealer Suzuki di tempat sedulur baik baik saja ya.

Baik kira kira itu saja beberapa alasan mengapa banyak yang terpukau dengan Suzuki Ignis. Ini adalah analisis semata dari beberapa pemerhati otomotif, sehingga tentu saja ada plus dan minusnya. Andaikata sedulur ada yang mau melengkapi ya sudi kiranya memberikan saran dan komentar di bawah ini, monggo….

Nyetir sehat pasti pintar, salam gendjooooooosssssss……………

Baca juga artikel yang lainnya lur :

This entry was posted in City Car and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

4 Responses to Mengapa Suzuki Ignis Diminati Para Konsumen LCGC? Simpel Ajaa….

  1. Mantap Suzuki Ignis ini Memang Keren

  2. yht2506 says:

    secara nama dan emblem memang sepertiya suzuki mengaitkan dengan ignis terdahulu om

  3. st3v4nt says:

    Biaya service dan part lebih murah atau malah saingan sama LCGC….

Leave a Reply