Gambar Paten Suzuki GSX-R Bertenaga Listrik Muncul, Gebrakan Baru Suzuki

Yudakusuma.com – Pergerakan otomotif dunia kini lebih banyak memperhatikan soal lingkungan, itu tidak bisa dipungkiri dengan trend mobil dan motor listrik yang merebak saat ini. Hanya saja kadang jalan yang ditempuh masing-masing pabrikan berbeda beda, yah itu juga karena perbedaan pandangan umumnya sih. Seperti kendaraan listrik saja… ada yang mengatakan itu ramah lingkungan ada yang mengatakan tidak karena hanya mengganti media energi geraknya saja ke pembangkit listrik.

Tapi kita tidak berbicara masalah pro dan kontranya soal listrik, kita berbicara soal kemajuan motor listrik. Memang dalam kurun waktu tahun ini banyak sekali wacana soal motor listrik namun rata rata motor listrik yang berkembang ada dari sektor motor kecil ataupun skutik. Memang ada motor listrik model motorsport seperti Zero namun sebatas itu saja produsennya. Berbeda dengan mobil listrik yang kemajuannya cukup pesat, tidak hanya supercar bahkan merambah ke truk dan bus pula.

Kurang pesatnya motor listrik untuk motor besar sebenarnya hal yang wajar, pertama melihat dari tingkat permintaan konsumen jelas tidak banyak. Kedua hal yang masih krusial tentang listrik adalah baterai, sebab model pengecasan baterai saat ini belum dalam kategori rapid charge. Sehingga akan memakan waktu lama untuk mengisinya, di lain pihak kapasitas baterai untuk motor terbatas sehingga mempunyai motor listrik terkesan useless karena jarak sedikit dan waktu pengecasan terbilang banyak.

Namun semua kendala diatas tidak menyurutkan Suzuki untuk mencoba mengambil pangsa pasar tersebut. Suzuki memang dikabarkan sedang meracik GSX-R dengan tenaga listrik… yup GSX-R masbro… Seperti yang ditampilkan dalam Visordown, ada perbedaan struktur pada GSX-R dengan produk ramah lingkungan sejenis lainnya. Hal ini nampak dari layout mesin yang dibuat bertingkat ke atas tidak diletakkan di sepanjang frame.

Hal yang menariknya adalah pada motor listrik ini dilengkapi transmisi 6-percepatan, menarik mengingat biasanya sudah nasibnya punya motor listrik mirip punya matic. Seperti pada Zero saja, Zero DS tidak punya transmisi dan kopling, ya meski fisiknya motor sport tapi cara membawanya seperti matic, tinggal tarik gas dan kedua tuas rem berfungsi sebagai rem.

Sehingga dengan dibekali transmisi 6-percepatan itu artinya akan ada fungsi kopling di motor listrik ini. Nampaknya Suzuki tidak ingin menggugurkan rasa berkendara motorsport yang sebenarnya di motor listrik ini. Sayangnya motor ini nampaknya hanya ditampilkan sebagai Konsep saja untuk waktu dekat. Bagaimana realisasi motor ini dilempar ke pasaran? hemm… masih butuh waktu lama sepertinya….

Nyetir sehat pasti pintar………………………… Salam gendjoooooooooooosssss………………!!!

Baca juga artikel yang lain lur :

This entry was posted in Roda 2 and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply