Problematika Ford Indonesia : Mundurnya Ford, Penyebab dan Dealer Ambil Alih [Bag.1]

Lagi lagi kita harus berhadapan dengan kenyataan bahwa merk non-jepang sulit berjuang di Indonesia

ford-performance-line-up

Yudakusuma.com – pagi lurrr… masih inget dengan peristiwa senin yang cukup membuat shock banyak petrolhead indonesia. Sebab lagi lagi kita mendapati kenyataan bahwa merk non-jepang masih sulit berjuang di pasar indonesia dan berdampak pada penjualannya. Yup sudah 14 tahun Ford Motor Indonesia [FMI] melayani penjualan merk amerika itu di Indonesia, tapi kenyataan pahit harus dirasakan.

Melalui website resminya [bahkan untuk level merk non-jepang, websitenya digarap sangat rapi, membuktikan niat mereka berjualan] kita mendapatkan info bahwa FMI akhirnya mengundurkan diri dari Indonesia. Tentu keputusan ini sangatlah mengejutkan konsumennya dan sempat viral di media sosial.

Ford-Focus-1.5-ecoboost-front

Berikut suratnya :

IMPORTANT ANNOUNCEMENT – Customer Statement

Sen, Jan 25, 2016

Hari ini kami telah mengumumkan keputusan bisnis yang sulit untuk mundur dari seluruh operasi kami di Indonesia pada paruh kedua tahun ini. Hal ini termasuk menutup dealership Ford dan menghentikan penjualan dan impor resmi semua kendaraan Ford.

Kami ingin memastikan bahwa Anda dapat terus mengunjungi dealer Ford untuk semua dukungan layanan penjualan, servis, dan garansi hingga beberapa waktu ke depan tahun ini. Kami berkomitmen untuk menyediakan kesinambungan dukungan pelayanan servis dan garansi setelah kepergian kami dan akan menghubungi Anda lagi sebelum proses pergantian untuk memberitahukan mengenai pengaturan yang baru.

Kami berterimakasih atas minat, dukungan dan kesetiaan Anda terhadap merek Ford. Dan kami akan terus mengkomunikasikan perkembangan yang ada melalui website ini dalam melalui fase peralihan ini.

Apabila Anda ada pertanyaan, silakan menghubungi Ford Customer Service kami di 0807-1-90-9000

Hormat kami,

Bagus Susanto

Managing Director,

Ford Motor Indonesia

Hal ini tentu membuat seluruh orang kaget, dan menurut informasi keputusan ini justru diambil Ford Motor Company dari AS untuk FMI pada hari Jumat dan disampaikan pada karyawan pada hari Senin kemarin. Jadi bukan inisiatif FMI sendiri.

2015-Ford-Ranger-Wildtrak-front

ADA APA DENGAN FORD?

Lalu ada apa dengan FMI selaku ATPM Ford di Indonesia, apakah kualitas Ford jelek? Menurut penuliz selama icip icip tes drive ford, mutu Ford jauh diatas kompetitor dengan beragam inovasi teknologi. Misalnya Vehicle Stability Control agar mobil stabil menikung di kecepatan tinggi dan Hill Start Assist dimana menolong pengemudi saat start-stop di jalan tanjakan. Belum konektivitas SYNC… belum 1.0 liter Ecoboostnya dll… Semua itu dibanderol dengan harga yang sangat berdekatan dengan kompetitor.

Pertanyaan kedua… apakah Ford tidak laris? Ford memang gak se-superior mobil merek Jepang, tapi susah juga untuk mengatakan penjualan Ford tidak laris, pasalnya penuliz sempat mengintip penjualan Ford di tahun 2014. Ford sempat menyentuh penjualan hingga mencapai 10 besar, emang berapa sih? Penuliz pernah diperlihatkan data penjualan AISI oleh rekan AutonetMagz, kala itu Ford mencetak 11.614 unit di tahun 2014, angka segitu tentu saja wow banget dong untuk merk non-jap.

Ford-Everest-2015-front

Untuk tahun 2015 ini penjualan Ford menurun 50% dibanding 2014 alias 6.103 unit. Tapi ya semua ATPM memang mengalami penurunan penjualan bahkan sekelas toyota saja sampai 21% di tahun yang sama. Kembali lagi ke Ford, meski penurunan penjualan sampai 50% tapi penjualan mereka masih di atas Chevrolet, KIA, Hyundai yang bahkan populasi model barunya bisa dihitung dengan jari… penjualan masih jauh dibawah Ford.

Jadi masalahnya apa dong? Nah karena analisanya agak panjang jadi kita sambung saja ke bab 2 ya untuk besok.

Kunjungi juga otakurider.wordpress.com yang membahas soal manga, anime, kultur di jepang juga ya

Monggo disimak juga artikel lainnya lur :

Nyetir sehat pasti pintar………….. Salam gendjooooooossss……..!!

12 thoughts on “Problematika Ford Indonesia : Mundurnya Ford, Penyebab dan Dealer Ambil Alih [Bag.1]

  1. Ping-balik: Problematika Ford Indonesia : Penyebab Ford Mundur Dari Indonesia [Bag.2] | YUDAKUSUMA.COM

  2. Pdhl kualitas prodak Usa itu lbh jujur dr prodak jepang.cm trkendala image mahal..sperpart dll.pdhl ad betulnya sihh tp hal tsb akan hilang sendirinya kl ford gencar promo sprti prodak jepang

  3. Ping-balik: Problematika Ford Indonesia : Masih Adakah Masa Depan Ford Di Indonesia? | YUDAKUSUMA.COM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s